Selasa, 21 Januari 2014

ETIKA BERPAKAIAN


                           ETIKA BERPAKAIAN



1.     Menutup aurat
Image result for berhijab

2.     Sesuai peruntukan situasi & kondisi


3.     Rapi & bersih
Image result for pakaian rapi dan bersih

4.     Tidak aneh-aneh/wajar


5.     Ukuran pas (tidak sempit/besar)

6.     Tidak menyapu lantai

7.     Sesuai dengan adat tradisi masyarakat setempat & agama

8.     Memakai wewangian yang wajar

9.     Memakai alas kaki sesuai situasi & kondisi

10. Tidak robek atau bau
Image result for pakaian robek

11. Tidak berlebihan (korban mode)

12. Pantas & serasi baik ukuran, warna & model

13. Tidak berpakaian Seronok
Image result for pakaian seronok

14. Tidak berpakaian terlalu sexy


15. Tidak menggunakan asesoris yang berlebihan
Image result for pakaian aksesoris berlebihan

16. Tidak berpakaian dengan warna yang mencolok yang tidak sesuai

17.     Seorang laki-laki jangan berdandan menyerupai wanita, begitupula sebaliknya wanita jangan berdandan menyerupai laki-laki
Image result for pakaian banci

15 komentar:

  1. Etika Berpakaian
    - Tidak menggunakan aksesoris berlebihan
    - tidak menonjolkan diri dalam berpakaian

    Ipda Ni Kd Wahyuningsih Giri/Polda Bali

    BalasHapus
  2. Etika Berpakaian
    - Tidak menggunakan aksesoris berlebihan
    - jangan menonjolkan diri dalam berpakaian ( eksentrik)

    Ipda Nengah Wiratningsih/Polda Bali

    BalasHapus
  3. agar berpakaian yang sopan dan pantas

    Iptu Ni Nengah Artini/Polda Bali

    BalasHapus
  4. berpakaian boleh modis asalkan sopan dan pantas bagi pemakainya sehingga penampilan seseorang menjadi lebih menarik.

    Ipda Veronica Diaz I./Polda Bali

    BalasHapus
  5. Berpakaian serasi dan sesuai acara.
    Ipda Aeni / Polres Metro JAKUT

    BalasHapus
  6. Akp sri wati polda ntb.
    Etika berpakaian
    bhwa sbg anggota polri khususx polwan,cra brpkaian adalah mrupkan hal yg hrus d perhtikan,hrs brpakaian ssuai aturan yaitu tdk boleh brpakaian trllu ketat,dan pendek,tdk mnggunkan prhiasan saat brpakaian dinas,srta tdk brdandan terllu mnor

    BalasHapus
  7. Etika berpakaian yang pantas adalah menggunakan pakaian yg sopan, sesuai dengan peruntukannya dan mampu memberikakan kepercayaan diri bagi yang menggunakan. Sbg contoh, apabila kita berpakaian yang baik dan formil dalam suatu acara yg dihadiri relasi dari instansi lain, akan memberikan aura positif baik bagi diri sendiri maupun orang lain di sekeliling kita. Orang yg berpakaian rapi dan baik mencerminkan kepribadian yg baik juga... semoga tulisan ini dpt memberikan masukan yg positif, terima kasih.

    Iptu ika shanti
    Kbo reskrim polres bogor kota
    Polda jawa barat

    BalasHapus
  8. IPDA Sri Harnani, Polda Jawa Tengah

    Berpenampilan menarik dan rapi merupakan dambaan setiap orang. Di tambah lagi jika penampilan tersebut dibarengi dengan sikap dan kepribadian yang menawan yang mampu membuat orang lain menyukainya.

    Jadi menurut saya, jika semua point diatas sudah kita miliki, sebagai pelengkap kita juga harus memperbaiki kepribadian kita. Tebarlah senyum dan pesona selalu, sehingga orang disekitar kita akan selalu merasa nyaman.

    Salam

    BalasHapus
  9. BRIPDA INDAH SETIOWATI, POLDA METRO JAYA

    ASSALAMMUALAIKUM WARRAH MATULLOHI WABBAROKATU
    SORE JENDRAL IZIN MENGOMENTARI TAUTAN TENTANG ETIKA BERPAKAIAN MENURUT SAYA CONTOH - CONTOH YANG SUDAH JENDRAL BUAT CUKU BAIK DAN BAGUS NAMUN SAYA HANYA INGIN MENAMBAHKAN BEBERAPA :
    1. SAAT BERPAKAIAN SESUAIKAN DENGAN CUACA SEKITAR.
    2. TIDAK MENGGUNAKAN WARNA YANG TERLALU MENCOLOK
    3. NYAMAN SAAT DIGUNAKAN

    CUKUP SEKIAN PENAMBAHAN DARI SAYA.
    MOHON MAAF APABILA TERDAPAT KESALAHAN.
    WASSALAMMUALAIKUM WARAH MATULLOHI WABBAROKATU

    BalasHapus
  10. KOMPOL NURLAILA POLDA JATIM

    Etika dalam berpakaian bagi seorang polisi wanita, sangatlah penting karena wanita sebagai figur yang yang bisa menjadi contoh dan tauladan bagi kaum wanita lainnya karena sebagai polri yang bertugas banyak berhubungan langsung dengan masyarakat dan secara tidak langsung mereka memberikan penilaian bagaimana etika kita dalam berpakaian, jika Jenderal berkenan mohon ijin diusulkan untuk Polwan yang MUSLIM diluar Aceh untuk boleh menggunakan Jilbab pada saat Dinas karena merupakan salah satu wujud etika berpakaian seorang muslimah.

    BalasHapus
  11. IPTU MIRA MARISA
    POLDA SUMSEL

    Manusia membutuhkan pakaian (sandang) untuk memenuhi kebutuhan hidup pokok dasar sehari-hari di samping kebutuhan akan tempat tinggal (papan) dan makanan (pangan). Pakaian dapat memberikan keindahan, proteksi dari penyakit, kenyamanan, dan lain sebagainya. Tanpa baju/pakaian dapat mengakibatkan seseorang dikatakan gila. Menurut saya Etiket Dalam Berpakaian antara lain :
    1. Menutup Aurat Bagian Tubuh
    2. Sesuai Dengan Tujuan, Situasi dan Kondisi Lingkungan
    3. Tampak Rapi, Bersih, Sehat, dan Ukurannya Pas
    4. Tidak Mengganggu Orang Lain
    5. Tidak Melanggar Hukum Negara dan Hukum Agama

    BalasHapus
  12. Briptu Bina Fatonah
    Polda Jawa Barat

    ASSALAMMUALAIKUM WARRAH MATULLOHI WABBAROKATU
    Selamat malam Jendral izin mengomentari tautan tentang etika berpakaian

    Pakaian yang di gunakan hendaknya pakaian yang sopan yang bisa menutup aurat karena dari pakaian mencerminkan pribadi kita, apabila kita sebagai wanita bisa menjaga aurat kita insyaaloh kita bisa pula menjaga diri kita sendiri, karena pada dasarnya jika kita ingin di hargai orang sebaiknya kita bisa menghargai diri kita sendiri dengan menggunakan pakaian yang sopan.

    BalasHapus
  13. Iptu Aliah Fatma N,SH Polda DIY
    Assalamu'alaikum Wr, Wb,
    Selamat pagi Jendral, Mohon ijin berkomentar tentang etika berpakaian.Sebagaimana kita ketahui manusia diciptakan sebagai makhluk yang paling sempurna dengan dikaruniai akal agar menjadi makhluk yang paling mulia harkat dan martabatnya melebihi makhluk Tuhan yang lain.
    Tujuan kita berpakaian adalah untuk menutup aurat yang tidak boleh nampak oleh orang yang tidak berhak menurut tuntunan agama (yang bukan mahrom), melindungi tubuh dari pengaruh sinar matahari, cuaca, panas, dingin, iklim, kelembaban, dan zat-zat yang berbahaya bagi tubuh, sebagai perhiasan yang menutup tubuh, sebagai penanda identitas suatu kaum, bangsa, atau agama tertentu, sebagai lambang kebanggaan suatu bangsa yang mencerminkan identitas dan entitas suatu kaum.
    Oleh karena itu dalam berpakaian hendaknya mengingat tujuan-tujuan tersebut, tidak hanya mengikuti trend yang sedang berkembang atau sedang populer semata tetapi harus mengingat norma dan etika yang berlaku di dalam sebuah masyarakat baik norma dan etika agama, budaya, dan nilai-nilai moral, kepribadian masyarakat dalam sebuah bangsa.
    Berpakaian seharusnya membuat harkat dan martabat pemakainya meningkat karena pakaian yang ia kenakan mencerminkan jati diri dan kepribadiannya bukan sebaliknya yang justru membuat harkat dan martabat pemakainya sebagai makhluk Tuhan yang paling mulia menjadi turun/jatuh. Pakaian membuat manusia menjadi indah karena mampu menyembunyikan kekurangan yang ada padanya.
    Oleh karena itu sebagai seorang wanita muslimah saya sependapat apa yang telah Jendral sampaikan di atas karena merupakan esensi dari nilai dan norma agama, moral, etika, dan kepribadian bangsa kita. Oleh karena itu saya sekaligus mohon dukungan dan perkenan Jendral agar Polwan muslimah diperkenankan mengenakan busana muslimah (jilbab) pada saat menunaikan tugas kepolisian, karena perintah berjilbab diwajibkan bagi seluruh wanita muslimah yang sudah baligh sebagimana disebutkan dalam QS. An Nuur:31 dan QS. Al Ahzab:33, tak terkecuali muslimah yang bertugas/bekerja sebagai Polwan . Saya yakin jilbab tidak mengganggu dan menghalangi pekerjaan Polwan muslimah dalam menjalankan tugasnya, namun justru memudahkan dalam bertugas dalam bersosialisasi dan berinteraksi dengan masyarakat, karena identitasnya lebih mudah dikenal, dan lebih bisa menjaga harkat martabat dan kehormatan sebagai wanita muslimah dengan pola hidup dan pola pergaulan yang lebih terjaga sebagai konsekuensi berjilbab itu sendiri.
    Terima Kasih atas motivasi, pencerahan, dan dukungan Jendral semoga menjadi amal mulia di sisi Allah SWT.
    Wassalammu'alaikum Wr.Wb.

    BalasHapus
  14. Brigadir Andini Putri
    Polda Jatim

    Mohon ijin menyampaikan Jendral,,,
    Menurut saya beretika dalam berpakaian sangat diperlukan karena pakaian merupakan cerminan dari diri kita, kepribadian kita, Dan tingkah laku kita
    Ketika kita berkenalan atau berinteraksi dengan orang atau lingkungan sekitar maka yang dinilai Dan dilihat oleh orang adalah cara kita berpakaian, maka dari itu beretika dalam berpakaian memang sangat diperlukan untuk menciptakan suasana keharmonisan antar sesama,,, terima kasih Jendral

    BalasHapus
  15. Brigadir Ari Wijayanti Polrestabes Surabaya Polda Jatim

    Mohon ijin jendral menyampaikan....
    Menurut saya etika berpakaian itu sangat penting karena penampilan mencerminkan pribadi seseorang, jika kita bergaul atau mendapatkan teman baru pastinya kita menilai dari penampilannya Dan bagaimana pribadinya, maka dari itu etika berpakaian sangatlah penting terutama untuk pergaualan umum

    BalasHapus