Senin, 27 Januari 2014

ETIKA PERGAULAN


UNTUK PRIA & WANITA

1. SALING MENJAGA PANDANGAN SATU SAMA LAIN





2. HATI-HATI JANGAN SAMPAI SALING MEMPERLIHATKAN AURAT
Image result for wanita cabe cabean




3. TIDAK SALING MEMANDANG DENGAN NAFSU (AN-NUUR 30-31)
 



4.   BILA BERTEMU DENGAN LAWAN JENIS TIDAK HANYA BERDUAAN, SEBAIKNYA DISERTAI ORANG KETIGA/MUHRIM 




5. TIDAK BERDUA-DUAAN DITEMPAT SEPI APALAGI DIDALAM KAMAR (HR. BUKHARI)
 Image result for berduaan di tempat sepi



6. TIDAK BERBICARA SALING BERBISIK DITEMPAT UMUM (AL-AZHAB 32 TAFSIR ILMU KATHIR 3/350)




7. TIDAK SALING MENYENTUH SATU SAMA LAIN YANG DAPAT MENIMBULKAN NAFSU/KURANG HORMAT (Ash Shohihah 1/44-Al Isra 32)





8. TIDAK MEMANCING PASANGAN ORANG LAIN UNTUK MENARIK HATI/MENARIK SIMPATI APALAGI MEMBUKA HATI (Al-Azhab 32)





9. BAGI YG BERAGAMA MUSLIM BILA ADA PERTEMUAN ANTARA PRIA & WANITA SEBAIKNYA ADA PEMBATAS (Al-Azhab 53)
Image result for pembatas wanita pria


10. BILA ADA TAMU YANG DATANG SEBAIKNYA SEGERA BUKAKAN PINTU & TARIK KURSI UNTUK DUDUK

Image result for buka pintu ada tamu


11. MELINDUNGI KETIKA BERJALAN, POSISI DIDALAM, DIKIRI TIDAK DITENGAH (Al-Qisos 25)




12. JANGAN MEMAKAI PERHIASAN YANG BERLEBIHAN, APALAGI BAGI SEORANG PRIA TIDAK BOLEH MEMAKAI PERHIASAN PAKAIAN/PERHIASAN SEPERTI WANITA/SEBALIKNYA (An-Nur 31)
UNTUK PRIA & WANITA











 13. LAKI-LAKI DILARANG BERJALAN DUDUK DIANTARA DUA WANITA (An Nur 31-59)

 



14. JANGAN MENJAWAB PERTANYAAN DENGAN BAHASA YANG KURANG ETIS SEPERTI: "HO'OH, HAHHH, HEHH, HEMM, PRETT"











15.  JANGAN MENGGELITIK/MEREMAS TANGAN KETIKA BERJABAT TANGAN
 Image result for meremas tangan



16. JANGAN BERSIUL KETIKA ADA ORANG LEWAT/YANG MENARIK




17. JANGAN MEMBUAT KODE-KODE TANDA YANG KURANG BAIK/MENCURIGAKAN DIDEPAN UMUM SEPERTI:MENGEDIPKAN MATA, KODE2 TANGAN, KODE MULUT, SENGGOL KAKI DAN LAIN LAIN



18. JANGAN SAMPAI TIDUR DIDEPAN UMUM
 Image result for tidur di depan umum



19. JANGAN SAMPAI MABUK DIDEPAN UMUM
 



20. HARUS MENJAGA BAU MULUT & BAU BADAN



21. PENAMPILAN YANG SERASI & SEDERHANA SERTA JGN MEMAKAI MINYAK WANGI YANG MENYENGAT











22. TIDAK BERSIKAP MENCARI PERHATIAN ORANG/SALTING



23. JANGAN BERGAUL SECARA BERKELOMPOK/GENG-GENGAN



24. HARUS RENDAH HATI, SANTUN, RAMAH DAN TIDAK SOMBONG


 



                                     

21 komentar:

  1. ucapkan salam,bersikap ramah, mengucapkan nama lengkap, tidak menanyakn yang bersifat pribadi dan sopan

    BalasHapus
  2. BRIPDA NAILA SOFA WARDANINGRUM
    PENGIRIMAN POLDA JAWA TENGAH
    Ijin jenderal saya ingin berkomentar tentang artikel diatas, setelah membaca tentang artikel tersebut, saya merasa miris dengan cara pergaulan remaja saat ini, apakah dengan cara mereka bergaul saat ini mereka dpat dikatakan tidak beretika? sementara dalam tulisan diatas sangat bertolak belakang dengan pergaulan remaja khususnya di indonesia saat ini, apakah ini karena ada faktor globalisasi ataukah persebaran budaya yg semakin menyebar?
    terimakasih

    BalasHapus
  3. BRIPDA NAILA SOFA WARDANINGRUM
    PENGIRIMAN POLDA JAWA TENGAH
    Ijin jenderal saya ingin berkomentar tentang artikel diatas, setelah membaca tentang artikel tersebut, saya merasa miris dengan cara pergaulan remaja saat ini, apakah dengan cara mereka bergaul saat ini mereka dpat dikatakan tidak beretika? sementara dalam tulisan diatas sangat bertolak belakang dengan pergaulan remaja khususnya di indonesia saat ini, apakah ini karena ada faktor globalisasi ataukah persebaran budaya yg semakin menyebar?
    terimakasih

    BalasHapus
  4. Bripda Mistika (Polda Metro Jaya)
    Mohon ijin jendral menanggpi hal tersebut yang telah disampaikan dalam hal pergaulan seseorang harus menghargai atau menghormati siapa yang dia hadapi dan dimana seseorang dapat membedakan dengan siapa dia bergaul dan dimana seseorang tersebut mempunyai batasan yang dapat dia lakukan. Terima kasih....

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. IPDA PUJIATI
    POLDA JATIM

    Mohon ijin Jenderal, jika diperkenankan saya ingin mengomentari tentang artikel diatas mengenai Etika Pergaulan "Tidak melihat aurat". Menurut saya didalam setiap kita berpakaian memiliki kepedulian yang tinggi, pantas, tidak harus mahal/ bermerk, akan tetapi harus disesuaikan dengan bentuk tubuh, kondisi, tempat/ waktu (sesuai dengan peruntukannya) karena etika berpakaian itu menunjukkan kepribadian, karakter yang tidak bisa disepelekan/ dibuat main-main karena kita berpegang dengan norma-norma dan menganut budaya Timur. Dan dalam istilah Jawanya "Ajining rogo soko busono" yang artina kita akan dihargai orang lain dari cara perpakaian/ penampilan kita.
    Demikian menurut pendapat saya, semoga Jenderal berkenan.
    Terima kasih

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Brigadir Cicik Kusmiati Ningsih Polda Jatim. Ijin jenderal saya ingin berkomentar tentang artikel diatas,Di dalam pelaksanaan tugas kita sehari" sering kita berinteraksi dengan bawahan maupun atasan untuk menjaga etika pergaulan ada pembatasan yang mempumyai peran yang penting sehingga dapat terciptanya suasana kerja yang humanis berkekeluargaan nyaman dan memiliki hirarkhi kepada atasan untuk menghindari asumsi negatif.

    BalasHapus
  10. AKP RINI PAMUNGKAS, S.H - POLDA JATIM

    etika pergaulan
    dalam bergaul hal-hal yang harus diperhatikan seperti bahasa yang digunakan, mimik / gerak tubuh dalam penyampaian, menempatkan diri sebagai lawan bicara, pandai memilih tema / bahan pembicaraan ada batasan dan usahakan dapat bergaul dari semua kelompok, tetap perhatikan adat pergaulan dilingkungan

    BalasHapus
  11. AKP NAHRIAH - POLDA JATIM

    Seiring dengan perkembangan zaman banyak etika-etika dalam pergaulan yang sudah mulai dilupakan karena dianggap sudah tidak baik lagi untuk diterapkan padahal kebiasaan yang ada tidak sepenuhnya bisa dijadikan patokan atau aturan dalam pergaulan. Manusia sebagai mahluk yang berakal harus selalu bisa untuk memfilter hal-hal baru yang datang sehingga dapat selalu menerapkan hal-hal baik dalam pergaulan.

    BalasHapus
  12. Mohon izin Jenderal, saya Brigadir Eliza Nursasmita dari Polda Lampung. Menurut saya di zaman sekarang pergaulan sehari-hari banyak yang sudah melupakan aturan dan norma-norma yang berlaku. Untuk itu, saya sependapat dengan artikel diatas untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar kita dapat hidup bersosialisasi dengan baik dengan menggunakan etika dalam bergaul.

    BalasHapus
  13. IPTU ANIS HENI W. - POLDA JATIM
    Etika harus bersifat universal, bagi seluruh agama, namun dapat pula diperhatikan etika pergaulan, meskipun non muslim, sepanjang hal tersebut untuk menghindarkan dari hal buruk.

    BalasHapus
  14. terima kasih atas komentar dan masukannya

    BalasHapus
  15. Mohon ijin Jenderal,
    Bripda Mega endah dari polda banten ijin menyimpulkan bahwa dalam bergaul dengan antar lainnya memang kita tidak boleh pandang buluh,kita adalah mahluk sosial yang saling membutuhkan dan tidak dapat hidup sendiri,maka daripada itu kita bisa bergaul dengan siapa saja namum tanamkan dari diri kita sekecil apapun itu bahwa kita memiliki batasan-batasan dalam bergaul.Kita harus bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk dan tata bahasapun harus di perhatikan kepada siapa kita berbicara maka kita harus perhatikan tutur kata dan kesopanan.
    Trimakasih.

    BalasHapus
  16. Bripda ni nyoman putri pratiwi
    Asal pengiriman Polda Bali

    Mhon izin menanggapi jendral
    Stelah membaca artikel d atas saya merasa masih banyak yg mlakukan hal2 yg berlawanan dengan artikel tersebut..mungkin karena perubahan zaman membuat orang2 lebih fulgar dalam bergaul sehingga melupakan etika pergaulan tersebut. Sekarang tergantung pada diri masing2 bagaimana cara memposisikan diri pada pergaulan dan lingkungan
    Siap trimakasih

    BalasHapus
  17. Mhn ijin Jenderal, Iptu Ni Wayan Yanti Susanti, SH dari Polda Bali mhn ijin memberikan pendapat bahwa etika dalam pergaulan sangat penting bagi kehidupan kita dalam bersosialisasi dg org lain. Etika adl moral dimana dalam menjalin hub dg org lain tentu dibutuhkan pandangan thd baik buruknya sesuatu, setiap manusia ingin dihargai oleh orang lain dan setiap org ingin menciptakan citra yg baik ttg dirinya kpd org lain. Saya tdk bisa membayangkan apa yg terjadi apabila didunia ini semua manusia tdk memiliki etika ???

    BalasHapus
  18. Briptu satiwi dr polda jabar. Mohon ijin jendral setelah membaca blog di atas banyak manfaat yg dapat d ambil tentang bagaimana etika pergaulan yg benar mengingat tugas kita sebagai polisi yang tentunya lebih banyak bergaul dan berinteraksi dengan masyarakat setiap harinya. Mohon ijin jendral bagama jika di tambahkan blog tentang etika pergaulan didunia maya mengingat kemajuan jaman seperti sekarang ini damana orang orang lebih banyak berinteraksi dan bergaul di dunia maya dari pada dunia nyata. Terimakasih

    BalasHapus
  19. IPDA. DHAYITA DANESWARI – POLDA JATENG
    Ijin jendral. Menanggapi pada etika dalam pergaulan Tentu saja hal ini sangat penting dan perlu diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari karena menyangkut mengenai sikap sopan santun saat berhubungan dengan setiap orang. Hasil yang didapat apabila seseorang selalu memperhatikan etika dalam pergaulan adalah mampu membentuk kepribadian yang baik sehingga dapat tumbuh menjadi sosok individu yang pantas diteladani seperti pada artikel ”harus ramah,rendah hati dan tidak sombong” bila kita memiliki sikap ini tentu saja kita akan mendapatkan perhatian positif dari orang lain selain itu kitapun dapat hidup tenang, tentram dan tidak memiliki musuh sehingga kita dapat diterima oleh masyarakat, berbeda halnya dengan seseorang yang tidak memiliki etika dalam pergaulan tentu saja akan tumbuh menjadi sosok individu dengan kepribadian yang menyimpang seperti pada artikel “mabuk-mabukan ditempat umum” tentu saja hal ini sangat tidak baik untuk dicontoh, karena tidak menutup kemungkinan orang-orang yang suka mabuk-mabukan ditempat umum juga dapat melakukan tindak pidana dan akan membuat keresahan bagi masyarakat lainnya.Saya sangat setuju dengan adanya etika pergaulan ini, sehingga dapat mengajarkan bagaimana seharusnya sikap dan sifat yang perlu diterapkan dalam pergaulan agar tidak terjadinya penyimpangan-penyimpangan yang dapat meresahkan masyarakat, didunia ini kita tidak hidup sendiri melainkan bersama-sama dan saling gotong royong oleh karena itu kita perlu saling menghormati satu sama lain. Terima kasih.

    BalasHapus
  20. Brigadir Ari Purwanti Polda Jatim
    Ijin Jendral menanggapi etika dalam pergaualan, remaja merupakan generasi penerus bangsa hendaknya dalam bergaul Saling menghormati, menjaga sikap, sesuai dengan ajaran agama Dan budaya bangsa sehingga tercipta kerukunan Dan menjadi identitas generasi muda yang beradab. Terimakasih.

    BalasHapus