Jumat, 01 Juli 2016

ETIKA BERKENDARAAN



ETIKA BERKENDARAAN

1.     Pakai sabuk pengaman


2.     Jalan disebelah kiri

3.     Tidak ngebut


4.     Tidak jalan zig zag

5.     Tidak menyerobot

6.     Beri jalan bagi yang mau mendahului


7.     Beri sen/tanda bila mau belok atau berhenti min 50 m sebelumnya
8.     Mematuhi rambu-rambu lalu lintas

9.     Membawa kelengkapan P3K

10. Tidak membawa orang/barang yang melebihi kapasitas


11. Tidak berjejal


12. Mobil dalam keadaan baik & laik jalan terutama rem,   mesin, lampu
13 Hindari gunakan klakson kecuali terpaksa


14.  Knalpot tidak berasap


15.  Suara tidak berisik

16.  Hargai pengendara lain

17.  Utamakan keselamatan


18.  Tidak berhenti mendadak


19.  Tidak menumpang pick up/truk


20.  Tidak parkir sembarangan


21.  Wanita yang memakai rok bila dibonceng dimotor duduk dengan posisi menyamping


22.  Wajib menggunakan helm bagi pemakai kendaraan bermotor roda dua


23.  Tidak menggunakan HP saat mengemudi

7 komentar:

  1. Mohon izin menanggapi jendral...
    Etika berkendra sangat penting dan wajib dikakukan oleh setiap pengguna jalan.tujuannya adalah untuk menghormati,menghargai,dan menjaga keselamatan pengguna jalan lainnya.sebagaimana semakin hari kendaraan semakin bertambah.kebnyakan pemakai jalan jarang mempunyai motto untuk cipta kenyamanan sesama pengguna jalan.pengendara yang belm beretika kalau belum kejadian belum jera.disiplin berlalu lintas bukan milik Kepolisian tetapi milik kita semua agar selamat sampai tujuan.

    IPTU AMALIA N
    Polda SUMSEL

    BalasHapus
  2. NAMA : AKP RUYIAH ULFAH
    PENGIRIMAN : POLDA METRO JAYA


    Mohon Izin berpendapat jendral, jika kita ingin melaju lebih cepat sebaiknya kita ambil jalur sebelah kanan... Dan dalam berkendara pastikan kendaraan yang kita naiki sudah di periksa keamanannya dan kelengkapan dari surat-surat kendaraan tersebut..

    BalasHapus
  3. Brigadir Santi Septiani
    Polres Cimahi - Polda Jabar

    Mohon ijin,,, komentar saya dalam hal etika berkendara adalah perasaan aman dan nyaman merupakan hal yg terpenting, baik utk penguna jln raya maupun org dan barang yg ada di jln, penumpang yg kita bawa, hal ini merupakan sesuatu yg sangat penting utk menghindari terjadinya korban kecelakan lalu lintas di jln raya, kenyataan pd jaman skr sdh tdk ada ruang yg aman lg pd saat berkendara di desa maupun di kota, pd saat macet maupun pd saat sepi sepertinya berkendara d jln raya membuat ketakutan tersendiri utk kita maupun org lain. Ini terjadi karena rendahnya tingkat kedisiplinan penguna jln, dan etika berkendara. Banyak hal yg sdh tertulis dlm undang undang tetapi ada pula yg tdk tertulis, maka dari itu selayaknya pengguna jln menyadari utk mentaati seluruh peraturan yg ada, agar spy kamseltibcar lantas bs terwujud.

    BalasHapus
  4. Brigadir Ni Luh Putu Ardani Eristyawati
    Polda Bali

    mohon ijin berpendapar Jendral, menurut kami etika berkendaraan sangat diperlukan oleh setiap pengendara kendaraan bermotor, karena dalam berkendaraan dijalan ada dua hal yang perlu diantisipasi, yaitu kita ditabrak atau kita menabrak. Oleh sebab itu dalam berkendara di jalan sangat diperlukan etika berkendaraan seperti yang sudah Jendral paparkan pada Blog ini, disamping itu juga perlu dipersiapkan kesiapan dari kendaraan, kesiapan surat-surat dan kesiapan perorangan. Sehingga dapat meminimalisir terjadinya laka lantas dan tercipta kenyamanan dan keamanan dalam berkendara di jalan. Karena keselamatan dan kenyamanan di jalan dimulai dari diri kita sendiri.

    BalasHapus
  5. Iptu ni nyoman kariani polda NTB

    Ijin mengomentari jendral tentang etika berkendaraan. Dalam berkendaraan sebagai anggota polri jika kita hendak menemani senior berkendaraan R4 wajib membukakan pintu dan mempersilahkan untuk masuk terlebih dahulu.jika menggunakan R2 harus melengkapi syarat atau ketentuan sebagai pengendara contohnya membawa SIM, STNK,memakai helm,spion dan memahami aturan lalu lintas.
    Trima ksih jendral

    BalasHapus
  6. Mhn ijin Jenderal, Iptu Ni Wayan Yanti Susanti, SH dari Polda Bali ijin memberikan berpendapat bahwa etika dalam berkendara harus dimiliki oleh setiap pengendara karena apabila setiap pengendara memiliki etika berkendara lalu lintas dijalan menjadi lancar, aman dan tertib demikian jgn sebaliknya tdk memiliki etika berkendara akan terjadi kesemrawutan lalu lintas bahkan bisa terjadi kecelakaan lalu lintas, disamping etika mematuhi peraturan lalu lintas jgn wajib dilakukan oleh pengendara sehingga rasa aman, nyaman, tertib dan lancar akan kita rasakan bersama,, maka dari itu mari kita ber etika dlm berlalu lintas , saling menghargai sesama pengendara dan patuhi peraturan lalu lintas apabila kita berkendara di jln raya, sayangi nyawa kita krn hidup ini indah dan kita ditunggu oleh orang2 tersayang dirumah, terima kasih

    BalasHapus
  7. sing paling pertama adalah kesadarane sendiri, sim, sntnk lan surat suratane lengkap, tapi nek ra nduwe etika percuma to, sim sama STNK hanya untuk menghindar dari Tilang,pake helm takut sama Petugas, lha terus piye jal...???

    nah makanya yang paling pertama ditanamkan sejak dini tentang bagaimana menjadi pengendara yang cerdas, pengandara yang cerdas tentunya mempunyai etika, dengan etika diri selamat pun demikian pengendara lain...

    matur suwun,...

    Etika Berkendara Harusnya Jadi Isu Utama,Nek Koyo Gini Piye Jal...

    BalasHapus