Senin, 14 April 2014

ETIKA BELAJAR


1.JANGAN SAMPAI DATANG TERLAMBAT,MIN 10 MENIT SD 20 MENIT SUDAH ADA DI KELAS



2.SIAPKAN BUKU BUKU PELAJARAN,PERALATAN,PADA MALAM HARI SEBELUM ESOKNYA BELAJAR




3.PERHATIKAN DENGAN SEKSAMA PADA SAAT GURU MENGAJAR


4.JANGAN MENGOBROL SAAT KELAS DIMULAI


5.DILARANG MENERIMA SMS/TELPON DI DALAM KELAS


6.SELESAIKAN TUGAS/PR TEPAT WAKTU


7.JANGAN SAMAPAI TIDAK MENGUPULKAN TUGAS/PR


8.DILARANG MENCONTEK SAAT UJIAN


9.JANGAN MENIRU SAMA PERSIS TUGAS MILIK ORANG LAIN



10.JANGAN SAMPAI BOLOS PELAJARAN




11.JANGAN SERING KELUAR IJIN


12.IJIN APABILA ADA KEPERLUAN YANG MENDESAK




13.JANGAN SAMPAI TERTIDUR DI DALAM KELAS


14.MENCATAT MATERI PELAJARAN YANG DIBERIAKAN PENGAJAR

15.JANGAN SAMPAI TIDAK MENCATAT , BUKU CATATAN KOSONG


16.USAHAKAN BERTANYA BILA KURANG JELAS


17.HARGAI SIAPAPUN YANG ADA DI DEPAN KELAS

18.LAPORKAN SEGERA APABILA ADA PELAJARAN YANG KOSONG


19.SIAPKAN SEGALA KELENGKAPAN KELAS SEBELUM PENGAJAR DATANG



20.JAGA SELALU KEBERSIHAN KELAS DAN BARANG INVENTARISNYA


21.JANGAN MENGEJEK DAN MENG OLOK OLOK KAWAN SE KELAS


22.BERIIKAN LAPORAN ABSENSI & KEHADIRAN MURID KEPADA DOSEN SEBELUM PELAJARAN DI MULAI










13 komentar:

  1. alhamdulillah, pada etika belajar ini kami sudah terapkan pada anak-anak kami. dan memang efeknya luar biasa....apresiasi terhadap pelajaran disekolah bagus, dan anak2 terbiasa dengan etika belajar seperti yang disbutkan diatas dari usia dini dan melatih kemandirian mereka.. (ipda masyita dewi, se/ poldajatim/ msitadewi18@yahoo.com)

    BalasHapus
  2. Seperti yang telah bapak sebutkan diatas tentang etika belajar, Hal itu memang benar dan harus dimiliki oleh setiap siswa. Etika setiap mahasiswa maupun siswa yang paling dasar harus dimiliki adalah ketepatan waktu. Seperti yang disebutkan diatas datang tepat waktu sangatlah penting dengan kata lain tidak terlambat. Lalu persiapan diri sebelum melaksanakan kegiatan belajar untuk keesokan harinya, jangan sampai ada barang-barang atau alat keprluan sekolah tertinggal hal itu tidak hanya merugikan diri sendiri tapi juga dapat merugikan orang lain. Dan etika yang paling penting adalah ketika kegiatan berlangsung siswa wajib memperhatikan, dan mendengarkan guru yang sedang menjelaskan. Jangan sampai siswa datang hanya untuk absen saja lalu duduk, masuk telinga kanan dan keluar telinga kiri, terus lupakan. Hal itu akan sia-sia saja. Kewajiban dari setiap siswa juga adalah untuk menghargai guru yang sedang mengajar di depan kelas. Siswa tidak boleh memilih-milih guru, hanya karena gurunya tidak “enak” mengajarannya, siswa tersebut tidak memperhatikan. Tugas yang diberikan harus dikerjakan dengan usaha sendiri jika tidak mampu mengerjakannya bisa dikerjakan dengan belajar bersama teman, jangan sampai dikerjakan di sekolah apalagi dengan copas tugas teman. Hal itu tidak mencerminkan etikat baik dari seorang siswa itu sendiri. Tujuan dari peamahaman siswa tentang etika belajar tersebut dapat membuat siswa mampu melaksanakan kegiatan belajar dengan nyaman serta ilmu yang didapat juga bermanfaat. Hal yang bisa didapatkan pasti positif, baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Untuk diri sendiri adalah kita bisa memahamai apa yang guru tersebut sampaikan, kita bisa mendapatkan ilmu baru dan kita bisa mengamalkan ilmu tersebut kepada orang lain.
    AKP Ani Hariyanti, Kasat BinMas Polres Pasuruan.

    BalasHapus
  3. BRIPKA ARBIAH RAHMAWATI POLDA DIY
    Etika Belajar harus ĸϊтα terapkan sebagai siswa karena αƙαn membuat suasana yαnƍ nyaman dalam pembelajaran antara siswa ϑαn murid sehingga dapat saling memberi ϑαn saling menerima (take and give). Etika belajar mengajarkan αƙαn adanya kewajiban sebagai seorang siswa, ªpa̲̅ yαnƍ harus ĸϊтα kerjakan. Dαn yαnƍ harus tetap ĸϊтα pegang αdαℓαh Guru sebagai figur atau sosok yαnƍ "digugu lan ditiru".

    BalasHapus
  4. IPDA RITA KURNIATI
    POLRES SIDOARJO POLDA JATIM

    Tulisan dalam blog ini memberikan tips bagi kita semua tentang pentingnya etika belajar dan pembelajaran bagi guru/dosen/instruktur maupun kepada murid/peserta didik. Tips yang baik tersebut diantaranya adalah : datang tepat waktu di kelas, siapkan buku pelajaran dan peralatan lainnya, menyimak dengan seksama saat guru mengajar dan tidak mengobrol, tidak melakukan komunikasi pada jam pelajaran (telephon/sms/Bbm,dsb) di dalam kelas, menyelesaikan semua tugas yang diperintahkan guru tepat pada waktunya, percaya diri (tidak mencontek pada saat ujian/ulangan/copy paste) serta mencatat pelajaran yang diberikan guru/dosen dan jangan mengantuk/tidur di kelas, dsb.
    Beberapa tips yang terangkum dalam konsep etika belajar tersebut diharapkan dapat dipedomani bagi para pengajar (guru/dosen/instruktur) di dalam memberikan materi pelajaran di dalam kelas, sehingga keberadaan tenaga kependidikan dalam proses pembelajaran terhadap para peserta didik benar-benar dapat mentransformasikan ilmu pengetahuan secara optimal kepada murid-muridnya/peserta didik. Oleh karena itu saya berharap semakin banyak blog-blog lain yang memberikan konsep-konsep seperti ini agar bangsa Indonesia ke depan memiliki generasi penerus (sumber daya manusia) yang unggul dan siap menghadapi tantangan global.

    BalasHapus
  5. Malam jenderal

    Menurut saya, kesadaran diri seseoran merupakan hal terpenting dalam menerapkab etika belajar ini, jika seseorang sadar akan betapa pentingnya belajar tentu ia akan belajar dengan sungguh-sungguh sebaliknya, jika seseorang tidak memiliki kesadaran diri, ia akan lebih mudah untuk melakukan tindakan-tindakan seperti membolos, tidak konsentrasi dsb yg dapat menyebabkan kurangnya pengetahuan dan kualitas dirinya akanmenurun. Menumbuhkan kesadaran diri akan pentingnya belajar adalah hal yg harus dimiliki semua org, semakin sadar seseorang untuk belajar, semakin banyak pengetahuan yg ia punya yang dapat meningkatkan kualitas dan kemampuanya.



    BRIPDA YULIA AMETA P.S
    Anggota Dit Sabhara
    Polda Metro Jaya

    BalasHapus
  6. denga diterapkannya etika belajar tersebut diharapkan proses belajar mengajar berjalan lancar dan hasil didik dapat ssuai dgn yg diharapkannbik itu oleh orang tua guru maupun masy.....(Ipda Retno Wiyarti Polres Sukoharjo Jateng)

    BalasHapus
  7. aiptu sanya Polrestabes Surabaya Polda Jatim,belajar dengan mengedepankan etika maka akan memperoleh barokah. Maksud dari istilah tersebut adalah belajar akan menhasilkan transformasi ilmu dan peningkatan intellectual capacity, kemulyaan budi, kedalaman pemahaman agama, social quotieni, profesi yang barokah, dan social change menuju umat terbaik. Karena belajar pula, kita mampu hidup secara bermartabat dan selanjutnya membangun peradaban yang didasarkan kepada nilai-nilai ilahiyah dan kemanusiaan.

    BalasHapus
  8. waktu yang paling tepat untuk belajar adalah pada waktu antara maghrib dan isyak,juga waktu syahur yaitu waktuketika menjelang subuh.
    juga jangan lupa kita harus dalam keadan fres,sehingga ilmu akan mudah masuk dalam otak dan fikiran kita...trimksh Jendral Blog bapak menambah wawasan kami ...(Aiptu Erna Tri marheni Polres Malang Polda Jatim)

    BalasHapus
  9. selamat pagi Jendral,ijin menambahkn Metode dan etika belajar memang harus dan wajib dicontohkan dan implementasikan dari pendidik ke anak didiknya,apalagi sekarang ini moral dan tindakan perlu ditingkatkan kembali.Kalau dahulu seorang anak didik lebih menghormati guru atau dosennya nah kalau sekarang rasa hormat itu sendiri agak kurang dilakukan.Mungkin inilah zaman semakin maju maka semakin berkurangnya moral dan menghormati orang yang lebih tua diatas kita.,trimksh atas ilmunya jendral...(Aiptu Yuli Lamongan Polda Jatim)

    BalasHapus
  10. IPDA WASTINI, POLDA DIY
    Etika menyontek saat ujian. Mencontek adalah perilaku yang menyimpang yang terjadi pada saat ujian. Hal ini disebabkan karena minimnya rasa percaya diri yang berawal dari rasa malas. Para penyontek ingin mencapai kesuksesan tanpa susah payah berusaha, mereka hanya berorientasi pada hasil saja dan mengabaikan hal penting yaitu proses. Perilaku ini pada awalnya tabu dilakukan, namun saat ini makin merebak dan mulai membudaya, sehingga memupuk generasi pemalas. Teruus..mau dibawa kemana masa depan bangsa ini..???

    BalasHapus
  11. IIN MULYANI
    POLDA JABAR
    Tidak ada kata terlambat buat belajar,,apalagi klo berpedoman kepada etika belajar yg bapak tuangkan di blog ini.bila semua pihak yg terlibat dalam proses belajar mengajar berpedoman kpd etika belajar sehingga mempunyai mental yg bagus..maka akan terlahir generasi generasi yg mempunyai karakter yg baik..mksh

    BalasHapus
  12. Mohon ijin Jendral untuk berkomentar bhw dalam proses belajar kita harus mempunyai etika belajar yang baik. Harus ada intetaksi yang baik antara serdik dan para pengajar. Agar tercapai tujuan pembelajaran yang kita harapkan. AKP KUSILSLAH,SH,MS POLDA D.I.Yogyakarta

    BalasHapus
  13. Bripka Nurlaeni Polda Jatim

    Ijin jendral....etika dalam belajar memang diperlukan untuk mencapai tingkat kemampuan sesuai harapan. Saya hanya ingin menambahkansaja " pada saat belajar janganlah menyuruh orang lain atau teman untuk mencatatkan materi ppelajaran, dengan mencatat sendiri akan lebih kuat untuk mengingat materi tersebut, karena dua kali kita lakukan, yang pertama membaca dan yang ke dua mencatat". Terimakasih jendral....

    BalasHapus