Senin, 21 April 2014

ETIKA BEKERJA

1 .BERPAKAIAN RAPIH SESUAI DENGAN LINGKUNGN KERJA DI KANTOR



2.BERDOA SEBELUM BERANGKAT KERJA


3.USAHAKAN JANGAN SAMPAI DATANG TERLAMBAT



4.HARUS BEKERJA KERAS DAN TIDAK MALAS MALASAN

5.BERSIKAP LOYAL KEPADA PERUSAHAAN



6.DISIPLIN DAN BERTANGGUNG JAWAB DALAM PEKERJAAN



7.BERTUTUR KATA YANG BAIK KEPADA SESAMA REKAN,KOLEGA DAN ATASAN




8.SAAT MASUK KANTOR UCAPKAN SALAM


9.HARUS SELALU TERSENYUM DAN BERWAJAH CERIA



10.JANGAN SAMPAI MENUNDA PEKERJAAN.BILA ADA TUGAS LANGSUNG SAAT ITU JUGA DALAM KESEMPATAN PERTAMA DIKERJAKAN SEHINGGA TIDAK MENUMPUK DAN DI KEJAR WAKTU







11.JANAGAN PULANG SEBELUM PEKERJAAN SELESAI


12.JANGAN PULANG SEBELUM PIMPINAN PULANG

13.MEMINTA IJIN KEPADA ATASAN JIKA ADA KEPERLUAN


14.CATAT BILA ADA PESAN PESAN DARI MANAPUN JUGA


15.JIKA ADA TELEPON SEGERA ANGKAT JANGAN SAMPAI BERDERING SAMAPI 3X

16.JANAGAN GUNAKAN TELEPON UNTUK KEPERLUAN PRIBADI


17.JANGAN BERMAIN GAME SAAT JAM KERJA


18.JANGAN BERCANDA SEHINGGA MENIMBULKAN SUARA BERISIK YANG MENGGANGU ORANG LAIN


19.JANGAN MENGGOSIP DAN MEMBICARAKAN KEJELEKAN REKAN KERJA



20.JANGAN BERBUAT MELANGGAR NORMA ASUSILA DI KANTOR
Image result for asusila di kantor




21.BERSIKAP RAMAH TERHADAP REKAN KERJA DAN TAMU
22.KETIKA MENERIMA TELEPON UCAPKAN SALAM,NAMA,INSTITUSI DAN TANYKAN KEPERLUAN APA
23. JANGAN MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN DI RUANG KANTOR
24.JANGAN MEROKOK DI RUANGAN KANTOR
25.JAGA KEBERSIAHAN KANTOR
26.JANGAN MEMBAWA BARANG INVENTARIS KANTOR KE RUMAH
27.KEPERLUAN ATK SELALU DI INVENTALISIR AGAR TIDAK TERJADI KEHILANGAN
28.JANGAN MENDAHULUI PULANG SEBELUM WAKTU YANG DI TENTUKAN
29.MERAPIKAN BUKU/DOKUMEN/KANTOR SEBELUM PULANG KERJA
30.SEBELUM PULANG KANTOR,KONDISIKAN KANTOR DENGAN KEADAAN AMAN,BERSIH DAN RAPIH.




86 komentar:

  1. Dari penjelasan pada tulisan bapak di atas, kesemuanya merupakan bagian dari kehidupan sehari2 dan juga pada lingkungan kita bekerja.

    Apabila kesemuanya dapat dilaksanakan dengan baik dan ikhlas tanpa paksaan, tentunya secara tidak sadar akan timbul sikap positif yg terbangun pada siapapun yang melaksanakan.

    Sikap positif tersebut adalah :
    1) Disiplin waktu, sopan santun, luwes, jujur, bertanggung jawab dan rasa memiliki terhadap instansi dan lingkungan kantor.
    2) Mengerti dan paham bagaimana teknik komunikasi dan
    3) Mampu menghargai orang lain, loyal, terbiasa hidup rapi dan bersih.
    4) Mampu me-manage/mengatur waktu bekerja, istirahat dan pulang.
    5) Dan yang paling terakhir, bahwa semua itu merupakan rejeki, titipan, amanah dari Tuhan YME, oleh karenanya selalu bersyukur dan bermohonlah kepada-NYA.

    Kepada penulis dalam hal ini bapak Anton Charliyan, saya berterima kasih atas kesediannya berbagi ilmu dan pengalaman bapak kepada kami.

    Semoga Tuhan YME memberikan ganjaran yang berlimpah kepada bapak. Amin.

    Bripka Anita Rosalina.
    Polda D.I. Yogyakarta.

    BalasHapus
  2. Secara umum bagus bgt apabila benar2 diterapkan Pak, namun saya agak kurang sependapat dengan no. 12 "Jangan pulang sebelum pimpinan pulang" :)

    BalasHapus
  3. Mohon ijin Jendral memberi komentar,
    Dari Iptu Ni Wayan Muliati Polda Bali.

    Sebagai seorang pegawai seyogyanyamemiliki disiplin waktu, sopan santun, luwes, jujur dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas yang diberikan oleh pimpinan, sehingga tugas tersebut dapat selesai tepat waktu.



    BalasHapus
  4. Brigadir Novi Puspitosari, SH
    Polda jatim

    Etika bekerja kita tentunya harus berpakaian sopan /rapi , disesuaikan dengan lingkungan tempat kerja kita, dalam bekerja kita wajib melaksanakan kewajiban kita selalu disiplin, bertanggung jawab dalam pekerjaan, tidak bermalas-malasan dalam bekerja, saling menghargai bila berbicara selalu bertutur kata yang baik tidak menyinggung perasaan sesama rekan kerja, kolega maupun atasan, sebisa mungkin jangan sampai menunda-nunda pekerjaan dan apabila ada keperluan agar meminta ijin kepada atasan, jangan suka menggosip dan membicarakan kejelekan rekan kerja maupun kejelekan atasan, bersikap ramah terhadap rekan kerja maupun orang lain, selalu merapikan buku /dokumen/ kantor sebelum pulang kerja sehingga ketika meninggalkan kantor, kantor harus dalam keadaan rapi dan bersih

    BalasHapus
  5. Mohon ijin Jenderal untuk menanggapi
    Ipda Suyati - Polda Bali

    Saya setuju dari no 1 sd 30 etika bekerja tsb diatas, namun sy tertarik mengomentari etika bekerja yg no 30 karena menurut sy pada saat meninggalkan ruangan kerja semua peralatan apalagi dokumen harus rapi pada tempatnya dan ini HARUS menjadi kebiasaan. Dengan kebiasaan rapi pd saat meninggalkan ruangan kerja mempermudah untuk mencari alat atau dokumen sewaktu-waktu dibutuhkan, kebiasaan ini juga mencerminkan kepribadian seseorang.

    BalasHapus
  6. BRIPTU IGA DEWI NINGRAT
    POLDA BALI

    Tips etika dalam bekerja yang bapak tuliskan sangat bermanfaat dan menginspiratif saya. beberapa etika dalam bekerja yang bapak sampaikan tentunya harus diterapkan agar senantiasa menciptakan suasana kerja yang nyaman, dan kondosif, situasi kerja yang saling pengertian dan menimbulkan lingkungan kerja yang sehat. semoga polri dapat menerapkan etika kerja ini dengan baik.

    terimakasih

    BalasHapus
  7. Etika dapat diartikan sebagai moral, masyarakat sering mengaitkan moralitas dengan adat istiadat atau kebiasaan yang baik yang berlaku dalam masyarakat. Etiket berarti sopan santun, etiket bukan hanya digunakan dalam pergaulan saja, tetapi juga dapat dijadikan sebagai jalan untuk memuluskan hubungan dan melancarkan berbagai urusan. Dalam dunia kerja kita mengenal KODE ETIK yang merupakan suatu aturan permainan sebagai pedoman dalam menjalankan profesi, dimana didalamnya terdapat kaidah-kaidah standar moral yang sangat tinggi pada setiap profesi yang harus ditaati bersama....trimakasih Bapak Jendral artikel bapak sangat membantu kami ....Salam satu jiwa dari bumi aresma Bripka Dewi Fitria S.Psi (Arek Polres Malang - Polda Jatim )

    BalasHapus
  8. ``Selamat Malam Jendral,mhn ijin menambahkan dengan adanya etika maka manusia akan lebih dapat menghargai orang lain baik itu dalam lingkungan intern maupun ekstern. Untuk kemajuan global seperti ini etika bukanlah hal sepele lagi karena etika dapat menjadi salah satu penilaian citra baik buruk suatu perusahaan yang anda gunakan untuk bekerja.....oleh karena itu perusahaan-perusahaan biasanya menekankan pada karyawannya untuk menjaga sikap guna menjaga nama baik perusahaan tersebut....etika sendiri biasanya terbentuk dari pola kebiasaaan hidup manusia itu sendiri, akan tetapi lingkungan yang baik juga tidak dapat mendukung sepenuhnyabagi seorang individu untuk berkelakuan baik, karena pada dasarnya etika adalah kesadaran berperilaku sopan dari dalam diri sendiri.....(Aipda Heni Krisnawati - Polres Bondowoso Polda Jatim )

    BalasHapus
  9. IPDA NUR KOMALA ASIH POLDA JABAR

    Asslm. wr. wb...
    Etika dalam Bekerja yang Jenderal tuliskan pada prinsipnya saya sangat setuju sekali karena setiap kita akan, sedang dan setelah melakukan suatu pekerjaan di kantor seyogyanya kita harus mengetahui apa saja yang harus kita lakukan dan larangan dalam menghadapi suatu lingkungan pekerjaan di kantor. Dari tahapan awal kita berangkat berpakaian rapi, kemudian tidak lupa untuk selalu berdoa sebagai insan hamba Allah sampai pada saat tiba di kantor apa saja yang mesti dilakukan sampai dengan selesai melakukan pekerjaan. Insya Allah apabila setiap tahapan ini orang bisa melakukan dengan ikhlas tanpa paksaan maka tanpa disadari akan tercermin citra dan karakter yang positif pada diri orang tersebut, yang paham aturan/etika yang berlaku dalam bekerja. Semoga tulisan bapak ini pada umumnya bermanfaat bagi yang membaca dan khususnya saya sendiri untuk perbaikan yang akan datang, terimakasih... wasslm.wr.wb.









    BalasHapus
  10. Mohon ijin Jendral memberikan komentar
    Dari : IPDA ANIK SRI UTARIANI
    POLDA JATIM

    Secara umum etika merupakan nilai atau pemahaman yang mengatur tentang cara Sebagai seorang pegawai seyogyanya memiliki disiplin waktu, sopan santun, luwes, jujur, saling menghargai bila berbicara selalu bertutur kata yang baik tidak menyinggung perasaan sesama rekan kerja, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas yang diberikan oleh pimpinan, sehingga tugas dan tanggung jawab tersebut dapat diselesai tepat waktunya.

    Trimakasih

    BalasHapus
  11. Mohon ijin Jenderal...

    Yang pertama :Etika dapat diartikan sebagai moral, masyarakat sering mengaitkan suatu kebiasaan yang baik yang berlaku dalam masyarakat atau bisa diartikan Etika berarti sopan santun, bukan hanya digunakan dalam pergaulan saja akan tetapi dalam bekerja juga ada Etikanya, kami kurang sependapat sebagaimana point 12 yang berbunyi jangan pulang sebelum pimpinan pulang. Pendapat kami bahwa pimpinan itu mempunyai seni memimpin yang berbeda-beda dan pimpinan itu dituntut tanggung jawabnya akan lebih besar kepada pimpinan yang lebih tinggi, kami sebagai bawahan tentunya akan melaksanakan perintah pimpinan sesuai dengan Tupoksinya, akan tetapi apabila ada perintah yang harus dilaksanakan pada hari itu juga dan lebih dari jam kerja dengan iklas kami akan melaksanakan dengan penuh tanggung jawab, kemudian untuk keperjaan sehari-hari apabila pada saat itu juga sudah selesai kami akan melaporkan hasilnya dan mohon ijin kami mendahului.

    Yang kedua : Kami sangat berterimakasih dengan adanya Blog ini karena sangat berguna sekali sehingga bisa menanbah ilmu...

    BalasHapus
  12. Wong cilik ikut komentar

    Konsep etika bekerja yang tertulis di atas sangat baik bila mampu diimplementasikan terutama sekali pada organisasi/lembaga negara, sehingga kami berharap integritas para pekerja profesional demi kemajuan bangsa dan negara. Terkait dengan etika bekerja dalam blog tersebut kami sebagai masyarakat mengharapkan dapat diimplementasikan di organisasi Polri, sehingga ke depan akan kinerja kepolisian benar-benar profesional dan mampu melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.

    Terimakasih

    BalasHapus
  13. Dari : Ipda Sriyanti
    POLDA JATENG

    Dalam bekerja, seringkali kita tidak memperhatikan hal-hal kecil yang mungkin saja terlupakan ketika kita sedang beraktifitas di kantor. Namun sebenarnya, hal-hal tersebut dapat menjadi sangat berguna dan memberikan kesan positif jika kita bisa mengemasnya. Etika sendiri biasanya terbentuk dari pola kebiasaaan hidup manusia itu sendiri, akan tetapi lingkungan yang baik juga tidak dapat mendukung sepenuhnyabagi seorang individu untuk berkelakuan baik, karena pada dasarnya etika adalah kesadaran berperilaku sopan dari dalam diri sendiri.
    Dari Point 1 s/d no 30 saya sangat setuju pak.
    Semoga dari point-point tersebut bisa kita terapkan di lingkungan kerja kita.

    Terimakasih... :)

    BalasHapus
  14. IPDA RITA KURNIATI
    POLRES SIDOARJO POLDA JATIM

    Etika kerja bagi semua orang merupakan salah satu syarat dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Dengan memiliki etika yang baik memungkinkan seseorang mampu mengakomodir seluruh tugas dan pekerjaan yang dibebankan kepadanya baik dalam kapasitas sebagai pemimpin ataupun sebagai karyawan/bawahan/anggota pada sebuah organisasi/perusahaan tertentu.
    Etika bekerja yang baik dan benar merupakan syarat mencapai kesuksesan yang hakiki bagi semua orang, karena bekerja dengan etika berarti menghargai kinerja (hasil kerja) diri sendiri dan orang lain di lingkungan tempat kerja.

    BalasHapus
  15. Nama : Bripda Mentari Nurjanah/92060109
    Polda Metro Jaya

    Saya Setuju Jendral, jika semua memiliki sikap dan tanggung jawabnya masing-masing di lingkungan kantornya , jam kerja efektif akan membuat produk yg d hasilkan akan maksimal, namun dewasa ini kepedulian diri perihal jam kerja dan etika dalam bekerja masih sangat kurang, seharusnya masing-masing individu dapat mengintropeksi diri demi terciptanya suatu kondisi yang efektif, terimakasih jendral

    BalasHapus
  16. Etika Bekerja diatas patut kita lakukan dikantor masing masing. Sinergi pekerjaan, rekan kerja dan lingkungan adalah hal penting dalam ruang lingkup tempat kerja. Moto kerja di kesatuan saya adalah Datang, Bekerja dan Bermanfaat...Terima Kasih Jendral semoga setiap anggota Polri mampu beretika sehingga tujuan perubahan Polri yang dimulai dari diri sendiri dan hal yang paling kecil dapat tercapai...Aamiin...Jaya POLRI kita...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bripka Ina Rina
      Polrestabes Bandung
      POLDA JABAR

      Hapus
  17. IPDA KARTIKA PUJI RAHAYU
    POLRES CILEGON POLDA BANTEN

    Sangat setuju Jendral. Kita sebagai insan bhayangkara harus disiplin dalam bertugas dan bertanggung jawab dalam segala hal.

    BalasHapus
  18. AKP KETUT TONIATI
    POLDA JATIM

    AGAR PEKERJAAN KITA BERJALAN SESUAI HASIL YANG D HARAPKAN MAKA ETIKA DALAM BEKERJA HARUS D PERHATIKAN .. SEHINGGA DAPAT MENGHASILKAN HASIL YANG MAKSIMAL .... SEBAGAI ANGGOTA POLRI APABILA MEMAHAMI DAN MENERAPKAN ETIKA BEKERJA YANG TERSEBUT D ATAS .. MAKA OUTPUTNYA MASYARAKAT DAPAT MERASAKAN KEHADIRAN ANGGOTA POLRI ..

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Mohon Ijin Jendral
    Memang Etika dalam Bekerja banyak hal yang harus dipenuhi atau dilaksanakan sehingga membuat situasi dikantor dapat tercipta suasana yang kondusif baik antar teman maupun pimpinan. sebagai wujud menghargai diri sendiri maupun orang lain yang tercermin dari cara berpakaian, cara bergaul, cara menghargai orang lain sehingga dapat tercapai hasil kerja yang maksimal sesuai dengan yang diinginkan oleh pimpinan.
    Terima kasih.

    IPDA ENDANG FITRININGSIH, SH

    BalasHapus
  21. Mohon ijin jenderal ijin memberikan komentar mengenai etika dalam bekerja. pada dasarnya saya sangat setuju dengan perlunya menerapkan etika dalam bekerja. Namun untuk etika "tidak boleh pulang sebelum pimpinan pulang" saya kurang setuju. etika tersebut memang menunjukkan sikap loyalitas terhadap pimpinan dari anggotanya. Namun di era seperti sekarang ini dimana anggota sudah semakin kritis dan teknologi semakin canggih tentu hal tersebut akan menimbulkan kontra di kalangan anggota. dalam bekerja sudah terdapat aturan yang mengatur waktu kapan dimulai dan kapan berakhir. apabila seseorang telah menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu tentu anggota tersebut dapat mengakhiri kegiatannya di kantor. namun bukan berarti etika tersebut tidak dapat diterapkan, hanya saja sifatnya fleksible dengan catatan anggota harus sudah menyelesaikan pekerjaannya dan suda dilaporkan kepada pimpinannya. demikian jenderal sedikit komentar dari saya, Terima kasih
    IPDA NI WAYAN ADNYANI PRABAWATI, SIK
    POLDA BALI

    BalasHapus
  22. Kompol Argamuda, Kakorsis SPN Padang besi

    Terima kasih atas bimbingan Jendral. Alangkah indahnya pabila etika bekerja tersebut dapat terwujud dalam kehidupan keseharian di setiap satker di institusi polri. InsyaALLAH akan kami budayakan mulai dari lingkungan kerja staf korsis SPN Padang Besi. Amin

    BalasHapus
  23. Ijin jenderal saling menghargai baik itu kepada anggota maupun kepada atasan sehingga tercipta nya suasana kerja yang harmonis

    BalasHapus
  24. AKBP RICKSON SITUMORANG, SIK
    KAKORSIS SPN POLDA KALTIM

    ASS WR WB

    MOHON IJIN UNTUK MENYAMPAIKAN RASA SALUT KAMI ATAS BLOG JENDERAL YG TELAH DAPAT KAMI NIKMATI.

    ETIKA KERJA YG TELAH JENDERAL SAMPAIKAN SEBAGIAN BESAR SUDAH KAMI LAKSANAKAN DAN KAMI AMALKAN.

    SEDANGKAN UNTUK KAMI SELAIN MEMBERI SALAM KEPADA PIMPINAN DAN REKAN KERJA, KAMI SETIAP PAGI SENANTIASA MENYALAMI / BERJABAT TANGAN KEPADA SELURUH PERSONEL YG KAMI TEMUI TANPA TERKECUALI SAMBIL MENANYAKAN KABARNYA DAN MEMBERI SENYUMAN.

    SEMOGA BERMANFAAT MASUKAN KAMI UNTUK BLOG JENDERAL.


    BalasHapus
  25. Mohon ijin jendral...etika dalam bekerja tentunya punya korelasi yang baik antara pimpinan dan bawahan.. intinya saling menghargai.. apabila ada kesalahpahaman bisa didiskusikan dengan baik supaya terjalin dan terbina hubungan kerja yang baik juga harmonis... demikian jendral.. salam hormat saya

    BalasHapus
  26. BRIPDA HERAWATI KUSUMANINGSIH
    POLDA JATENG

    Mohon ijin jendral
    saya sangat setuju dengan point dari 1 s.d. 30. Memang etika tersebut sangat perlu untuk di terapkan dalam bekerja. apalagi kita sebagai insan bhayangkara yang menjadi pedoman atau publik figur dari masyarakat. Agar kita tidak di bilang "jarkoni (wani ngajar ora bisa nglakoni)" artinya hanya berani mengajarkan tapi tidak bisa prakteknya atau melakukan sendiri.
    mohon ijin, tapi ada sedikit masukan kepada jendral. Bahwa untuk etika bekerja yang point 24, bahwa larangan merokok didalam kantor itu perlunya sebuah aturan yang mengikat dan tindakan yang nyata. Dan lebih bagusnya dari pimpinan sendri membuat aturan yang baku dan jelas tertulis apa itu hukumannya bila melanggar,

    Apabila ada salah ucapan atau salah kata mohon maaf.
    terima kasih jendral atas informasinya tentang ETIKA.
    matur nuwun
    xie xie

    BalasHapus
  27. Bripda Tika Nur Pratiwi
    Polda Jatim

    Selamat malam,
    Mohon izin Jenderal untuk menyampaikan komentar tentang etika bekerja.
    Berbagai macam etika yang sudah tertulis di atas merupakan hal yang memang patut dilaksanakan setiap hari ketika bekerja. Saya setuju dengan hal-hal di atas. Ketika sudah diterapkan dengan ikhlas maka akan timbul rasa nyaman tersendiri bagi pekerjanya. Sebagian besar etika tersebut sudah saya terapkan dan rasa nyaman bekerja serta semangat tersendiri memang saya rasakan. Namun untuk etika no 26 saya kurang sependapat karena terkadang saya membawa beberapa buku/arsip kantor untuk saya pelajari di rumah.
    Demikian komentar saya..
    Terima kasih Jenderal .

    BalasHapus
  28. BRIPKA EEM TARMEN POLDA JABAR
    30 APRIL 2014 21,45
    Mohon Ijin Jendral
    Sangat setuju Jendral, Kita Sebagai Insan Bhayangkara harus disiplin dalam bertugas dan bertanggungjawab dalam segala hal, dan Loyalitas pada Pimpinan.

    BalasHapus
  29. Selmt mlm jjenderal..
    Sy KOMPOL WIDYAMUSTIKANINGRUM dr Polda DIY

    Sy sangat setuju bhw etika sangat diperlukan dlm hal apapun tetmasuk dlm bekerja. Krn apabila etika diterapkan oleh seluruh karyawan / anggota maka target / tujuan akan segera tercapai. Apalagi bila seluruh anggota / karyawan memegang teguh komitmen yg telah ditetapkan sebelumnya.

    Trm ksh. Selmt mlm

    BalasHapus
  30. Assalamualaikum ..
    Selamat malam Jendral ..

    Melihat dari semua penjabaran Jendral mengenai etika bekerja sangatlah bagus sekali untuk di terapkan dalam dunia kerja terutama untuk instansi Polri sendiri mengingat perilaku manusia yang dinilai baik dalam aktifitasnya akan menghasilkan "sesuatu" yg bermanfaat bagi dirinya maupun orglain..

    Etika berkomunikasi yang baik dalam bekerja terhadap atasan, bawahan maupun rekan kerja pun harus diaplikasikan di lingkungan kerja .. Tanpa disadari Hal-hal kecil yg menyangkut etika di kantor mungkin saja banyak terlupakan oleh kita tetapi Jendral dapat mengemas sedemikian rupa semuanya dgan baik dan sangat menarik utk dibaca dan dipahami..

    Terimakasih Jendral telah berbagi pengalaman dengan kami.. Sukses selalu Jendral . Amin

    Bripda Farhan Maulani N /92090024
    Polda Jawa Barat

    BalasHapus
  31. Aslm ...

    Mohon ijin jenderal sy sangat setuju dg artikel ini,alhamdulilah kita sebagai org yg beruntung memiliki pekerjaan seyogyanya dpt melaksanakan dg baik etika tsb, marilah kita tingkatkan kinerja kita sebagai bentuk rasa syukur kita krna menjadi insan bhayangkara

    Jaya selalu POLRI

    Semoga allah slalu melimpahkan karuniaNya kepada jenderal..sukses slalu jenderal

    Brigpol Helsa Nidiana / Polda Jabar


    BalasHapus
  32. IPDA RATU MINTARSIH
    SPN POLDA METRO JAYA

    Assalamualaikum, wr.wb
    Selamat malam Jendral, mohon izin. Saya akan mengomentari mengenai Etika bekerja.

    Etika merupakan hal yang sangat mendasar bagi manusia, merupakan sifat alamiah yang ada dan harus di terapkan dalam kehidupan sehari-hari yang merupakan moral yang yang tercermin dalam diri seseorang terhadap lingkungan sekitar. Setiap tingkah laku manusia harus sesuai dengan etika. Sebagaimana dijelaskan bahwa Etika dalam bekerja merupakan suatu keharusan bagi setiap orang. Mencakup beberapa poin yang sudah bpk jelaskan merupakan tata cara yang sederhana dan merupakan kebiasaan, namun jika tidak dilaksanakan dengan sebaik-baiknya maka akan menimbulkan permasalahan sosial yang dapat memicu suatu gejala negatif dalam dunia kerja. Maka dari itu kita sebagai warna negara yang baik dan taat pada peraturan sepatutnya, untuk selalu menerapkan pola Etika dalam Bekerja sebagaimana yang sudah dijelaskan dalam blog ini. Agar tercipta keselarasan, keseimbangan dan keteraturan dalam dunia kerja.

    Mohon maaf apabila ada kesalahan
    wassalamualaikum, wr.wb

    BalasHapus
  33. AKP CICIK DARWATI
    POLDA JATIM

    Etika bekerja : 1. Pakaian menyesuaikan lingk tempat kerja. 2. Berdoa sblm brkt. 3. Bersikap loyal ditempat kerja. 4. Disiplin dan tg jwb dlm pekerjaan. 5. Jgn menunda pekerjaan. 6. Minta ijin kpd atasan bl ada keperluan. 7. Ramah thd rekan kerja dan tamu. 8. Buang sampah pd tempatnya. 9. Jgn bw brg inventaris kantor ke rumah. 10. Jgn plg sbl jam tutup kantor. 11. Merapikan meja kerja sblm plg.

    Demikian terima kasih

    BalasHapus
  34. Mohon ijin jendral pentingnya etika bekerja agar terjalin komunikasi yg harmonis antar rekan dan pimpinan sehingga dapat menghasilkan kerja yg sesuai harapan pimpinb dari ipda juminten polda jateng

    BalasHapus
  35. Mohon izin jendral menanggapi kutipan di atas.
    saya AIPTU SAMINEM dari POLRES SIDOARJO JAWA TIMUR

    Kutipan di atas menurut saya sangat berguna bagi setiap individu, Dari poin2 diatas dapat disimpulkan bahwa etika dalam bekerja sangat penting, tidak hanya dalam organisasi POLRI namun di setiap pekerjaan. saya ingin menambahkan, etika dalam bekerja juga penting, tetapi jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan individu dengan berolahraga dan menjaga pola makan, sehingga setiap individu dapat bekerja secara maksimal dan tidak ada pekerjaan yang tertunda.

    BalasHapus
  36. AKP Ni Wayan Lasmini
    POLDA BALI

    Ijin komentar...

    30 tips etika bekerja yang sangat bermakna dan menginspirasi bagi kita semua. Alangkah baiknya kinerja kita jika tips ini mampu diterapkan sebagian dan lebih baik lagi jika kita mampu menerapkan keseluruhannya dengan komitmen yang tinggi. Tips Bekerja ini setidaknya dapat dijadokan pedoman kita sebagai pekerja baik sebagai atasan maupun bawahan sehingga mampu menciptakan kinerja yang baik dan keharmonisan kita dalam bekerja khususnya POLRI. Jayalah POLRI…

    BalasHapus
  37. Dari : Ipda Sri Mulyani, SH.
    Polres Mojokerto

    Mohon izin jendral, saya sangat setuju dengan posting jendral tentang etika bekerja. Dari ke-30 beretika kerja apabila diterapkan di dunia nyata maka kinerja bangsa indonesia akan lebih baik. Karena generasi penerus sekarang kurang memperhatikan atau bahkan menyepelekan etika bekerja tersebut. Terutama dalam hal waktu, karena waktu sangat berharga, ketika kita terlambat, kita akan kehilangan peluang besar dan merugi.
    Demikian komentar saya,
    Terimakasih Jendral.

    BalasHapus
  38. Ipda Ni Luh tiviasih,SH./ Polda Bali

    OM Swastyastu ......
    Selamat Malam Jendral.....

    Kami sebagai Anggota polri dalam hal ini cukup antusias menyimak seluruh penjabaran dari pada materi yang Jendral sampaikan mengenai secara garis besar dari pada Etika berkomunikasi yang baik , baik dalam bekerja pada institusi polri sendiri maupun dalam kalangan instansi terkait di harapkan betul-betul bisa diaplikasikan pada dimana posisi kita bekerja. dengan demikian kita bisa menjaga dan mengerti apa itu pengertian dan makna dari pada Etika itu sendiri,... dalam hal ini kami sungguh tertarik dan setuju agar setiap activitas selalu disesuaikan dengan norma dan etika yang menjadi kesepakatan kita dan dapat dijadikan norma atau aturan yang harus diterapkan dan dipatuhi oleh seluruh lapisan masyarakat...........

    BalasHapus
  39. Bripda Puji Endah Hartini
    Mako Korps Brimob
    94040548

    Mohon izin memberi pendapat Jenderal..
    Menurut saya dalam bekerja yang baik, selain harus mempunyai etika bekerja yang baik kepada pimpinan maupun bawahan, kita juga harus mempunyai tanggung jawab bekerja kepada Tuhan YME karena itu juga merupakan tanggung jawab moral dalam bekerja yang harus dan mutlak dipenuhi dan dilakukan..

    Demikian pendapat saya Jenderal..
    Terima kasih untuk kesempatannya Jenderal

    BalasHapus
  40. Asalamu alaikum wr wb
    Selamat malam jenderal,
    pertama-tama kami ucapkan selamat dan ucapan apresiasi dari kami atas pencerahan jenderal dalam penulisan aplikatif ttg "Etika Bekerja"
    Sesungguhnya juga scr aplikatif tdk dapat kami bayangkan apabila dlm bekerja "Tidak Memiliki Etika Bekerja", sdh pasti tdk akan optimal atau bahkan dalam satu hari bekerja walau mungkin sdh lelah seharian bekerja tdk akan menghasilkan manfaat apapun baik bagi diri sendiri maupun org lain
    Kedua, ijinkan juga kami sedikit berpendapat dalam "Etika Bekerja" kami pada prinsipnya setuju pada 30 aplikatif diatas, namun ada satu hal tdk dlm bagian yg ke 30 hal tsb tetapi sangat mempengaruhi dan terkait, yaitu masalah Rewards dan Punishment, scr terkhususkan lagi adalah scr manusiawi ttg Rewards sbg motivasi Etika Bekerja tanpa abaikan punishment
    Itu saja jenderal komentar kami dan besar harapan kami thd perubahan menuju yg lbh baik, tks Jenderal
    "Yakinlah Hari Ini Lebih Baik Dari Hari Kemaren, dan Hari Esok Kami Ukir Prestasi yg lebih Baik melalui pekerjaan Kami Hari Ini"

    AKBP TRUNOYUDO
    Kakorsis SPN Polda Jabar

    BalasHapus
  41. Saya mengungkapkan penghargaan dan salut setinggi-tingginya kepada Jenderal dan anggota Polri lainnya yang sudah mau berbagi tentang hal positif dan bermanfaat baik kepada generasi muda Polri maupun masyarakat umum melalui media blog di sela kesibukan Jenderal yang pastinya sangat padat. Semoga saya secara pribadi yang masih muda ini semakin termotivasi juga untuk bisa berbagi dan memberikan sesuatu yang bermanfaat kepada orang lain.

    Terimakasih atas sharing ilmu tentang etika bekerja di kantor ini Jenderal, dan pastinya akan selalu kami ingat dan kami terapkan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari di kantor.

    Salam hormat, Rahmaningtyas - Polda Jawa Tengah.

    BalasHapus
  42. Ass.wr.wb.
    Etika bekerja secara keseluruhan sangat bagus apabila dilaksanakan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, khususnya untuk diri saya pribadi.
    Wass.
    Iptu nani kusmayati polda jabar

    BalasHapus
  43. Asalamu alaikum wr wb
    Selamat malam jenderal,
    mohon ijin Jendral, saya sangat setuju sekali mengenai konsep etika bekerja yang tersusun sangat bagus dan sangat cocok sekali apabila diterapkan dilingkungan lembaga negara khususnya Polri, Terkait dengan tata cara/etika bekerja dalam blog tersebut diatas kami mengharapkan dapatnya segera diimplementasikan sehingga ke depan kinerja Polri benar-benar profesional dan mampu melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat sesuai dengan harapan masyarakat.

    Wassalamualaikum.wr.wb.

    Hormat kami, Ipda Mei Sri Rahayu - Polda Jatim

    BalasHapus
  44. Assalamualaikum, wr, wb.

    Selamat malam Jendral,
    Mohon ijin menanggapi,
    Saya sangat setuju dan mendukung kutipan Jendral di atas. Dari point 1 sampai dengan 30 memang sudah menjadi hal yang wajib kita lakukan sebagai bagian dari sebuah organisasi/instalasi. Karena Etika itu sendiri adalah suatu sikap dan perilaku yang menunjukkan kesediaan dan kesanggupan seseorang secara sadar untuk mentaati ketentuan dan norma kehidupan yang berlaku dalam suatu kelompok masyarakat atau sebuah organisasi/instalasi. Etika organisasi menekankan perlunya seperangkat nilai yang dilaksanakan oleh setiap anggota organisasi/instalasi, nilai tersebut berkaitan dengan pengaturan tentang bagaimana seharusnya bersikap dan berperilaku dengan baik. Sikap dan perilaku yang baik dalam organisasi/instalasi dapat kita capai dengan melaksanakan point 1 sampai dengan 30.
    Terima kasih.
    Wassalamualaikum, wr, wb.

    Salam hormat,
    Aiptu Endarwati - Polda Jawa Timur

    BalasHapus
  45. AKP. Deddy Herman, sik.

    Ijin jendral, etika bekerja sangat bagus dan mudah2an dapat dilaksanakan oleh seluruh pers Polri.. Agar Polri makin jaya... Amin!!!

    BalasHapus
  46. AKP. Deddy Herman, sik.

    Ijin jendral, etika bekerja sangat bagus jika dapat diterapkan dan dilaksanakan oleh seluruh pers Polri,, dan semoga polri makin jaya... Amin!!!

    BalasHapus
  47. Mohon ijin jendral mengomentari masalah etika bekerja pada dasarnya saya sangat setuju dan sangat bermanfaat bagi kami karena Etika kerja merupakan sistem nilai atau norma yang digunakan oleh seluruh anggota , termasuk pimpinannya dalam pelaksanaan kerja sehari-hari. dengan etika kerja yang baik akan memiliki dan mengamalkan nilai-nilai, yakni : , kejujuran, keterbukaan, loyalitas , kerja sama yang baik, disiplin, dan bertanggung jawab. Sekian dan terima kasih (Bripka kania dewi polrestabes bdg polda jabar )

    BalasHapus
  48. Assalamualaikum ,,
    Izin jendral, seperti kita ketahui bersama bahwa kita telah belajar etika atau etiket dari orang tua kita. Namun dlm kesempatan ini sebelumnya saya menghaturkan terimakasih yg sedlm2nya atas artikel jendral yang lebih memberikan apresiasi etika dalam lingkungan kerja yang lebih spesifik namun ada satu point dari sekian yang saya kurang setuju *jangan pulang sebelum pimpinan pulang* bagaimana posisinya jika pimpinan tidur di kantor apakah kita juga ikut tidur di kantor tanpa menghiraukan keluarga ??
    Izin jendral terimakasih untuk bimbingan dan arahannya selama pelatihan di sepolwan mudah2an dari sekian point dapat di aplikasikan dalam kehidupan sehari2, insya allah tujuan perubahan dalam tubuh polri akan tercapai amin ya rabb Smoga polri makin di percaya masy

    Hormat saya,
    Brigadir Afifah
    pengiriman Polda jabar

    BalasHapus
  49. BRIPKA YULi POLDA BANTEN mohon ijin jenderal pada dasarnya saya sangat setuju ϑαn sangat bermanfaat bagi kami sebagai bawahan ϑαn menambah wawasan bagi kami..trima kasih jenderal

    BalasHapus
  50. Brigadir Erni Puspitasari,SH Polda DIY Mhn ijin Jendral saya ingin mengomentari ttg bagaimana etika bekerja seyogyanya dlm bekerja ĸϊтα didasarkan atas keiklasan ϑαn tdk berorientasi apapun sehingga dimanapun ĸϊтα ditempatkan αƙαn mudah menyesuaikan ϑğn lingkungan

    BalasHapus
  51. IPDA ENI NURLINASARI PÓLDA DIY
    Ijin Jenderal saya αƙαn mengomentari "Etika Bekerja" dalam bekerja ĸϊтα harus berpedoman pada etika tersebut sehingga dalam bekerja ĸϊтα dapat mempunyai suasana nyaman Йήτΰκ mencapai tujuan organisasi ϑαn dapat menghasilkan output yαnƍ sesuai dengan sasaran strategis Ɣªήğ telah ditentukan oleh organisasi. Dengan mengimplementasikan etika dalam bekerja ĸϊтα αƙαn dapat bekerja dengan baik. Trimakasih jenderal telah memberikan kesempatan pada kami.

    BalasHapus
  52. Mhn ijin kami sangat setuju dengan tulisan jendral semoga ini bs diterapkan di lapangan sehingga perubahan di tubuh polri benar benar terwujud. Bukan hanya sebuah harapan semata

    BalasHapus
  53. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  54. Etika bekerja sangst bagus, seandsinya dilaksanakan oleh semua pegawai akan menciptakan suasana kerja yg nyaman dilingkungan kerja dan akan tercapai target yg diinginkan , Ipda Neny Polda DIY.

    BalasHapus
  55. Dari point tsb diatas (kecuali point 12) saya sangat setuju dengan pemikiran bapak. Menurut hemat saya Perlu adanya peningkatan pemahaman tentang etika bekerja bagi seluruh anggota Polri dalam pelaksanaan tugasnya di lapangan sehingga tidak adanya lagi oknum polisi yang bertindak tidak sesuai etika dan moral, dalam rangka tercapainya keselarasan dan keseimbangan dengan paradigma baru Polri yang menjadi dambaan masyarakat pada umumnya. Keberhasilan Polri tentunya tidak semata-mata dengan keberhasilan menegakkan hukum semata tetapi juga diiringi dengan perubahan etika bekerja, kultur dan budaya Polri yang sangat dominan pada perbaikan citra Polri ke depan. Terima kasih dan mohon maaf apa bila terdapat kekeliruan, hormat saya... Akp Cinthya Dewi Sik

    BalasHapus
  56. Kompol RISHIAN KRISNA B.SH,SIK, MH (kakorsis spn polda banten)
    Etika....adalah hal yang primodial dan fundamental dalam semua dimensinya bagi kehidupan makhluk yang bernama manusia, ketika etika menjadi roh yang tak terpisahkan dlm setiap pribadi manusia baik aspek habluminannas (hub manusia dgn manusia) maupun habluminallah (hub manusia dgn sang khalik), maka saat itulah menusia tersebut telah menjadi pribadi yang luarbiasa...insyaallah, demikian Jenderal pendapat kami

    BalasHapus
  57. AKP CICIK DARWATI
    POLDA JATIM
    Judul ETIKA KERJA (BERPAKAIAN RAPI DAN PAKAIAN MENYESUAIKAN LINGK TEMPAT KERJA. 1. Mslh besakaian memang sangat penting baik oleh wanita maupun pria dlm berpenampilan. 2. Mslh besakaian dlm bekerja tdk bs disepelekan krn hrs melihat : a. Aturan yg sdh ditetapkan ditmpt kerja baik warna, model dan panjang/pendek rok bawah (bl wanita di hrskan pakai rok bawah). b. Disesuaikan dg ukuran tubuh tdk ketat dan jg tdk terlalu longgar tp pas dan nyaman. c. Tdk blh berpakaian lain selain yg ditentukan dg kata lain hrs seragam. d. Jenis kain hrs sesuai dg ketentuan jgn diganti yg tipis (unt atasan)biar kl dipakai tdk kelihatan kulitnya. e. Mulai datang smp plg kerja pakaian hrs tetap sll rapi. f. Yg lbh penting dlm bekerja hrs bs menyesuaikan dg lingk kerja dlm berpakaian jgn sok berpenampilan artis. Dan menimbulkan kecemburuan di ling kerja.

    Demikian terima kasih

    BalasHapus
  58. Assalamualaikum
    ijin Jendral
    Mohon ijin untuk mengomentari

    Nama: Bripda SINDI IKA RAHMAWATI
    POLDA METRO JAYA

    Etika dalam bekerja
    Sya sangat setuju dengan macam2 etika yang ada
    saya terpaku pada no 2 yaitu Etika Berdoa sebelum berangkat bekerja
    sebagai umat beragama doa yang kita panjatkan setiap pagi sebelum berangkat bekerja menjadikan segala sesuatunya bernilai ibadah.
    Doa itu sangat sederhana. Tetapi implikasinya erat sekali dengan makna. Orang yang mengawali kerjanya dengan doa, tidak pelit untuk mengerahkan semua daya dirinya. Orang yang berdoa sebelum bekerja berani menunjukkan yang terbaik dari dirinya. Mereka melakukan itu; melainkan dia sedang menyenangkan Tuhannya. Maka, mari dari sekarang kita belajar memulai pekerjaan dengan doa. Sebelum melangkahkan kaki ke tempat kerja, berdoalah. Maka pekerjaan kita hari itu, akan bernilai ibadah.
    Doa menjadikan pekerjaan kita bernilai ibadah. Doa menghalangi kita dari perbuatan tercela. Doa melindungi kita dari rasa kecewa
    cukup sekian
    Terimakasih
    Salam Hormat
    waalaikumsalam wr.wb

    BalasHapus
  59. Mohon ijin bapak saya sangat setuju dengan etilka bekerja poin 8 ttg saat masuk kantor selalu ucapkan salam diterapkan dikepolisian

    Akbp winarto sik , polda jateng

    BalasHapus
  60. Ijin Jenderal,

    AKP Diana Rotua Silaen, SE

    Selama ini kita melihat bekerja sebagai rutinitas saja, Membaca artikel ini makin menambah wawasan dan sikap saya Bekerja dengan Memperhatikan Etika yang ada, sehingga sebagai manusia dalam kehidupannya makin Baik dan makin menuju kepada tingginya peradaban.
    Terimakasih
    Salam Hormat

    AKP Diana Rotua Silaen

    BalasHapus
  61. AKBP DEWA PT ARTHA
    KAKORSIS SPN SINGARAJA..
    IJIN JENDERAL...dari semua etika yg telah kami baca di blog Jenderal...etika di Tempat kerja sangat menarik sekali...dari ke 30 etika itu semua merupakan sebuah pegangan dan masukan yg harus kita laksanakan sebagai atasan dan bawahan...dan yang paling penting dalam semua kegiatan yg kita ambil di tempat kerja adalah Rasa saling menghormati dan menghargai karna sikap itu sangat menentukan hasil kerja kita dan tingkat kesuksenan kita dalam melaksanakan tugas semua bermuara kembali dari sikap kita dalam menghargai dan menghormati dalam setiap pekerjaan dan tugas yg kita lakukan...

    semoga masukan ini dapat di laksnakan dan sll dinjadikan motivasi bagi semua rekan2 kita dalam bekerja...tiada hasil yg maksimal dan sebuah kebanggaan bila kita bekerja tidak .di hargai dan tidak di hormati...
    Demikian Pendapat kami jenderal semoga menjadi salah satu motivasi yg lebih membangkitkan kembali disiplin kita semua.

    salam Hormat Kami

    BalasHapus
  62. Selamat siang
    Mohon ijin Jendral
    Dalam suatu pekerjaan dibutuhkan kerjasama yang baik dan saling memberikan ide dengan karakter yang ada sehingga dapat menghasilkan hasil yang maksimal.
    Semoga Langkah dan Upaya kita selalu di Ridhoi ALLAH SWT, Amin
    Sukses selalu Jendral...
    (BRIPTU ELA KOMARIAH/POLDA JATIM)

    BalasHapus
  63. Selamat siang bpk mohon ijin mengomentasi etika didalam bekerja. Terkadang kita sbg anggota polri kurang memahami etika dalam bekerja sehingga ssetiap personil polri dalam melaksanakan tugasnya harus berpedoman pd etika dalam bekerja smg dg kita memahami etika bekerja dpt meningkatkan produktifitas kerja guna menaingkatkan citra polri yg baik dan dipercaya masyarakat
    Bripka sunarti polda jatim

    BalasHapus
  64. Selamat Siang.
    Mohon ijin Jenderal, untuk mengomentari tentang Etika Bekerja.

    Dalam dunia kerja, setiap pekerja harus memiliki etika. Hal tersebut memiliki nilai yang penting dalam dunia kerja. Jika para karyawan ataupun orang yang bekerja di sebuah instansi tidak memiliki etika, maka orang tersebut akan diperlakukan berbeda. Dengan adanya etika kerja yang baik akan menciptakan suasana yang kondusif dan menyenangkan dalam dunia kerja.

    Etika kerja merupakan hal yang terlihat sepele, namun dalam implementasinya etika kerja sangat berpengaruh pada efektivitas dan efisiensi untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dengan adanya etika kerja yang baik, akan tercipta kepercayaan diri yang tinggi dan komunikasi yang baik. Dalam melaksanakan etika kerja itu sendiri, kita harus memperhatikan sikap, dandanan pakaian yang sesuai maupun tata cara yang ada.

    Etika kerja di setiap tempat kerja mungkin saja berbeda, oleh karena itu setiap karyawan harus bisa beradaptasi sesuai dengan ketentuan yang ada. Dengan adanya etika kerja ini, karyawan akan terdorong untuk bertingkah laku sebagai seorang profesional.

    Demikian pula kita sebagai Anggota POLRI, dengan penerapan Etika Bekerja yang baik maka pencapaian akan efektivitas dan efisiensi untuk meningkatkan kinerja POLRI akan berbanding lurus dengan output yang maksimal.
    Amin.

    Demikian & Terima Kasih.

    Salam Hormat,

    IPDA YUKE
    POLDA BANTEN

    BalasHapus
  65. Endah Puji / POLDA JATENG

    Mohon ijin Jendral,
    Etika atau sopan santun yang baik dikantor akan membawa perilaku yang baik juga dalam diri kita sehari - hari dikantor, hal ini pasti akan membawa dampak positif didalam institusi Polri, pencitraan Polri akan semakin dipandang baik oleh masyarakat karena perilaku baik kita, seperti pepatah jawa mengatakan ajining diri gumatung ing lati, ajining raga gumatung ing busono(baiknya harga diri tergantung bagaimana kita berucap dan bertingkah laku, baiknya raga/badan tergantung bagaimana cara kita berpakaian)

    BalasHapus
  66. Selamat sore,ijin jendral
    Umtik mencapai hasilnyang maksimal dlam suaru pekerjaan memangbharus di landasi dgan kedisiplinan,keuleten,kesabaran yg tinggi dan d dukung dgan situasi dan kondisi lingkungan yang damai.terimakasih jendral

    IPDA SUWARNI

    BalasHapus
  67. Selamat sore, mohon ijin jendral
    Memberikan tanggapan tentang Etika dalam bekerja, etika dalam bekerja wajib dilakukan oleh semua anggota polri untuk meningkatkan kualitas bekerja untuk hasil yang maksimal dan itu harus dilakukan dari diri sendiri. Terima kasih jendral

    Brigadir Vita Zatziah
    Polda Jatim

    BalasHapus
  68. Mohon ijin Jenderal. Mohon ijin menambah kan utk point No. 29 ttg "MERAPIKAN BUKU / DOKUMEN KANTOR SEBELUM PULANG KERJA ".
    Setelah merapikan semua buku / dokumen, sebelum kita meninggalkan ruangan. Sebaiknya kita juga mencabut kabel listrik komputer / peralatan kantor yang lain yang menggunakan aliran listrik, mematikan AC, lampu ruangan, dll. Selain utk penghematan listrik & jg sbg antisipasi konsleting listrik.
    Terima kasih Jenderal.
    Bripka Gestik Ayudha N,SH.
    Polres Ponorogo, Polda Jatim.

    BalasHapus
  69. Siap Jendral, utk mencapai kesuksesan butuh disiplin dan perjuangan yg keras. Trimakasih pencerahannya Jendral. AKP Masdawati Saragih. JATIM.

    BalasHapus
  70. ETIKA....
    5 huruf yang terangkai dalam 1 kata....
    alangkah indahnya negeri ini...bila rakyatnya memiliki kepribadian seperti itu
    alangkah tentram dan damainya negeri ini...bila bangsanya menerapkan dalam kehidupan sehari-hari....sungguh luar biasa.
    akankah kita sanggup melaksanakannya....
    "WAJIB"
    Tugas POLRI tidaklah ringan. Mengawali dengan senyum sebagai perwujudan pelayanan prima kepada masyarakat. Tentunya senyum yang tulus dari dalam hati.
    Kita memiliki 2 mata untuk melihat....
    Kita memiliki 2 telinga untuk mendengar...
    Namun kita hanya memiliki 1 hati untuk berbagi...
    Berbagi dalam kebaikan.....
    Diawali dari diri sendiri menuju Indonesia yang lebih baik....
    Tersenyum adalah salah satu perwujudan ETIKA kita dalam bergaul....

    Mohon Ijin Jendral

    BRIPKA ANITA TRI KD
    BIRO OPERASI POLDA JATIM

    BalasHapus
  71. Mohon ijin jenderal, kami sangat sependapat dengan semua yang jenderal tulis di artikel ETIKA BEKERJA, dan sudah seharusnya diterapkan di lingkungan kerja khususnya di institusi POLRI yang sangat kita cintai dan banggakan ini.sebagai insan bhayangkara kita harus melaksanakan tugas dengan disiplin dan penuh rasa tanggung jawab.mohon maaf jenderal untuk poin no.12 kami kurang sependapat. Mohon Ijin sedikit menambahkan,menurut kami apabila pekerjaan kita sudah selesai dan sudah tiba waktunya untuk pulang, tidak ada salahnya kalo kita mendahului untuk pulang. Tentunya mohon ijin atau menyampaikan kepada atasan/pimpinan kita.demikian jenderal...Jayalah POLRI...Terima kasih

    BRIPKA IDA SETIAWATI_POLDA JATIM

    BalasHapus
  72. Selamat Pagi Mohon Ijin Jendral
    Etika profesional harus dijunjung tinggi... Seseorang akan mudah terjerumus dalam pelanggaran yang akan mendatangkan penyesalan di kemudian hari.Etika dalam bekerja di Lembaga Kepolisian sangat penting sesuai dengan cita - cita Kepolisian yang modern dan profesional. Setelah saya membaca artikel yang dibuat oleh Jendral saya termotivasi dan menambah wawasan tentang etika bekerja di dalam lembaga kepolisian.Terima Kasih Jendral.

    KOMPOL SULISTIYONO, S.Pd
    KAKORSIS SPN SELOPAMIORO POLDA DIY

    BalasHapus
  73. Selamat malam Jenderal, subhanallah... Salut luar biasa dan terimakasih Jenderal untuk publisitas yang berkaitan dengan ETIKA, .. Mhn ijin kami pernah mendapatkan pencerahan dari para sesepuh mobrig dulu ttg etika... Sungguh merupakan kekuatan yang luar biasa ketika ETIKA itu tetap terpancang dalam jauh di dalam jiwa insan bhayangkara. Namun saat ini sayang di sayang tiang pancang sudah kropos. Semerbak etika sudah menguap terkontaminasi dengan globalisasi... Mhn ijin menurut kami hanyalah satu permasalahannya yaitu konsistensi,.. Konsistensi dari semua elemen individu bhayangkara itu sebdiri, jadi mhn ijin bila kekonsistenan itu ada maka semerbak harum etika itupun akan teraroma ke seluruh jengkal tanah ibu pertiwi ini, mhn ijin jenderal mohon maaf bila komentar saya ini agak puitis yang mengandung kias, sebab namun etika sungguhlah bersamudra bila di jabarkan dan kami salut, salut dan salut tertuju pada Jenderal, terimakasih selamat malam assallammu'alaikum
    Hormat kami, AKBP Rantau

    BalasHapus
  74. Selamat Pagi, Mohon Ijin Jenderal......

    Etika Bekerja sangat penting untuk diterapkan mengingat apabila kita berpedoman pada etika bekerja maka target pekerjaan yang menjadi beban kita dapat terselesaikan sesuai dengan target yang sudah direncanakan dan tidak ada pekerjaan yang sia - sia.

    IPDA SRI ANDAYANI
    POLDA JATIM

    BalasHapus
  75. سْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
    Assallammu'alaikum wr wb.

    Mohon ijin jenderal. . . Suasana kerja yang nyaman dan harmonis akan tercipta ketika Etika bekerja dilaksanakan dengan baik, hal ini sungguh luar biasa . .berbicara tentang etika bekerja, dalam blog ini apakah mungkin terlaksana? Kita kembalikan semua pada diri sendiri. . . tri brata dan catur prasetya yang jika di jumlahkan ada 7 butir yang telah di rumuskan para senior ada kalanya tidak terlaksana. . . Terimakasih banyak jenderal dengan adanya blog sebagai alat penyampaian yang sangat efektif bagi kita semua. . Semoga hal ini bukan hanya menjadi renungan saja akan tetapi bisa terlaksana dengan baik dimulai dari KITA. . . Termakasih selamat malam
    assallammu'alaikum . .

    Iptu dayat
    kasubag minsis SPN jayapura

    Dormoooooooom......!!!

    BalasHapus
  76. Briptu sinta rahayu.polda jabar mohon ijin jendral etika dalam tempat kerja utk tidak pulang duluan sebelum atasan atau pimpinan blm meninggalkn tempat krj trimakasih jendral

    BalasHapus
  77. Ipda Ni Ketut Suarningsih Polres Kediri Polda Jatim

    ijin mrngomentari etika dalam bekerja merupakan satu hal yang sangat penting karena etika seseorang ketika bekerja akan mencerminkan kepribadian orang tersebut sebagai karyawan. Untuk mencapai hasil yang baik dalam bekerja kita harud berpenampilan yg rapi,datang tepat waktu, tidak menunda pekerjaan dan pulang dengan meninggalkan kantor dalam keadaan rapi. Di samping itu dalam bertutur kata dengan rekan maupun atasan sangat penting dalam beretika untuk mencapai hasil yang maksimal. Demikian

    BalasHapus
  78. Ipda Rini Ifo Nila Krisna
    Polda Jatim

    Assalammualaikum...Wr..Wb..

    etika tidak lain adalah suatu aturan tentang perilaku, adat kebiasaan manusia dalam pergaulan antar sesama dan menegaskan mana yang benar dan mana yang buruk. Kita bisa membayangkan apabila didalam suatu masyarakat ataupun organisasi tidak ada aturan pastilah yang terjadi adalah kekacauan.

    Oleh sebab itu etika sangat diperlukan dalam segala hal tidak terkecuali dalam bekerja. Etika kita ibaratkan rambu-rambu yang harus kita taati sehingga nantinya diharapkan apa yang menjadi tujuan akan dapat dicapai.

    Konsep Etika bekerja no 1-30 seperti yang tertulis diatas menurut saya sangat EXCELENT apabila nantinya bisa diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas di kepolisian karena memang begitulah seharusnya kita bekerja. Apabila kita bekerja dengan baik, benar dan ikhlas itu adalah salah satu bentuk ibadah kita.

    Akan tetapi untuk kondisi saat ini tidak bisa murni diterapkan karena etika tersebut terbentuk dari pola kebiasaan masing-masing individu sehingga apabila ingin merubahnya tidak bisa dengan sekejap mata atau serta merta. Semua itu tergantung dari diri masing-masing individu apabila ingin berubah. Jadi menurut saya sangatlah tepat isi syair dari lagu INGIN BERUBAH.....dimana perubahan itu dimulai dari diri sendiri dan dimulai dari hal yang paling kecil. Karena kadang kala kita meremehkan hal-hal yang kecil yang apabila kita biarkan akan menjadi besar. Dari hal yang kecil itulah kita bisa melihat bahwa individu itu mau melakukan suatu perubahan terhadap dirinya. Sehingga nantinya kita akan bisa mengarahkan ke hal hal yang lebih baik yang imbasnya akan bermuara kepada peningkatan kinerja kita. Dengan adanya peningkatan kinerja itu insya allah rencana yang telah ditentukan akan segera terwujud.

    Dan menurut saya para pimpinan hendaknya tak henti2nya memberikan pencerahan kepada anggotanya jangan sampai terjadi pembiaran. Sehingga dengan demikian akan segera timbul kesadaran dari para anggota kalau memang begitulah cara bekerja yang baik. Diibaratkan Batu kalau terus menerus ditetesi air pasti akan berlubang juga.....

    Mohon maaf jenderal apabila ada kata2 yang kurang berkenan...semoga jenderal tak henti hentinya memberikan pencerahan melalui Blog ini demi kemajuan Polri tercinta ini....

    BalasHapus
  79. Ipda Ni Wayan Kari Astiti
    Polda Metro Jaya

    Mohon Ijin untuk Mengomentari Jenderal
    Dengan adanya Etika dalam bekerja membuat kita lebih teratur dan terarah sesuai norma-norma yang berlaku. Tanpa adanya etika dan peraturan2 yang dibuat sangatlah sulit untuk mencapai tujuan2 kerja yang telah ditargetkan oleh Atasan.

    BalasHapus
  80. Mohon ijin jendral....

    memang bener jendral kalo kt dlm bekerja ga ada senyum maka suasana kantor tdk akan nyaman krn hari2nya di hiasi dengan cemberut

    dari aiptu suparmi polda jatim

    BalasHapus
  81. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  82. MILA ARIMBI - POLDA JATIM

    Mohon ijin Jenderal...
    Saya berterimakasih atas poin-poin ETIKA dalam bekerja tersebut di atas sehingga saya dapat lebih mengetahui tentang Etika dalam bekerja di lingkungan Polri. agar saya sebagai anggota Polri yang notabenenya adalah seorang bawahan maka saya harus mengimplementasikan Etika tersebut dalam bekerja.
    Terimakasi....

    BalasHapus
  83. Brigadir ellyzarti F Polda Jatim

    Mohon ijin Jenderal
    Bekerja harus ikhlas
    Bekerja adalah ibadah
    Sebagai Polri kita seharusnya bekerja dengan sungguh-sungguh demi terwujudnya situasi kamtibmas yang kondusif serta tugas pokok kita sebagai pelindung,pengayom dan pelayan masyarakat dapat terwujud.
    Terima kasih

    BalasHapus
  84. IPDA BUDI WIJAYANTI, SH
    POLDA METROJAYA

    Mohon ijin menambahkan Jenderal,
    Semua yang disampaikan diatas memang benar itulah yang semestinya kita lakukan dalam Etika Bekerja. Untuk dapatnya juga Selalu Jaga Sikap Baik kita kepada sesama rekan kerja, agar selalu tercipta suasana yg humanis, kekeluargaan, dan toleransi didalam lingkungan kerja sehingga akan dicapai hasil kerja kita yang paling bagus/maksimal, tepat waktu sesuai yang direncanakan. Trimakasih..

    BalasHapus
  85. Ipda Resi Ratuleni PMJ.
    Mohon Ijin Jenderal, kami mengomentari ttg etika dalam bekerja untuk mendapatkan hasil kerja kita yang maksimal, semua pekerjaan yang diberikan kepada kita harus kita kerjakan dengan senang hati dan ikhlas, yang dapat berpedoman kepada norma-norma yang berlaku dlam kehidupan kita atau lingkungan kerja kita sehingga tercipta suasana kerja yang enak dan nyaman.

    BalasHapus