Senin, 20 Januari 2014

ETIKA BERBICARA


ETIKA BERBICARA

1.  Suara Jelas, tidak terlalu keras juga tidak terlalu pelan
Image result for bicara suara jelas

2.   Tidak membentak, berbicara keras


3.   Tidak menyindir, mencela atau sinis 

4.   Tidak sambil makan/merokok

5.    Menatap lawan bicara

6.    Tidak bertele-tele

7.     Tidak mendominasi pembicaraan

8.     Bersikap ramah & santun

9.     Memperhatikan lawan bicara

10. Tidak mengobrol dengan seseorang tanpa menghiraukan yang lain
Image result for etika berbicara

11. Menyimak & mendengarkan dengan seksama
Image result for etika berbicara

12. Hindari perdebatan yang tidak perlu

13. Hindari menggunakan bahasa asing yang berlebihan

14. Menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar

15. Berdasarkan fakta

16. Tidak mengada-ada

17. Menyejukkan dan tidak memprovokasi

18. Menggunakan bahasa yang dipahami audience

19. Hindari bercanda dengan kata-kata jorok

20. Hindari kata-kata kasar
Image result for etika berbicara


21. Hindari membicarakan kejelekan orang lain

22. Bersikap tenang & tidak emosi

23. Tidak merasa paling pintar

24. Tidak berbicara tinggi/sombong
Image result for etika berbicara


25. Tidak memotong pembicaraan orang lain
Image result for memotong pembicaraan orang lain


60 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Saya tertarik dengan tulisan ini yang membahas ttg Etika Berbicara karena dalam kehidupan sehari-hari hal yang selalu dilakukan adalah berbicara, namun terkadang banyak yang belum mengetahui ataupun tidak mengerti bahwa dalam berbicara pun ada etikanya. Seringkali dalam melakukan komunikasi dengan oranglain kita terjebak dalam perdebatan yang tidak perlu padahal terkadang hal tsb hanya disebabkan kesalahpahaman dalam berbicara. Etika berbicara sangat penting utk diketahui dan dipahami sehingga dapat tercipta suatu komunikasi yang baik.

    Novalina Tarihoran_Polda Sumsel

    BalasHapus
  4. AKP Endang Kusumawati Polda NTB
    Dlm khidupan shari2 seseorng slalu brintraksi dgn orang lain ...salah satu etika brbicara dgn orang lain yaitu tdk mendominasi lawan bicara...dgn memberikan kesempatan kpd lawan bicara maka pesan ataupun makna yg trkandung dlm pembicaraan trsbut dpt d pahami, shg trjadi intreksi d keduabelah pihak.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. BRIPDA ANNAZZILA RAHMANIYA
    POLDA jATIM

    etika berbicara pada artikel ini sangat menarik karena setiap hari kita selalu berkomunikasi dengan orang lain,, dalam etika berbicara sangat banyak hal-hal yang harus diperhatikan yaitu salah satunya dengan tidak memotong pembicaraan orang lain. dengan cara seperti itu kita bisa menghargai lawan bicara kita dan merupakan bentuk penghargaan kepada siapapun yang menghargai orang lain berbicara. selain itu dengan mendengarkan dan tidak memotong pembicaraan orang lain kita bisa mengerti maksud dan tujuan pokok pembicaraan

    BalasHapus
  7. Postingan yang menarik dan mudah dipahami, insya Allah bermanfaat Pak...dan diamalkan......terima kasih Bapak

    BalasHapus
  8. Mohon ijin saya Brigadir Sri Rahayu dari Polda DIY
    menanggapi point2 yg tertuang diatas dalam etika berbicara, memang sudah sepantasnya kita memperhatikan atau menerapkan dlm kehidupan kita sehari-hari smua hal yg tertulis diatas, agar smua yg pesan akan tersampaikan dengan baik oleh lawan bicara kita. Salah satu etika berkomunikasi dengan org lain adalah tidak memotong/menyela pembicaraan orang lain sebelum org itu selesai menyampaikan maksud atau pesannya kepada kita

    BalasHapus
  9. BRIPDA ANNAZZILA RAHMANIYA
    Polda Jatim

    dalam artikel berbicara sangat menarik karena setiap hari kita berkomunikasi dengan orang lain. artikel berbicara banyak hal-hal yang harus diperhatikan salah satunya dengan cara tidak memotong perkataan orang lain. dengan begitu kita dapat menghargai lawan bicara kita dan kita bisa mengetAhui maksud dan tujuan dari pokok permbicaraan yang sedang dibicarakan.

    BalasHapus
  10. AKP HARYANI - POLDA JATIM

    tidak berbicara tinggi / sombong
    selaku pembina sekaligus pendidik dalam bertutur kata harus :
    jelas dan bisa dimengerti
    tidak berbelit-belit
    tidak menggunakan bahasa asing yang berlebihan
    gunakan bahasa yang mudah di pahami

    BalasHapus
  11. AKP RR. Sri Wahyuningsih dari Polda NTB
    Mohon ijin memeberi tanggapan pada item tidak bertele-tele: dalam pelakasanaan tugas sehari hari anggota polwan khusus dalam mlayani masyarakat yang hendak mencari info terkait proses suatu kasus,hendaknya harus menguasai materi permasalahan sehingga dlm penyampaian kpd masyarakt dpt diterima dgn jelas,dan jika masyarakat tsb blm jelas agar ditanyakan kepadanya dan dijelaskan kembali.

    BalasHapus
  12. IPDA Yuli Susanti,SE dari Dit Reskrimum Polda Metro Jaya.
    Mhn ijin Jendral menanggapi etika berbicara sombong/ tinggi. Memang sebaiknya kita sbg wanita hrs rendah hati dan mawas diri.
    Terima ksh..

    BalasHapus
  13. dalam berbicara kita harus bersikap sopan, ramah, menggunakan bahasa yg mudah dipahami dan dimengerti usahakan tdk memotong pembicaraan saat diajak berbicara.

    Ipda Paryani, Bidkeu Polda DIY

    BalasHapus
  14. BRIPDA FITRIA SULISDIANTI
    POLDA JAWA BARAT

    Seseorang yang baik selalu mempunyai etika berkomunikasi dengan orang lain. Salah satu etika yang baik dalam berbicara dengan orang lain adalah mendengarkan orang lain ketika sedang berbicara, dengan memperhatikan mimik wajah atau yang lainnya. Namun jangan sampai bentuk perhatian melebihi dari perhatian normal, misalnya dengan melotot atau terlalu mengagumi akan menimblkan akibat lain. Jadi etika berbicara perlu diterapkan dalam diri manusia sejak dini untuk menjaga keharmonisan dalam berkomunikasi.

    BalasHapus
  15. BRIPKA ROSITA DARI POLDA LAMPUNG

    mohon ijin jendral, ..menanggapi etika berbicara : saya sangat setuju dengan artikel yang jendral buat. karena dalam berbicara kita tidak boleh selalu ingin benar atau paling pintar sendiri terkadang dalam berkomunikasi dengan sesama teman sering kali terjadi perdebatan.krn perbedaan pendapat dan mengejak lawan bicara kita, ..dengan artikel yang jendral buat smoga kita bisa menerapkan dalam kehidupan kita sehari-hari, .....

    BalasHapus
  16. BRIGADIR DWI WAHYUNI DJERO DARI POLDA BALI


    Mohon ijin jendral menanggapi etika berbicara dalam berbicara kita harus bersikap sopan, ramah, menggunakan bahasa yg mudah dipahami dan dimengerti usahakan tdk memotong pembicaraan saat diajak berbicara.

    BalasHapus
  17. BRIPKA IG AA PUTRI WIDARI SH DARI POLDA BALI

    Mohon ijin Jendral etika berbicara sangat penting dalam kehidupan maka perlu menggunakan bahasa yang benar dan sopan, usahakan tidak memotong pembicaraan

    BalasHapus
  18. BRIGADIR Santi Nurlaelasari
    Polda Jabar
    Etika Berbicara mempunyai peranan penting dalam melaksanakan pelayanan terhadap masyarakat tentunya dalam penyampaian informasi berkaitan dengan tugas polri sehingga apa yang kita sampaikan dapat di mengerti oleh masyarakat untuk itu ilmu pengetahuan, sikap, tingkah dan pola pikir harus seimbang yang manfaatnya dapat membantu seseorang dalam menentukan pendapat dan bertanggung jawab apa yang kita sampaikan di sinilah etika berbicara sangat di perlukan

    BalasHapus
  19. Meriza Octasari - Polda Banten

    Komunikasi adalah hal yang penting dalam berinteraksi dengan orang lain. Sehingga, dalam berkomunikasi harus mengetahui dan paham akan tata cara berkomunikasi dengan baik dan benar supaya tidak terjadi kesalahpahaman dalam berkomunikasi karena akan menimbulkan masalah. Selain itu, dalam berkomunikasi harus selalu disertai dengan fakta-fakta serta tutur bahasa yang sopan sehingga dapat menjalin komunikasi yang baik dengan siapapun.

    BalasHapus
  20. Mohon izin Jenderal, saya Brigadir Devie Anggun Sari dari Polda Lampung, menurut saya etika berbicara pada artikel ini sangat menarik sebagai pedoman untuk berkomunikasi dengan orang lain dalam kehidupan sehari-hari. Dan sebagai tenaga pendidik dan pengasuh mutlak diperlukan.

    BalasHapus
  21. BRIPKA AGUSTINA NILAWATI, SH DARI POLDA LAMPUNG

    Mhn ijin Jendral menanggapi etika berbicara sombong/ tinggi. Memang sebaiknya kita sbg wanita hrs rendah hati dan mawas diri.

    BalasHapus
  22. AKP MUTIA SARI.H, SH

    ijin jendral,.....dalam artikel berbicara sangat menarik karena setiap hari kita berkomunikasi dengan orang lain. artikel berbicara banyak hal-hal yang harus diperhatikan salah satunya dengan cara tidak memotong perkataan orang lain. dengan begitu kita dapat menghargai lawan bicara kita dan kita bisa mengetAhui maksud dan tujuan dari pokok permbicaraan yang sedang dibicarakan.

    BalasHapus
  23. BRIPTU N.ELLAH ADITYA , DARI POLDA LAMPUNG

    Mohon ijin jendral .... ijin menanggapi artikel etika berbicara ini ,, dalam pergaulan sehari-hari kita sebagai polisi wanita dituntut untuk menjaga etika berbicara karena kita sbg figur Srikandi Bhayangkara yang banyak diterjunkan langsung bersentuhan dengan masyarakat, wajib bersopan santun dalam bertutur kata ..

    BalasHapus
  24. AKP ARDIYANINGSIH, SIK, Polda Memitro Jaya

    Siap Jenderal......learning pointnya adalah bicaramu itu kualitasmu, relevansinya dalam tugas adalah sebagai seorang pendidik harus memahami dan menerapkan etika berbicara, agar tujuan pembelajaran tercapai sehingga kualitas diri dan serdik menjadi lebih baik. Terima kasih....terus berkarya Jenderal...


    BalasHapus
  25. AKP LUH RELAWATI -POLDA BALI

    Berbicara adalah salah satu bentuk interaksi antar dua personal atau lebih,jangan pernah menyepelekan kata kata yang keluar dari diri kita ataupun lawan bicara kita. Etika berbicara yang baik sangatlah diperlukan didalam setiap interaksi dgn org lain dan tentunya harus bisa mengkondisikan diri kita terhadap lawan bicara. Terkadang dalam pelaksanaannya, etika berbicara yang baik tidak harus merubah suasana berbicara menjadi kaku sehingga jauh dari makna dan tujuan yang ingin disampaikan.

    Pembicaraan yang bertanggung jawab dan disertai informasi yang valid merupakan dasar kita untuk dapat menciptakan suasana dan isi pembicaraan yang lebih bermutu

    Satu yang mungkin perlu ditambahkan, yaitu
    "Awalilah dan akhirilah pembicaraan dengan berjabat tangan dan tentunya disertai dengan senyuman".

    BalasHapus
  26. AKP YUNIYANTI, S.H
    POLDA JATIM

    Sebagai pembicara harus memahami audience yg kita hadapi, yang perlu diperhatikan sebagai pembicara harus menggunakan bahasa yg mudah dimengerti, tidak bertele tele, menggunakan tata bahasa yang baik dan benar, menghindari penggunaan bahasa asing yang berlebihan dan hrs bersikap ramah agar terciptanya suasana yang nyaman, akrab sehingga materi yg disampaikan bisa diterima dan di pahami sesuai dengan yang diharapkan.

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. IPDA SUGIHARTI
    POLDA JATIM

    Dalam berbicara kita harus bersikap ramah dan santun karena berbicara mencerminkan kepribadian seseorang berbicara hendaknya berhati-hati, tidak menyinggung perasaan lawan berbicara, menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bermuka seram supaya lawan berbicara menjadi senang.

    BalasHapus
  29. BRIPKA EMMA RAHMAWATI
    SPN POLDA JABAR

    Mohon ijin menanggapi point 19 : hindari bercanda dengan kata-kata jorok, menurut kami memang tidak ada kewajaran dalam berkomunikasi dengan kalimat-kalimat jorok dengan siapapun lawan bicaranya, terlebih dalam forum formal. terkadang candaan2 jorok dijadikan senjata untuk membangkitkan semangat keseruan dalam topik pembicaraan, namun jika sudah berlebihan maka itu sudah melanggar etika, terlebih jika pembicaraan itu hanya diikuti oleh dua orang antara laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim, niscaya diantaranya akan ada setan yang menaggapinya.

    "kesalahan milik saya pribadi, kebenarana hanya milik Allah"

    BalasHapus
  30. Ipda Fitriatu Yuriah
    Polda Jatim

    Dalam etika berbicara kita selalu menyampaikan hal-hal yang berdasarkan fakta atau yang sebenarnya agar dalam memberikan informasi kepada bawahan atau atasan informasi tersebut tidak di buat-buat sehingga kita tidak hanya ingin mendapat pujian tetapi informasi tersebut akan menjadi jelas adanya.

    BalasHapus
  31. AIPTU YULIS SETIKAH
    POLDA JATIM

    Didalam khidupan sehari-hari seseorng slalu brintraksi dgn orang lain ...salah satu etika brbicara dgn orang lain yaitu tdk mendominasi lawan bicara...dgn memberikan kesempatan kpd lawan bicara maka pesan ataupun makna yg trkandung dlm pembicaraan trsbut dpt di pahami, sehingga akan trjadi intreksi diantara keduabelah pihak dengan baik dan benar

    BalasHapus
  32. BRIGADIR YUNIARTI RATU PASOLO,SH
    POLDA BALI

    Ijin jendral... etika berbicara yg ada diatas semua benar dan sudah sesuai karena dlm kehidupan berbicara memiliki peranan yg penting karena merupakan cara berkomunikasi antara kita dimana hrs dilakukan sesuai dg etika sehingga tdk menyinggung perasaan org lain dan apa yg kita sampaikan dpt dimengerti dan dipahami oleh org yg diajak berbicara sehingga terjalin komunikasi yg baik

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Nama: Ipda kadek erlina
    Pengiriman: polda bali


    Dalam hidup ini sosialiasi sangat penting dari sosialisasi kita bisa saling bertukar pikiran dan saling mengenal satu dengan lain dan dari berbicara karakter seseorang dapat dinilai oleh karena itu etika dalam berbicara harus diperhatikan benar

    BalasHapus
  35. Bripda Riza
    Polda Jatim

    Mhon ijin Jendral .. kami sangat setuju dgn point2 mngenai etika berbicara d atas ... sangatlah pnting bagi kita untuk memperhatikan etika dlm brbicara agar tdk terjdi kesalahpahaman maupun kata- kata yang menyinggung perasaan orang lain .. dlm hal ini kita sebagai anggota Polri hrus berhati2 dlm mnyampaikan infornasi maupun himbauan dan teguran trhadap masyarakat ...

    Demikia terima kasih

    BalasHapus
  36. PUTU DEVI
    POLDA BALI


    mohon ijin jendral.. mengomentari artikel ini, saya sangat setuju karena setiap berbicara dengan siapapun kita harus memperhatikan sikap kita prilaku kita agar teman yg kita ajak bicara merasa nyaman...

    terimakasih jendral..

    BalasHapus
  37. BRIPDA DESI RATNANING TYAS
    POLDA JATIM

    Mohon Izin Jendral
    Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak akan pernah lepas dengan adanya interaksi sosial apalagi interaksi langsung dengan percakapan. Saya sangat setuju dengan artikel jendral. sangat wajib harusnya kita memahami dan menerapkanetika berbicara tersebut karena sering kali kita tidak sadar apa yg kita ucapkan maupun sikap dalam berbicara dengar lawan bicara menyinggung atau tidak. tersampaikan atau tidak. pentingnya etika berbicara dapat menjadikan hubungan interksi sosial menjadi smakin akrab. apalagi kita seorang polisi yang bertugas dan berinteraksi langsung dengan masyarakat. terutama polwan. yang dapat memunculkan keakraban dengan interaksi berbicara yg luwes. dengan keluwesan itu lebih sempurna lagi apabila polwan mampu dan dapat menerapkan etika berbicara dalam tiap pelaksanaan tugasnya.

    Terima Kasih

    BalasHapus
  38. Briptu Rizcha Junita Aditya S, SH POLDA JABAR

    Mohon Izin Jendral
    Menanggapi etika berbicara saya sangat setuju dengan artikel yang jendral buat.. berbicara adalah bentuk interaksi antara manusia. Berbicara memang hal yang sangat mudah terkadang dalam pelaksanaannya jarang kita dapat berbicara sesuai etika yang baik , berbicara yang enak didengar dan mudah dipahami serta tidak melebar keluar topik pembicaraan.

    Terima Kasih

    BalasHapus
  39. BRIPDA Viandika Intari S.E.P
    POLDA JATENG

    Mohon ijin Bapak untuk mengomentari Gb. artikel tersebut::

    Menurut saya BERBICARA yang sering bahkan dilakukan setiap saat oleh masyarakan bahkan tidak terlepas dari itu kami sebagai anggota Polisi juga melakukan hal tersebut. Gambar-gambar yang tertera diatas adalah suatu cerminan kegiatan yang sering dilakukan setiap insan hidup ini, namun yang sering kali kita lupakan adalah ETIKA BERBICARA itu sendiri.

    Berbicara itu sangatlah mudah dilakukan jika kita berbicara dengan sebaya kita atau patner kerja kita yang bersifat pribadi (face to face) dan tidak bersifat memberikan informasi bagi halayak luas. Namun jika kita kita diminta untuk berbicara menjelasakan tentang informasi yang dapat membatu orang lain (bermanfaat) dalam suatu forum kita sering merasa kesulitan bahkan sering kita menganggap diri kita tidak bisa ataupunh tidak mampu.

    Maka pada intinya berbicara itu sangatlah sulit jika tidak didasari dengan etika yang baik dalam menyampaikan setiap informasi yang berguna bagi orang lain, dan jika tidak dilatihpun itu sanganlah sulit, namun jika kita berbicara hal yang tidak penting sangatlah mudah atau lancar dalam menyampaikannya, karena berbicara harus malihat dimana tempat kita bicara, dengan siapa kita berbicara, dan bahasa apa yang harus kita gunakan, yang paling penting adalah kesopanan dalam penyampaian isi pembicaraan itu.
    Maka kita harus bisa memposisikan diri kita saat ingin berbicara dengan orang lain, jika isi dari pembicaraan itu tidak begitu bermanfaat lebih baik diam atau jadilah pendengar yang baik saja.

    Demikian, terimakasih Jendral.

    BalasHapus
  40. IPDA RECI RATULANGI - POLDA METRO JAYA ,, Mohon ijin jenderal, ijin mengomentari artikel ttg berbicara dgn orang tua/orang yg lebih tua, menurut kami cari etika berbicara dgn orang yg lebih tua dari kita hendaknya dgn santun dan sopan yg mana setiap ucapan dan kata2 yg baik, dan taklah pentingnya nada suara kita hendak lebih rendah dari dr beliau, trima kasih jenderal

    BalasHapus
  41. NI PUTU RISKA ADI PARAMITA
    BRIPDA POLDA BALI

    Mohon izin jendral saya sangat setuju dengan apa yang jendral tuangkan dalam artikel ini dimana dalam etika berbicara kita harus memperhatikan beberapa aspek dalam berkomunikasi baik verbal maupun non verbal dimana saya sangat setuju dengan beberapa poin yang mengatakan baanyak hal2 yang perlu di perhatikan dalam etika berbicara tersebut dimana kita harus mempersiapkan apa yang ingin kita bicarakan,intonasi, dan penggunaan bahasa yang baik dan mudah di mengerti bagi lawan bicara dan tidak menyinggung perasan orang lain .

    Sekian dan trimakasih jendral

    BalasHapus
  42. BRIPDA ENDAH SETYA NINGRUM
    POLDA JATENG

    Mohon Ijin Jendral

    Mengomentari artikel ini menurut saya memang benar dalam berbicara banyak hal-hal yang harus diperhatikan salah satunya dengan cara tidak memotong perkataan orang lain karena tidak sopan dan tidak menghargai pendapat dari orang lain. Jaga tutur kata setiap kita dalam mengemukakan pendapat.

    BalasHapus
  43. BRIPDA SISKA DEWI JAYANTI - POLDA JABAR......Mohon Izin Jendral
    Menanggapi etika berbicara saya sangat setuju dengan artikel yang jendral buat.. fokus pada pokok pembicaraan merupakan aspek pendukung dalam etika berbicara,serta objek pembicaraan juga harus jelas dan terarah sesuai dengan tujuan dan arah pembahasan masalah yang dibicarakan, sehingga pesan dari pembicara yang di kemukakan dapat diterima dengan baik dan benar.

    BalasHapus
  44. IPDA LINA MARLINA, S.Ip- POLDA JABAR,
    Assalaamualaikum Wr. Wb, selamat malam Jendral. Dengan adanya artiket tersebut diatas tertera pada point 3 dalam Etika Berbicara tidak menyindir, mencela maupun sinis terhadap orang lain, karena dalam etika berbicara dibutuhkan kesantunan dan harus ada saling menghargai dalam berkomunikasi dengan kata lain tidak melakukan hal- hal yang dapat membuat orang lain tersinggung maupun sakit hati, karena akan berdampak pada hubungan yang tidak harmonis dalam kehidupan bersosial. Etika berbicara secara santun harus dilakukan dengan maksud agar tercipta suasana nyaman dan harmonis. Demikian juga dengan tugas kita sebagai Anggota Polri bahwa kita selaku pengayom masyarakat, etika kesantunan dalam berbicara harus dijunjung tinggi guna terciptanya hubungan kemitraan Polri dan Masyarakat dalam rangka mewujudkan sosok Polri yang dicintai oleh seluruh lapisan Masyarakat.

    BalasHapus
  45. Mohon Ijin Jendral....sangat sangat tertarik dgn artikel tersebut diatas, krn dlm berkomunikasi tidak semua org berbicara dengan menggunakan etika, maka kadang kadang terjadi salah paham krn tersinggung dgn apa yg kita diucapkan .dgn artikel ini sangat bermanfaat utk kita terapkan dlm kehidupan sehari hari.
    terima kasih

    IPDA SRI SURYANI
    POLDA JAWA TENGAH

    BalasHapus
  46. BRIPDA SRI WINARNI
    POLDA JATIM

    Mohon ijin menanggapi jendral...saya tertarik dengan artikel d atas karena menurut saya etika berbicara sangat d perlukan dalam kehidupan sehari..menggunaan bahasa yg baik mudah d mengerti agar mnciptakan suasana nyaman dan tidakmenyinggung perasaan..

    BalasHapus
  47. Ijin Jendral menanggapi tentang etika berbicara, dimana etika berbicara yang utama adalah kerendahan hati dan tidak menyombongkan diri. Berkata baik kepada siapapun, dalam kondisi apapun dan dimanapun. Ketika akan berbicara dengan orang lain.

    IPTU NI MADE LESTARI
    POLDA BALI

    BalasHapus
  48. Mohon ijin jenderal.dari iptu endriyani polda jatim.Berbicara memanglah hal yang sepele, namun jarang sekali orang yang berbicara sesuai etika yang baik, berbicara yang enak didengar dan yang mudah dipahami serta tidak keluar dalam topik pembicaraan. Nah maka dari itu perlu sekali bagaimana menciptakan atau memahami etika berbicara yang baik

    BalasHapus
  49. Berbicara memanglah hal yang sepele, namun jarang sekali orang yang berbicara sesuai etika yang baik, berbicara yang enak didengar dan yang mudah dipahami serta tidak keluar dalam topik pembicaraan. Nah maka dari itu bagaimana menciptakan atau memahami etika berbicara yang baik

    Mohon ijin.iptu endriyani polda jatim.

    BalasHapus
  50. BRIGADIR D INDAH W POLRES TUBAN POLDA JATIM
    Sering kali saya mengamati cara berbicara antara pimpinan dengan anggota dengan cara menjaga jarak agar tidak menimbulkan persepsi negatif,kalau berbicara dengan nada lirih dan berbisik pasti akan menimbulkan dampak negatif

    BalasHapus
  51. Brigadir Rindu W Polda Jatim
    Sa tertarik dengan Bahasan etika berbicata ini, selama ini memang komunikasi dg org bny dilakukan dengan berbicara namun demikian bny yg belum memahami etika dalam beebicara shg bny menimbulkan salah paham dan menyinggung peraSaan. Dengan sudah mengetahi etika beebicara kita bisa dg mudah kpminikasi dan sosialisasi. Nah sebaiknya yg tidak paham etika berbicara menggunakan bahasa kalbu aja jadi komunikasi lebih indah krn disertai dg CINTA

    BalasHapus
  52. Mohon ijin jendral, untuk menambahkan bahwa dalam etika berbicara kita sebaiknya tidak memotong pembicaraan lawan bicara kita, karena hal tersebut akan menyinggung perasaan lawan bicara kita . Terima kasih ...

    KOMPOL WAHYUNI ( POLDA METRO JAYA )

    BalasHapus
  53. Sumber etika berbicara dari mna ya mas...klo bleh sya tau. buat referensi saya

    BalasHapus
  54. Sumber etika berbicara dari mna ya mas...klo bleh sya tau. buat referensi saya

    BalasHapus
  55. Sangat keren dan unik terima kasih mas:)
    Izin blog walking ya :) mampir juga di http://www.etikaseorangmuslim.com/ ya mas :D

    BalasHapus
  56. Bagus kesimpulannya. Saya ada artikel yang mungkin dapat melengkapi: http://www.anakadam.com/2016/08/baguskah-talk-much/ Terimakasih.

    BalasHapus
  57. Masukkan komentar Anda...Saya tertarik dengan tulisan ini yang membahas ttg Etika Berbicara karena dalam kehidupan sehari-hari hal yang selalu dilakukan adalah berbicara, namun terkadang banyak yang belum mengetahui ataupun tidak mengerti bahwa dalam berbicara pun ada etikanya. Seringkali dalam melakukan komunikasi dengan oranglain kita terjebak dalam perdebatan yang tidak perlu padahal terkadang hal tsb hanya disebabkan kesalahpahaman dalam berbicara. Etika berbicara sangat penting utk diketahui dan dipahami sehingga dapat tercipta suatu komunikasi yang baik.
    Sangat membantu banget

    BalasHapus
  58. Terimakasih Pak,
    Pagi ini dapat pembelajaran dr Artikel Bpk ini. Semoga bisa jd pedoman buat memulai kerja di semester genap nanti, januari 2017.

    BalasHapus
  59. Terimakasih Pak,
    Pagi ini dapat pembelajaran dr Artikel Bpk ini. Semoga bisa jd pedoman buat memulai kerja di semester genap nanti, januari 2017.

    BalasHapus