ETIKA BISNIS
1.
Melayani dengan ramah
2. Tidak marah sekalipun ada komplain
4.
Bersikap jujur
5.
Tidak menipu konsumen terutama dalam
kualitas & kwantitas barang
6.
Menepati janji
7.
Memperlakukan pelanggan yang adil
8. Pelanggan
adalah raja
9. Tidak saling
mengeksploitasi, terutama karyawan, rekan dll.
11. Bertanggung
jawab bila terjadi hal-hal yang diluar dugaan
12. Ada
jaminan yang jelas dan pasti
13. Dituangkan
dalam kontrak yang jelas dan pasti
14. Hindari
perselisihan
15. Jangan
serakah mengambil untung yang terlalu besar
Kompol Tri Suryanti, Sik, M.Si ~ Polda Jabar Gel II
BalasHapusEtika Bisnis
Dalam berbisnis kita juga harus beretika karena memang sangat penting. Maju mundurnya suatu perusahaan juga salah satunya dipengaruhi oleh perilaku para karyawannya yang jelas harus menjunjung tinggi etika dlm berbisnis. Ada hal penting yang terkadang mungkin dilupakan oleh para pimpinan perusahaan dalam berbisnis. Budaya suatu perusahaan biasanya dicerminkan oleh para eksekutifnya, para pegawai/karyawan akan meniru perilaku para eksekutifnya, para bosnya, karena memang bos-bos inilah yang mempekerjakan mereka, menilai hasil pekerjaan mereka, menggaji mereka dan mempromosikan mereka, maka dari bos-bos inilah yang harus bertanggung jawab terhadap budaya atau kultur perusahaan tersebut, termasuk budaya dalam ber "etika bisnis".
Jadi bisa dikatakan bahwa kelangsungan hidup suatu organisasi/perusahaan yang berbisnis akan ditentukan oleh seberapa kuat penegakan etika di dalamnya, dan kultur etika suatu perusahaan bergantung kepada pemimpinnya.
*Salam Etika*