Rabu, 22 Januari 2014

ETIKA BERKENALAN

"ETIKA BERKENALAN"

1. Ucapkan salam

2. Bersikap ramah

3. Menyebutkan nama lengkap

4. Jgn sekali-kali memberikan identitas yg tdk sebenarnya (nama, alamat & jabatan palsu)


5. Berikan kartu nama bila


6. Tidak menanyakan hal yang bersifat pribadi seperti umur & status
Image result for menanyakan hal pribadi


7. Tidak berkenalan dgn gaya lebay


8. Tidak berbicara tinggi/angkuh/sombong

9. Basa-basi sekedarnya, Jgn pamer apalagi obral janji


Image result for menanyakan hal pribadi


10. Bersikap Rendah hati

Image result for rendah hati


11. Saling memuji satu sama lain tetapi tidak berlebihan


12. Apabila berkenalan dgn lawan jenis tidak bersikap menggoda


13. Tidak bersikap salah tingkah




14. Tempatkan teman baru anda sbg orang penting bagi diri anda

Image result for teman baru


15. Bila perlu adakan acara bersulang (tos minuman bersama)

Image result for teman bersulang


16. Jgn sampai pada acara pertemuan pertama datang tdk on time


17. Perhatikan etika berbicara


18. Harus bersikap respect terhadap kawan baru anda


19. Jgn bersikap acuh tak acuh, cemberut, sedih hati dlm suasana perkenalan pertama


20. Menjaga silaturahim selanjutnya setelah adanya perkenalan tersebut


21. Bila mengakhiri pertemuan, ungkapkan bahwa perkenalan ini sangat berarti bagi diri anda

8 komentar:

  1. Ucapkan salam...bersikap ramah...mengucapkan nama lengkap...tdk menanyakan yg bersifat pribadi...sopan

    BalasHapus
  2. KOMPOL Ida Nurhaida, Polda Metro Jaya.

    Etika Berkenalan juga sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Saya ingin menambahkan sedikit.

    Mungkin dengan membahas topik yang sedang hangat saat ini dapat membantu dalam etika berkenalan ini. Pembicaraan bisa dikaitkan dengan topik-topik hangat yang sedang terjadi dan banyak dibicarakan orang. Ada banyak tema topik yang bisa kita pilih untuk menjadi bahan pembicaraan. Pilih tema yang ringan dan kira-kira akan mendapat respon yang positif dari orang itu. Tiap orang punya tema yang disukai dan tema yang tidak disukai sehingga kita harus pintar-pintar pilih tema topik yang mau dibahas.
    Jangan lupa untuk memberikan senyuman. Karena kesan pertama memiliki nilai yang cukup tinggi dalam etika berkenalan.

    Salam

    BalasHapus
  3. etika berkenalan sangat penting dan baik dalam kehidupan khususnya kita sebagai anggota polri untuk menembah wawasan dalam bergaul

    bahasan dalam blogspot ini sangat menarik khususnya tentang etika pergaulan karena secara tidak langsung jika dibaca khususnya oleh anggota polri dapat dijadikan referensi dalam pergaulan kita< krn sebagai anggota Polri kita tentunya banyak rekan, relasi, masyarakat yang dekat dan menjadi patner kerja polisi.
    selama kita bergaul harus bisa menjaga budaya ketimuran dimana orang indonesia yang masih menjunjung tinggi adat istiadat.
    menggunakan bahasa yang santun sehingga kitapun dihargai dan dihormati oranglain.

    BalasHapus
  4. Bripda Metri faundi wiat wigi / Polda Jateng

    Mohon ijin Jendral, menurut saya cara berkenalan yang baik akan membawa dampak yang positif bagi kehidupan bersosialisasi di masyarakat. Kita akan mengenal bermacam-macam karakteristik masyarakat diberbagai lapisan sehingga akan menambah wawasan kita dan sebagai anggota polri kita harus mengenal masyarakat dari berbagai macam kalangan untuk menunjang dalam pelaksanaan tugas nantinya dan bisa membawa citra polri ke arah yang lebih baik lagi. Demikian terimakasih.

    BalasHapus
  5. Wahyuni hardiyanti / Polda Jateng

    Mohon ijin jendral, berkenalan dalam masyarakat sangat menguntungkan kita sebagai anggota polri, karena dengan cara berkenalan atau mengenal masyarakat dapat membuat kita mengetahui karakteristik dan tipe2 masyarakat sehingga kita dapat menentukan cara yang tepat dalam menghadapi permasalahan yang ada pada masyarakat.

    BalasHapus
  6. Bripda Arum Hartini/polda jateng

    Mohon ijin menyampaikan komentar, jendral. Dari artikel diatas dapat diambil satu hal pokok yaitu bahwa Dalam berkenalan ada 3 hal yang perlu diperhatikan yaitu kejujuran, sikap, dan tutur kata.

    BalasHapus
  7. Ipda Endang Pujiati, S.H. Polda Jateng
    Ijin jenderal, dalam kehidupan sehari - hari khususnya di dalam dunia kerja kepolisian diperlukan saling mengenal antara satu personel dengan yang lainnya. Karena saling mengenal dan memahami identitas rekan kerja dapat menambah kebersaman yang kompak dan solid. Sehingga dalam melaksanakan tugas kepolisian dapat dilaksanakan dengan sebaik dan semaksimal mungkin.

    BalasHapus
  8. Brigadir Lianati Muandri Yeni
    Polda Jatim
    Mohon ijin Jenderal kalau menurut saya sebaiknya berkenalan disesuaikan dengan tempat dan status sosial seseorang yang baru dikenal. Karena tidak semua lapisan masyarakat welcome ketika di ajak berkenalan dengan proses serupa. Berdasar pengalaman saya ketika saya sedang bersepeda di suatu desa ditempat baru saya bertugas saya bertemu dengan seorang petani yang sedang memanen tanamanya, sebagai seorang polisi saya ingin tau buah apa yang sedang dipanen kemudian saya mendekat dan saya berkenalan dengan tahapan yang kurang lebih tidak jauh dari tahap seperti tersebut diatas tahapan yang biasa saya gunakan ketika saya menjadi Spri Kapolres ternyata petani tersebut justru terlihat sungkan dan cenderung menjaga jarak sehingga terasa kurang familier, kemudian saya mencoba cara lain saya menggunakan proses perkenalan seperti ketika saya Tinggal di kampung halaman Boleh dibilang proses perkenalan sok kenal sok dekat ternyata bapak petani tersebut justru melakukan respon yang lebih familier dan saya pun pulang membawa 2 plastik terong ungu. Demikian trimakasih

    BalasHapus