Sabtu, 26 April 2014

ETIKA BERKUNJUNG KE RUMAH SAKIT


1.BERKUNJUNG SESUAI WAKTU YANG DI TENTUKAN


2.JANGAN MEROKOK DI RUMAH SAKIT


3.JANGAN MEMBUAT GADUH DAN BERISIK DALAM RUMAH SAKIT 




4.JANGAN MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN DI RUMAH SAKIT



5.JANGAN MEMBAWA OBAT DARI LUAR TANPA SEIZIN DOKTER






6.JANGAN MEMBESUK(MENJENGUK) PASIEN TERLALU BANYAK 





7.JANGAN MEMBERI MAKANAN DARI LUAR SEMBARANGAN PADA PASIEN



8.JANGAN MEMAKSA BERKUNJUNG JIKA PASIEN SEDANG BERISTIRAHAT

67 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. ijin komentar komandan, salah satu etika yang diuraikan di atas adalah etika berkunjung ke RS, yaitu berkunjung sesuai dengan waktu yang ditentukan. hal ini dikarenakan untuk membantu pasien dalam pemulihan secara biologis atau menghargai keadaan pasien. selain itu kita harus senantiasa membuang sampah pada tempatnya dan tidak merokok karena dapat mengganggu kesehatan lingkungan.
    hal seperti ini bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari2, yaitu seperti saling menghargai dan menghormati teman maupun atasan dan menjaga lingkungan sekitar.
    terimakasih
    -IPDA SUNARIJATI, POLDA JATIM-

    BalasHapus
  3. IPDA YULIANA LOMI
    POLDA BALI..
    Ijin menambahkan Etika berkunjung di Rumah.Sakit..
    JANGAN TERLALU BANYAK BERTANYA PADA PASIEN..
    BERTANYALAH KEPADA PENJAGA PIKET RS..SAAT KITA MENCARI KAMAR PASIEN..karna kedua etika tersebut juga buat menjaga kenyamanan pasien yg sedang dirawat dan juga menjaga kenyamanan kpd pasien lain nya

    BalasHapus
  4. Bripda Endah
    PMJ
    ijin menambahkan jendral, menurut saya untuk org berkunjung agar dibatasi karna dapat menggagung kondisi pasien jadi bisa bergantian. Lalu untuk anak kecil untuk tidak diajak kermh sakit untuk menjenguk karna antibodo anak kecil msh lemah. Serta harus senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sekitar rs.

    BalasHapus
  5. Ijin menambahkan terkait Etika Berkunjung ke Rumah Sakit, terkhusus tentang reposisi atau penentuan tempat yang telah ditetapkan oleh pihak rumah sakit. Seperti halnya dimana tempat yang bebas dari asap rokok ataupun tempat yang tidak diperbolehkan adanya asap berbahaya tersebut. Rumah sakit adalah tempat untuk menyembuhkan penyakit setiap pasien yang berkunjung, bukan malah menambah penyakit. Terkait dengan kenyamanan pengunjung, sebaiknya setiap pengunjung yang datang ke rumah sakit bertanya ke pihak yang berwenang, agar tidak terjadi kesalahpahaman yang berujung kepanikan atau kegaduhan oleh pihak rumah sakit ataupun orang yang berkunjung.

    Ttd:
    IPDA SWANDAYANI, SH
    POLDA METRO JAYA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah jam kunjung rumah sakit berlaku bagi yg menunggu pasien 24 jm?
      TERIMAKASIH

      Hapus
  6. BRIPDA GALUH ADELINA
    ijin menambahkan jendral, hal terpenting yang perlu kita lakukan ketika berkunjung ke rumah sakit adalah kita harus mengetahui dan mengikuti prosedur yang berlaku di rumah sakit tersebut. terimakasih jendral.

    BalasHapus
  7. ijin menambahkan etika berkunjung ke rumah sakit, yakni mendoakan untuk kesembuhan pasien.
    Selain semangat dan doorngan yang kita berikan untuk kesembuhan pasien, alangkah baiknya kita turut mendoakan agar terjalin kekuatan spiritual guna memberikan ketenangan batin bagi pasien. Hal ini diperlukan sebagai bentuk kepedulian kita terhadap rekan/sanak saudara yang sedang tertimpa musibah berupa sakit
    Terima kasih.
    Ipda Endang Rokhaningsih
    Polda Jateng

    BalasHapus
  8. AIPDA NURKAMILATIN, POLDA JATIM
    Mhn ijin menambahkan ::
    1. Jangan Berbicara dgn suara keras (karena membuat pasien lain terkaget kaget).
    2. Memakai pakaian yang tidak lazim ( krn jika kita berniat melakukan kunjungan (membesuk) rekan / keluarga di RS, kenakanlah pakaian yang sopan, krn di RS hadir pula orang lain. Suatu hari pasien sebelah menerima kunjungan dari seorang wanta yg mengenakan celana pendek di ruang rawat pasien pria, tentu saja bukan hanya “pengunjung lain yg jelalatan dibuatnya, tak urung pasien lain juga sempat terkesima.
    3. jgn memakai parfum beraroma menyengat atau membawa makanan dgn aroma yg dahsyat. Mencium aroma masakan tentu menyenangkan bagi org sehat, sedangkan bagi orang sakit, belum tentu.
    4. Jgn datang membesuk sekaligus beramai ramai.
    5. Matikan ponsel atau setidaknya matikan nada deringnya.krn tiap rumah sakit memiliki aturan yg berbeda-beda tentang penggunaan telepon seluler di area rumah sakit
    6. Jgn mengunjungi rumah sakit jika Anda memiliki gejala dari suatu penyakit yang dapat menular.

    Barakallahu fiik

    BalasHapus
  9. IPDA Laksmi, Polda Bali. Izin menambahkan komentar tentang etika berkunjung kerumah sakit : berkunjung ke rumah sakit sebisa mungkin janganlah mengajak anak kecil. Karena anak-anak dapat menimbulkan suasana gaduh yang bisa mengganggu kenyamanan pasien yang sedang beristirahat. Selain itu, mengajak anak kecil ke rumah sakit juga tidak baik bagi anak itu sendiri karena di rumah sakit adalah tempatnya segala jenis orang sakit yang dapat menular kepada siapa saja terutama anak-anak dengan daya tahan tubuh yang kurang bagus. Demikian yang dapat saya tambahkan, terimakasih.

    BalasHapus
  10. ripda Dini Ambharina PMJ. ijin menambahkan jendral menurut saya etika menjenguk bisa ditambahkan untuk tetap menjaga ketenangan diRS Agar pasien lainnya tidak terganggu dengan kedatangan penjenguk.

    BalasHapus
  11. ijin menyampaikan komentar jenderal
    merokok di rumah sakit memang tidak tepat karena akan mengganggu kesehatan pasien, tetapi dilain pihak terutama kaum pria secara umum adalah perokok sehingga pihak rumah sakit harus menyediakan tempat khusus perokok ( smoking room ).
    IPDA SITI NAIMAH POLDA JATENG

    BalasHapus
  12. selamat malam Jendral,
    Aiptu Sutik
    Restabes Polda Jatim....
    mhn ijin,Di RS umum, saya perhatikan etika2 ini banyak dilanggar . RS swasta sering sekali menerima kritik dari keluarga pasien krn sulitnya menjenguk/menunggu kerabat di RS, padahal alasan2 di hal-hal tsb di ataslah yang diantisipasi oleh pihak RS demi kenyamanan pasien yang lain .

    BalasHapus
  13. AKP ELISABETH PONAYA
    POLDA JATIM

    MEMBESUK TEMAN ATAU KELUARGA D RUMAH SAKIT HARUS MEMPERHATIKAN ETIKA ATAU PERATURAN YG BERLAKU DI RS AGAR TDK MENGANGGU ORANG YG SAKIT YAITU DGN CARA MEMPERHATIKAN WAKTU DAN TIDAK MEMBUAT KEONARAN DAN BERILAH KESEMPATAN PASEAN UTK ISTIRSHAT.

    BalasHapus
  14. Bripda Tita S PMJ. Ijin komentar ETIKA berkunjung kerumah sakit.langkah awal yang harus dlakukan adalah mematuhi prosedur yg telah disediakan oleh pihak rumah sakit.diusahakan tidak membawa bentuk obat yg berasal dri luar .semisal sejenis obat generik .

    BalasHapus
  15. Selamat malam komandan,
    Aiptu Mawang Kenti Praptiwi
    Polres Batu - Malang

    Selain Uraian seperti diatas dan komentar2 lainnya , etika juga berlaku pada jenis pasien yang akan dijenguk misal : PASIEN MELAHIRKAN
    1. Perhatikan waktu menjenguk ibu melahirkan. Setelah melakukan proses persalinan biasanya ibu membutuhkan waktu istirahat sekitar 24 jam
    2. Ketika menjenguk ada baiknya membawa oleh-oleh atau kado untuk ibu dan bayinya buah-buahan atau bungan dengan kartu ucapan
    3. Jika sedang mengobrol dengan si ibu hindari topik seputar perawatan pasca melahirkan dan perawatan bayi
    4. Jika penjenguk pria hindari saat si ibu sedang menyusui atau sedang membersihkan badan
    5. Jangan terlalu lama menjenguknya, bagaimanapun si ibu pasti masih lelah dan membutuhkan waktu untuk istirahat dan memulihkan kondisinya

    BalasHapus
  16. pada dasarnya saya setuju dengan semua pendapat Jendral,ijin menambahkan dengan berkata yang baik mendo`akan yang sakit agar lekas sembuh apabila kita mengetahui kalau penyakitnya tidak bisa disembuhkan / tidak ada obatnya berikan harapan dan semangat bahwa ALLAH SWT membuat penyakit pasti ada obatnya dan tidak ada yang tidak mungkin didunia ini kalau ALLAH SWT sdh berkehendak sembuh pasti sembuh ,pegang rat tangannya dan beri semangat ....trimksh Jendral.(Ipda Sri Iswati Polres lamongan - Polda jatim)

    BalasHapus
  17. IPDA SRI NGAMINI
    POLDA METRO JAYA
    Ijin komentar Jenderal.
    Etika diatas sudah sangat tepat sekali dan memang wajib dilakukan oleh siapapun yang berkunjung ke rumah sakit. Jika uraian diatas dilakukan, maka yakin dan percaya akan tercipta kedisiplinan yang tinggi, rasa saling menghargai antara pengunjung dan pegawai rumah sakit. Dan apabila pengunjung tidak membuang sampah serta merokok disembarang tempat maka akan tercipta kenyamanan bagi pasien, pengunjung, serta pegawai rumah sakit itu sendiri... Terima kasih. SALAM 86!!

    BalasHapus
  18. KOMPOL DWI SETYO HARINI
    POLDA JATIM

    BAHWA APABILA SEMUA PENGUNJUNG R.S MEMATUHI DAN TAAT KEPADA PERATURAN YANG BERLAKU SERTA MEMAHAMI ETIKA BERKUNJUNG NISCAYA SUASANA R.S AKAN MENJADI NYAMAN , TENANG , BERSIH DAN PASIEN AKAN CEPAT SEMBUH DAN MASYARAKAT AKAN MEMILIHBRS TERSEBUT APABILA ADA KELUARGA YANG SAKIT ..

    TERIMA KASIH

    BalasHapus
  19. IPDA DHENSY PANDIE
    POLDA BALI

    Mhn ijin mengomentari Blog ini, sangat setuju dengan Etika ttg berkunjung ke RS. dan terima kasih Jenderal sudah berbagi dgn seluruh pembaca blog ini.kiranya siapapun pembaca blog ini dpt menjadikannya sebagai gaya hidup /life style , karena itu yang terpenting, karena dgn demikian tanpa kita sadari kita telah ikut mempercepat proses penyembuhan Pasien yang ada di RS. dan kiranya kita semua selalu menjaga kesehatan pribadi sehingga kita terbebas dari segala macam penyakit, karena penyakit yang menghambat perkembangan seseorang adlah penyakit yang menyerang sikap mental.

    BalasHapus
  20. Akp lisa oktaviyah polda jateng
    Mohon ijin jendral
    1.Etika dalam berkunjung rumah sakit kita harus tepat waktu dgn jadwal berkunjung karena agar tidak mengganggu misalnya pada visit dokter terhadap pasienya
    2.dalam rumah sakit dilarang merokok di rumah sakit karena akan mengganggu memperburuk kesehatan pasien
    3.dalam rumah sakit jangan membuat gaduh dan berisik sehingga tidak mengganggu pasien sedang beristirahat shg tidak mengganggu kenyamanan pasien
    4.jangan membuang sampah sembarangan di rumah sakit karena akan menimbulkan penyakit atau bisa sebagai kontak sarana penyakit baru sbg penularan penyakit
    5.jangan membawa obat dari luar tanpa seijin dokter sehingga harus mengiti pemakaian obat atas petunjuk dokter shg akan mempercepat penyembuhan
    6.jangan membawa penunggu pasien terlalu banyak shg bisa membuat gaduh dan mengganggu ketentraman pasien yg lain
    7.jangan memberikan pasien makan sembarangan karena bisa jadi makanan sembarangan tsb merupakan makanan pantangan pasien krn makanan sdh diatur gizinua pd pihak rs
    8 jangan mengganggu berkunjung pd saat pasien sedang sakit shg sangat mengganggu kenyamanan pasien
    Mohon ijin menambahkan etika
    1 apabila berkunjung bisa dg mengubungi anggota keluarga pasien utk menanyakan kepada pasien bersedia tidak apabila menerima kunjungan krn ada pasien biasanya enggan dikunjungi kala kondisinya kurang baik
    2.hormati pula pasien org yg anda kasihi mungkin memang berada di ruang bersama dgn pasien lain dan pikirkan mungkin pasien lain itu memiliki penyakit lebih parah jika dibandingkan org yg kita kunjungi

    BalasHapus
  21. JIKA SEMUA ORANG YG BERKUNJUNG KE RS MEMATUHI PERATURAN YG BERLAKU TENTUNYA SUASANA RS TERSEBUT AKAN TENANG DAN NYAMAN, TIDAK HANYA ITU SAJA TENTUNYA PASIEN PUN JUGA AKAN MERASAKAN NYAMAN

    BalasHapus
  22. Brig elly setuju jika pengunjung mematuhi

    BalasHapus
  23. AKP NI LUH SRI ARTINI
    POLDA JATIM

    BERKUNJUNG KE RUMAH SAKIT SANGAT PERLU MENJAGA ETIKA .JANGAN MENGANGGU PASIEN . ETIKA PERLU DIPERHATIKAN ...

    DEMIKIAN TERIMA KASIH

    BalasHapus
  24. Setuju. Karena rumah sakit butuh ketenangan dalam merawat orang sakit. Kalau ada peraturan didalam rumah sakit. Itu hanya semata-mata biar rumah sakit disiplin. Briptu ismah hartini polda jatim

    BalasHapus
  25. Bripda Reza Ayu Afita
    Polda Jateng

    Ijin mengomentari jendral
    Saya sangat setuju dengan artikel jendral jika akan berkunjung ke rumah sakit kita harus mematuhi peraturan yang ada di rumah sakit itu .
    aga keadaan pasien bisa membaik dan juga agar terciptanya suasana yg nyaman tertib dan bersih .
    Terimakasih .

    BalasHapus
  26. AKP Endang Hariyati
    POLRES CILACAP

    mohon ijin jendral menambahkan
    1. anak2 berumur dibawah 12 tahun dilarang masuk.
    2. jagalah ketenangan dan kebersihan areal rumah sakit.
    3. bila membawa kendaraan ditempatkan parkir yang aman
    4. jangan menaruh barang disembarang tempat
    5. Pengunjung yang menderita sakit dilarang mengunjungi ruang rawat inap
    6. mendoakan yang sedang sakit, memberikan suport sewajarnya, menghiburnya agar sejenak melupakan penyakitnya
    5. Hormati pasien lain. keluarga kita mungkin memang berada di ruangan bersama dengan pasien lain. Dan, dan pikirkan mungkin pasien lain di ruangan itu memiliki penyakit lebih parah jika dibandingkan orang yang Anda kunjungi.

    BalasHapus
  27. Akp lisa oktaviyah polda jateng
    Mohon ijin jendral
    1.Etika dalam berkunjung rumah sakit kita harus tepat waktu dgn jadwal berkunjung karena agar tidak mengganggu misalnya pada visit dokter terhadap pasienya
    2.dalam rumah sakit dilarang merokok di rumah sakit karena akan mengganggu memperburuk kesehatan pasien
    3.dalam rumah sakit jangan membuat gaduh dan berisik sehingga tidak mengganggu pasien sedang beristirahat shg tidak mengganggu kenyamanan pasien
    4.jangan membuang sampah sembarangan di rumah sakit karena akan menimbulkan penyakit atau bisa sebagai kontak sarana penyakit baru sbg penularan penyakit
    5.jangan membawa obat dari luar tanpa seijin dokter sehingga harus mengiti pemakaian obat atas petunjuk dokter shg akan mempercepat penyembuhan
    6.jangan membawa penunggu pasien terlalu banyak shg bisa membuat gaduh dan mengganggu ketentraman pasien yg lain
    7.jangan memberikan pasien makan sembarangan karena bisa jadi makanan sembarangan tsb merupakan makanan pantangan pasien krn makanan sdh diatur gizinua pd pihak rs
    8 jangan mengganggu berkunjung pd saat pasien sedang sakit shg sangat mengganggu kenyamanan pasien
    Mohon ijin menambahkan etika
    1 apabila berkunjung bisa dg mengubungi anggota keluarga pasien utk menanyakan kepada pasien bersedia tidak apabila menerima kunjungan krn ada pasien biasanya enggan dikunjungi kala kondisinya kurang baik
    2.hormati pula pasien org yg anda kasihi mungkin memang berada di ruang bersama dgn pasien lain dan pikirkan mungkin pasien lain itu memiliki penyakit lebih parah jika dibandingkan org yg kita kunjungi

    BalasHapus
  28. Selamat malam Jendral, saya sangat tertarik dengan artikel etika yang Jendral sampaikan di Blog ini, sungguh sangat luar biasa dan bisa menginspirakan bagi yang yang membacanya untuk berubah lebih baik pada saat berada di rumah sakit. Ijin Jendral kalau boleh saya ingin menambahkan kepada seluruh team dokter maupun perawat untuk selalu memberikan motifasi kepada pasien, apapun sakitnya dan pengunjung selalu mentaati ketentuan yang berada dalam rumah sakit tersebut. Begitu Jendral, terimakasih. ( IPDA ELNI FITRI, Polres Depok PMJ)

    BalasHapus
  29. Akp Ike Yulianty ( Polda Jateng)

    Selamat Malam Jenderal, mhn ijin...
    Menurut sy penjelasan ttg etika di Rumah Sakit di atas sdh sangat lengkap n bagus..tp harus didukung n dilaksanakan jg oleh pihak RS dg komitmen penuh..krn sy pribadi mengalami sendiri msh ada pihak RS yg sdh membuat ketentuan wkt besuk atau berkunjung tp pihak RS tetap memperbolehkan pengunjung masuk jam berapapun ( tdk sesuai peraturan) sehingga akan mengganggu kenyamanan si pasien yg dikunjungi dan juga pasien2 lainnya.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  30. Assalamulaikum selamat malam Jendral ijin menanggapi Jendral, artikel yang ada sudah cukup bagus , dan saya ijin memberikan masukan dimana etika tersebut bisa ditambahkan memberikan pelayanan mengantar pasien yang telah sembuh ke rumah pasien setelah dirawat Inap di RS dan pelayanan tersebut gratis. Makasih Jendral
    ( IPDA LILIK ISTI , Polres kota Malang Polda Jatim

    BalasHapus
  31. Mhn ijin memberikan komentar Jenderal,
    Etika dalam berkunjung ke rumah sakit,harus menyesuaikan jadwal berkunjung,tidak boleh merokok disembarang tempat,membuang sampah pada tempatnya,dan tidak boleh memberikan obat selain dari dokter,serta memberi semangat serta mendoakan agar segera diberi kesembuhan.
    IPDA MUNASRI,SH POLDA JATIM

    BalasHapus
  32. Slmt malam jenderal, secara keseluruhan saya menyukai dan sangat setuju dengan pendapat jenderal ttg etika berkunjung ke rumah sakit.karena dengan adanya peraturan yg harus diperhatikan dlm hal berkunjung ke rumah sakit,itu sudah termasuk salah satu sikap kita atau scra tidak langsung kita berperan membantu pasien untuk sembuh.(Brigadir Deni janita_Polda Jabar)

    BalasHapus
  33. IPDA ENI NURDIATI, SH. POLDA BANTEN
    mohon ijin Jenderal mohon berkenan menambahkan jika berkunjung ke rumah sakit mungkin bisa ditambahkan agar tidak membawa anak kecil balita atau batita dan saya ucapkan terima kasih Jenderal

    BalasHapus
  34. AIPTU PURWANTI
    POLDA METRO JAYA

    Assallamuallaikum wr wb mohon ijin jendral saya sangat setuju sekali dengan artikel di blog ini karna dengan etika semua akan menjadi damai dan saling menghormati satu sama lain sehingga jalinan cinta terhadap sesama akan terwujud.

    BalasHapus
  35. IPDA ANDARINI, Polres Malang Kota Polda Jatim
    Selamat malam Jendral ijin memberikan saran masukan pada artikel ini dimana perlu ditambahkan untuk tidak membawa anak kecil yang berumur dibawah 5 tahun dan waktu berkunjung untuk dibatasi tidak lebih dari 10 menit, mengingat pasien memerlukan istirahat. Terimakasih Jendral

    BalasHapus
  36. IPDA ENDANG IRIANI. S. Polres Batu Polda Jatim
    Kebudayaan mengunjungi orang sakit perlu dipertahankan karena dengan cara itu maka orang sakit dapat terhibur atau mengurangi beban sakitnya dengan tidak meninggalkan etika mengunjungi rumah sakit, ada atau tidak ada peraturan yang tertulis etika mengunjungi rumah sakit tetaplah diperhatikan demi kenyamanan penghuni rumah sakit maupun orang yang datang berobat.

    BalasHapus
  37. AIPTU WAHJUNINGSIH/POLRES MOJOKERTO KOTA/POLDA JATIM
    Ijin menyampaikan komentar Jenderal
    Rumah Sakit adalah tempat beristirahatnya seorang pasien yang dinyatakan oleh seorang Dokter untuk beristirahat/opname, untuk itu seorang pasien perlu memiliki rasa nyaman dan aman berada di sana, seorang dokter telah memperkirakan mengapa pasien tersebut harus opname di rumahsakit, untuk itu kita harus mematuhi aturan yang dikeluarkan oleh pihak rumah sakit.

    BalasHapus
  38. banyak orang kurang memperhatikan etika mengunjungi pasien di rumah sakit. tidak jarang orang berbicara dan berisik sampai mengganggu pasien yang berada di dekat pasien yang mereka kunjungi. biasanya untuk pasien kelas ekonomi menempatkan beberapa pasien di ruang yang sama...ada baiknya kita berikan harapan dan semangat serta doa ....ijin menambahkan jendral (Ipda Sri Iswati Polres Lamongan ,POLDA JATIM)

    BalasHapus
  39. Selamat malam Jenderal mohon ijin memberi komentar ttg topik rtika berkunjung ke rumah sakit, terima kasih utk dingatkan kembali.... karena kadangkala orang tidak memperhatikan nya atau cuek, mrk hanya memenyigkan dirinya sendiri tanpa memperhatikan kepentingan orang lain........terima kasih

    BalasHapus
  40. Nama: AKP NI KETUT SANTIANI. POLDA BALI

    Memang benar kalau kita berkunjung ke rumah sakit harus mengeri aturan jangan sampai maksud kita berkunjung untuk menjenguk memberikan dukungan moral malah membuat orang yang kita kunjungi sakitnya tambah parah.

    BalasHapus
  41. mohon ijin jenderal apa yang menjadi regulasi terkait etika berkunjung kerumah sakit seyogianya harus dipatuhi oleh semua yang berkepentingan baik itu para medis,pengunjung dan bahkan sikeluarga pasien itu sendiri. Hal ini sering dilupakan sehingga terkadang melewati batas waktu dan bahkan kerap mengeluarkan suara yang dapat mengganggu pasien lain yang berujung menimbulkan konflik maupun komplain pihak lain

    BalasHapus
  42. mohon ijin bapak... secara umum kami sangat setuju dengan uraian bapak terkait etika ketika berkunjung di rumah sakit.. mungkin ada sedikit yang perlu kami tambahkan adalah .. pengendalian emosi kita ketika di rumah sakit.. kadang banyak pengunjung rumah sakit memberikan ekspresi yang berlebihan ketika melihat kondisi sanak/keluarga yang sedang dirawat... ekspresi yang berlebihan akan menganggu pengunjung pasien yang lain bahkan mungkin akan membuat psikologi pasien lain akan ikut terpengaruh.. sehingga kemampuan mengendalikan emosi ini penting ketika kita melakukan kunjungan di rumah sakit, berikan ekspresi yang wajar dalam situasi apapun ...........
    Dari IPDA Sriyati Polda DIY

    BalasHapus
  43. IPDA MUCH.SHOFIAN,S.AP
    SPN PONTIANAK POLDA KALBAR
    ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAH WABARAKATUH...
    Selamat malam jenderal.
    Mohon izin menambahkan komentar, memang seharusnya pihak rumah sakit harus tegas dalam membatasi atau memberlakukan jam berkunjung keluarga pasien yang ingin menjenguk pasien. ini terkait juga akan tingkat kesembuhan pasien itu sendiri terutama pada ruangan-ruangan khusus. selain itu juga, hal tersebut juga membantu kinerja paramedis dalam melaksanakan tugas.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  44. Bripda Novita dias anggraini
    Polda jawa timur
    Mohon izin jenderal.
    Mhon izin menambah komentar saya setuju dengan artikel jendral tentng berkunjung hars sesuai dengan jam besuk,,,
    Karena kalu tidak mematui akan mengganggu jam istirahat pasien,,,
    Shingga seharusnya pasien bsa sembuh mlah tambah parah sakitnya,,,
    Terima kasih jenderal,,,

    BalasHapus
  45. Ketika berkunjung hendaknya mematuhi aturandemi percepatan kesembuhan pasien

    BalasHapus
  46. kompol Maria Pusdikgasum
    etika-etika tersebut diatas,,sangat pas untuk berkunjung ke rumah sakit, namun mungkin akan lebih baik lagi bila ditambahkan dengan, berpakaian yang sopan, bersikap empaty terhadap pasien, menjaga kerahasiaan pasien, dan tidak membawa balita saat bezuk..dengan tujuan untuk menghindari tertular penyakit kepada balita..serta jangan lupa membawa buah tangan dan doa untuk kesembuhan pasien yang di kunjungi.

    BalasHapus
  47. Bripda santri putri hasanah
    Mako korpbrimob

    Slamat siang,ijin jendral mengomentari.smua artikel ya sudah bgus dan sangat cocok dan sangay bgus jka d trapkan dn d aplikasikan dlam tata cta berkunjung ke rmah skit.tpi mengapa msi bnyak yg tdak mengikuti prosedur yg d tetapbkan trsbut.sperti mbuang sampah dan mrokok d rmah skit.pdhal kta tw bsa mengakibat kan udra yg tdak sehat.trimakasih jendral slma siang.

    BalasHapus
  48. AKP SRI YUSRIATI YULIA, SH
    SPN POLDA JATIM

    Assalmu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh...
    Mohon ijin mengomentari, dari semua artikel diatas sangat bagus apabila kita sebagai hamba Tuhan YME, bahwa Etika berkunjung ke RS disamping mematuhi apa yang tertulis di dinding, di papan tetapi kita yang mempunyai etika sejak lahir
    harus mengerti dan memahami bahkan selalu menghormati sesama manusia khususnya apabila peraturan itu sudah dibuat dan diputuskan untuk ditaati setiap pengunjung RS

    BalasHapus
  49. AKP SRI YUSRIATI YULIA, SH
    SPN POLDA JATIM
    Assalmu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh...
    Mohon ijin mengomentari, dari semua artikel diatas sangat bagus apabila kita sebagai hamba Tuhan YME, bahwa Etika berkunjung ke RS disamping mematuhi apa yang tertulis di dinding, di papan tetapi kita yang mempunyai etika sejak lahir
    harus mengerti dan memahami bahkan selalu menghormati sesama manusia khususnya apabila peraturan itu sudah dibuat dan diputuskan untuk ditaati setiap pengunjung RS

    BalasHapus
  50. BRIPTU MARINA ANDRIANI POLDA BANTEN

    Ass..Wr...Wb...
    Ijin Menambahkan...
    Untuk orang yang berkunjung (menjenguk):
    1. Hendaknya tidak lama di dalam berkunjung, dan mencari waktu yang tepat untuk berkunjung, dan hendaknya tidak menyusahkan si sakit, bahkan berupaya untuk menghibur dan membahagiakannya.

    2. Hendaknya mendekat kepada si sakit dan menanyakan keadaan dan penyakit yang dirasakannya, seperti mengata-kan: “Bagaimana kamu rasakan keadaanmu?”. Sebagai-mana pernah dilakukan oleh Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Sallam.

    3. Mendo`akan semoga cepat sembuh, dibelaskasihi Allah, selamat dan disehatkan. Ibnu Abbas Radhiallaahu anhu telah meriwayat-kan bahwasanya Nabi Shallallaahu alaihi wa Sallam apabila beliau menjenguk orang sakit, ia mengucapkan: “Tidak apa-apa. Sehat (bersih) insya Allah”. (HR. Al-Bukhari). Dan berdo`a tiga kali sebagai-mana dilakukan oleh Nabi Shallallaahu alaihi wa Sallam.

    4. Mengusap si sakit dengan tangan kanannya, dan berdo`a: “Hilangkanlah kesengsaraan (penyakitnya) wahai Tuhan bagi manusia, sembuhkanlah, Engkau Maha Penyembuh, tiada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit”. (Muttafaq’alaih).

    5. Mengingatkan si sakit untuk bersabar atas taqdir Allah Subhanahu wa Ta’ala dan jangan mengatakan “tidak akan cepat sembuh”, dan hendaknya tidak mengharapkan kematiannya sekalipun penyakitnya sudah kronis.

    6. Hendaknya mentalkinkan kalimat Syahadat bila ajalnya akan tiba, memejamkan kedua matanya dan mendo`akan-nya. Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Sallam telah bersabda: “Talkinlah orang yang akan meninggal di antara kamu “La ilaha illallah”. (HR. Muslim)

    BalasHapus
  51. AKP M Jafar, S.H
    Ka. KORSIS SPN POLDA BENGKULU
    Mohon ijin mengomentari. Saya setuju dengan artikel ini. Saya rasa, seharusnya etika dalam berkunjung ke rumah sakit harus ditingkatkan. Realita yang terjadi saat ini, masih banyak orang yang berkunjung ke rumah sakit, namun belum beretika seperti seharusnya. Perlu diadakan sosialisasi ataupun pemahaman kepada para pengunjung mengenai etika berkunjung ke rumah sakit, agar kesehatan para pasien tidak terganggu.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  52. Iptu Dheni Yuniaryani, SH.
    Ditsabhara Polda Jatim

    Yang tidak kalah penting selain dari menaati peraturan tertulis adalah doa kita yang tulus untuk pasien supaya cepet sembuh dan memberi semangat sehingga pasien tidak sedih dan menimbulkan keinginan untuk sembuh.

    BalasHapus
  53. Akp ida royani dr polda jatim ijin memberikan komentar jendral. saya setuju dg etika d maksut...karena semua etika itu utk kebaikan rmh sakit pd umumnya khusunya utk pasien yg d kunjungi. Utk mengurangi kegaduhan di ruang perawtan, pd saat berkunjung sebaiknya tdk membawa anak kecil. Yg berkaitan dg sampah tdk bisa hanya kita yg tdk boleh buang sampah sembarangan...pihak rmh sakitpun hrs menyediakan sarana utk itu...misalnya menyediakan tpt sampah d beberapa titik yg mudah di jangkau oleh pengunjung rmh sakit

    BalasHapus
  54. BRIPKA DINA NOVITAYANTI dari POLDA JATIM ijin memberikan komentar jendral, pada intinya sangat setuju dengan etika - etika yang harus dipatuhi pada saat berkunjung ke Rumah Sakit. Dalam hal penyakit yang di derita pasien kita harus menanyakan secara detail perihal jenis penyakit yang di derita hanya kepada dokter yang menangani ( tidak kepada orang lain ), untuk menghindari persepsi yang tidak benar atau salah paham sehingga jangan sampai membuat penderita panik atau bertanya - tanya tentang jenis penyakit yang dideritanya. Disamping itu kita juga harus menta'ati semua tindakan dan anjuran dokter yang menangani sehingga penyakit penderita bisa tertangani secara maksimal dalam proses penyembuhan.Terima kasih.

    BalasHapus
  55. siapppp jendral,AIPTU TATIK DIT LANTAS POLD JATIM ijin menambahkan,........Menjenguklah dengan mendoakan yang sedang sakit, memberikan suport sewajarnya, menghiburnya agar sejenak melupakan penyakitnya, tapi tidak menjenguk lalu menginterogasinya, menakut-nakuti, dan membuat si pasien kurang beristirahat. Membawa buah tangan itu baik, meski saya yakin si pasien tidak mengharapkannya.....andaipun kita ingin membawa buah tangan, bawalah sekiranya yang tidak menjadi pantangan bagi penyakitnya....trimkash banyak Jendral

    BalasHapus
  56. BRIPKA RINI MARGA rimar`` POLDA JATIM .......betul Jendral,Jangan sampai niat baik kita malah membuat pasien malah merasa kurang nyaman.
    blog Jendral sangat membantu kami,trimkash banyak sukses utk kita semua.

    BalasHapus
  57. Etika merupakan nafas kehidupan...

    BalasHapus
  58. banyak hikmah ketika menjenguk orang sakit, kita akan semakin menyadari alangkah indahnya sehat ,blog ini sangat bermanfaat sekali.... kita akan lebih bersyukur dan akhirnya menjaga kesehatan yang sudah dianugerahkan Tuhan.AIPTU DWI ANA POLDA JATIM

    BalasHapus
  59. Mohon ijin Jendral, kami komen etika berkunjung kerumah sakit.
    mengunjungi kerabat atau teman yang terbaring di rumah sakit merupakan hal yang baik. sebaiknya kita mengetahui etika membesuk seseorang yang sedang dirawat di rumah sakit. jangan sampai niat baik kita malah membuat pasien merasa kurang nyaman.kunjungan ke rumah sakit dapat memberikan dukungan moral yang baik bagi proses penyembuhan pasien, namun disisi lain juga bisa menjadi salah satu faktor yang memperburuk kondisi pasien, sehingga kita harus mencuci tangan sebelum masuk ruang pasien dan jangan lama-lama sehingga pasien bisa beristirahat. Demikian terima kasih. Ipda Marem Polda Jatim

    BalasHapus
  60. mohon ijin jendral menambahkan...etika didalam berkunjung ke rumah sakit diharapkan jika menemui pasien lain meninggal dunia dan keluarga pasien sedang berduka maka hendaklah kita tidak menunjukkan wajah ketakutan atau penasaran.
    Brigadir Eka Ayu Nova - polda jatim

    BalasHapus
  61. Bisa karena terbiasa, itulah yg tersirat dalam benak saya menyikapi wacana ini....tentu tidak terbatas dalam hal aturan RS saja, dalam segala hal, jika terbiasa taat dan mengikuti aturan2 yg berlaku, pasti sangat indah hidup ini...dan yang pasti semua bermula dr rumah kita :)

    AKP. Elsie ( Polda JABAR )

    BalasHapus
  62. siapppp jendral,AIPTU TITIK DIT LANTAS POLD JATIM ijin menambahkan,........Menjenguklah dengan mendoakan yang sedang sakit, memberikan suport sewajarnya, menghiburnya agar sejenak melupakan penyakitnya, tapi tidak menjenguk lalu menginterogasinya, menakut-nakuti, dan membuat si pasien kurang beristirahat. Membawa buah tangan itu baik, meski saya yakin si pasien tidak mengharapkannya.....andaipun kita ingin membawa buah tangan, bawalah sekiranya yang tidak menjadi pantangan bagi penyakitnya....trimkash banyak Jendral

    BalasHapus
  63. Mohon ijin Jendral menambahkan komentar bahwa etika yang utama yang perlu diperhatikan adalah etika jam berkunjung ( jam besuk ) mengingat jam berkunjung ( jam besuk ) yang telah ditetapkan oleh pihak rumah sakit sering dilanggar dan pada akhirnya akan mengganggu istirahat pasien. Kembali lagi semua itu tergantung pada diri kita sendiri bagimana cara kita mengetahui etika yang sebenarnya, sekalipun peraturan yang sudah terpampang jelas, tetap tidak akan terlaksana kecuali dari diri kita sendiri, terima kasih.


    ttd IPDA RETNO UTAMI Polda Jatim

    BalasHapus
  64. Ketika berkunjung ke rmh sakit hendaknya mengikuti aturan yg ada krn aturan Itu pasti sdh dipertimbangkan utk kebaikan pasien dan mempercepat kesembuhan pasien kecuali ada keadaan darurat dimana pasien perlu didoakan . Dalam hal ini kt bs komunikasikan dgn pihak rumah sakit. Demikian terima kasih

    Ipda Rina Shanty D.N. SH Polda Jatim

    BalasHapus
  65. IPDA RELIANA S. /PMJ
    Mohon ijin menambahkan Jenderal,
    Meningkatkan etika kita semua dalam menjenguk orang yang sakit, baik itu di rumah sakit maupun di rumah, agar kunjungan kita menjadi lebih efektif dan berarti.
    1. Penampilan menjadi hal yang penting juga ketika kita akan menjenguk orang yang sakit, yang harus diperhatikan dan Jangan menggunakan pakaian yang berlebihan
    2. Sebelum membeli buah tangan, kita perlu terlebih dahulu mengetahui jenis penyakit yang menyerang rekan kita supaya buah tangan tersebut dapat bermanfaat baginya
    3. Selalu bersikap sopan di dalam rumah sakit dan mematuhi peraturan rumah sakit

    BalasHapus
  66. menjenguk orang sakit hendaknya tidak merepotkan atau membuat suasanya yang tidak nyaman bagi orang yang sakit...kita harus tau etika tw batasan untuk menjenguk orang sakit..tuch sedikit tanggapan saya,terimakasih .........

    BalasHapus