Sabtu, 08 Februari 2014

ETIKA SEBAGAI BAWAHAN


1. Tidak pernah mengeluh



2. Tidak mudah kecewa



3. Tidak iri dengki



4. Tidak sulit diperintah
Image result for bawahan tidak sulit diperintah


5. Selalu siap siaga



6. Tidak mudah tersinggung



7. Tidak mudah merajuk


8. Tidak mudah menggerutu


9. Tidak mudah menyerah


10. Mudah di Hubungi 



11. Harus setia & taat sepanjang sesuai norma, etika & aturan



12. Tidak sekali-kali berkhianat/ pantang berkhianat
Image result for bawahan menolak


13. Menjaga rahasia institusi, negara maupun pimpinan



14. Bersikap hormat & segan


15. Harus Jujur dan terbuka, jangan sekali-kali membohongi pimpinan


16. Jangan melangkahi pimpinan dalam mengambil keputusan





17. Melaporkan/menyampaikan setiap perkembangan situasi



18. Meminta persetujuan pimpinan apabila mau memutuskan hal2 yang penting dan urgent

19. Luwes, fleksibel namun sesuai dg norma, etika & aturan bukan bersikap ABS (Asal Bapak Senang)
Image result for bawahan yang baik


20. Mengenali sifat, kesenangan, hobi dan kebiasaan pimpinan



21. Meminta Ijin jika ada keperluan pribadi utk meninggalkan pekerjaan jgn sampai membolos atau menghilang tanpa keterangan yg jelas


22. Jgn meninggalkan kantor sebelum pimpinan balik
Image result for meninggalkan kantor


23. Jgn meninggalkan pekerjaan/selesaikan pekerjaan sampai tuntas



24. Jgn menyalahkan orang lain


25. Harus datang lebih awal, pulang tidak mendahului pimpinan
Image result for bawahan tidak sulit diperintah


26.  Jika ada permintaan yg kurang sesuai, hati2 jgn menolak secara frontal
Image result for bawahan berkhianat


27. Cari waktu yg tepat utk menyampaikan alasan dg santun dan masuk akal


28. Jgn sekali2 membicarakan kejelekan pimpinan



29. Ingatkan pimpinan dg santun serta melihat & memperhatikan sikon yg tepat apabila apabila sdh jelas2 keluar dari norma, etika, aturan & tujuan organisasi
Image result for bawahan menolak


30. Sampaikan sesegera mungkin apabila ada berita buruk agar bisa segera diatasi, silahkan tunda dahulu apabila ada berita baik. jgn sebaliknya



31. Konfirmasikan segera kpd pimpinan apabila mendapat perintah yg bertentangan



32. Konfirmasikan sjg dg segera apabila mendapat perintah yg kurang jelas
Image result for bawahan menolak


33. Ikuti petunjuk dari pimpinan tertinggi apabila ada perintah yg simpang siur
Image result for bawahan menolak


34. Jika menghadap pimpinan harus membawa alat tulis

35. Jgn sekali2 melawan pimpinan apalagi didepan umum, bila situasi sdh agak kurang terkendali lebih baik mengalah & menghindar.
   


36. Melaksanakan setiap perintah dgn rasa ikhlas sbg sebuah ibadah krn hanya dgn rasa ikhlas yg beratpun akan jadi ringan, tetapi dgn keterpaksaan yg ringan pun akan menjadi terasa berat





172 komentar:

  1. Etika Sebagai Bawahan :
    1. Tidak mudah mengeluh: sebelum kita menjagi anggota / bergabung dalam suatu institusi / perusahaan , kita sudah membuat suatu perjanjian / kontrak kerja untuk sanggup melaksanakan tugas / kewajiban yang diberikan kepada kita, sehingga saat kita menerima perintah dari atasan / user dalam segala situasi dan kondisi maka kita harus melaksanakan serta bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugas tersebut.

    BalasHapus
  2. Seorang pemimpin selayaknya mempunyai sikap sebagaimana tertuang tersebut diatas, karena pemimpin itu harus menjadi contoh dan bukan sekadar memberi contoh kepada bawahan. Adalah suatu kewajiban bagi pemimpin menjadikan dirinya sebagai contoh guna dapat diikuti oleh bawahan, bagaimanapun pimpinan adalah suri tauladan bagi bawahan. Bagaimana pemimpin bisa memerintah bawahan sementara pimpinannya belum bisa bersikap sebagaimana tersebut diatas? tentunya akan sangat sulit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo atasan suka nyunat hak bawahan trus apa2 yg diminta atasan dikerjakan bawahan dan ketika kerjaan salah yg disalahkan bawahan maka etika diatas gak laku. Kategori wajar bawahan malas. Opini pribadi

      Hapus
    2. Ipda Ni Made Rewati Nrp 69100299 asal pengiriman Polda Bali

      Hapus
  3. sebagai bawahan harus siap kapan pun, dimanapun dan apapun yang diperintahkan oleh atasan kita selama perintah itu masih dalam koridor yang benar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : IPDA UMIANTUM FARICH NRP 75070039 asal pengiriman POLDA JATENG POLRES PURBALINGGA

      Hapus
  4. Koment untuk Poin : Tidak Sulit Diperintah

    Sebagai bawahan pastinya kita harus selalu mentatati perintah dari atasan. Tapi tentunya harus dalam batas-batas kewajaran dan sesuai dengan ketentuan. Apabila perintah tersebut menyimpang, kita bisa menolak dengan baik atau memberikan beberapa argumen yang dapat menjadi dasar bagi kita untuk memperkuat penolakan kita.

    BalasHapus
  5. Sebagai bawahan harus bersikap hormat pada atasannya, dengan pertimbangan atas wewenang, tanggung jawab dan wibawa. Atasan harus bersifat mendidik dan memberi pengarahan kepada bawahannya, sehingga mereka dapat meningkatkan kemampuan unjuk kerja dan sikap kerja, karena kemajuan anak buah merupakan tanggung jawab atasannya. Dan seorang atasan harus menjadi panutan bagi bawahannya, tingkah laku atasan harus mencerminkan nilai-nilai yang dianut oleh bawahannya.

    BalasHapus
  6. Etika sebagai bawahan tidak mudah tersinggung
    seorang pimpinan yang baik sebelum memberi teguran kepada bawahannya harus bisa mengetahui bagaimana bawahan tersebut , mendalami kesalahannya , waktu dan mengetahui porsi umur bawahan tersebut . sehingga bawahan tersebut tidak tersinggung, Seorang bawahan juga harus bisa mengerti jika memang salah dan diingatkan pimpinan harus bisa menerima ,

    BalasHapus
  7. -Bawahan harus bersikap hormat pada atasannya, dengan kata lain penghormatan bawahan terhadap atasannya semata-mata atas pertimbangan wewenang, tanggung jawab dan wibawa.

    -Garis tanggung jawab adalah dari bawah keatas, yakni bawahan bertanggung jawab kepada atasan dan atasan mempertanggung jawabkan bawahannya.

    -Seorang bawahan jangan membohongi, menyembunyikan data atau dengan sengaja berusaha menyesatkan atasannya untuk hal-hal yang ada kaitannya dengan perusahaan. Atasan yang tidak mendapat informasi, atau mendapat informasi yang salah berakibat kesimpulan dan keputusan yang salah pula, yang pada akhirnya menyebabkan kerugian perusahaan.

    -Atasan harus bersifat mendidik dan memberi pengarahan kepada bawahannya, sehingga mereka dapat meningkatkan kemampuan unjuk kerja dan sikap kerja, karena kemajuan anak buah merupakan tanggung jawab atasannya.

    -Seorang atasan harus menjadi panutan bagi bawahannya, tingkah laku atasan harus mencerminkan nilai-nilai yang dianut oleh bawahannya.

    BalasHapus
  8. Atasan seringkali memerintah bawahannya. Ketika hal ini dilakukan, sikap kita sebagai bawahan harus selalu siap dalam menerima atau mengemban perintah/tugas apapun dari atasan kita terlebih lagi jika itu adalah kewajiban yang harus kita kerjakan atau laksanakan. Selagi perintah itu jelas dan tidak melanggar aturan, sikap kita sebagai bawahan selalu siap siaga melaksanakan perintah tersebut dikirim atas nama AKP Krisna Dewi.

    BalasHapus
  9. BRIPDA CICI SASKYA POLDA JABAR
    Koment untuk Poin : Tidak Sulit Diperintah

    Sebagai bawahan pastinya kita harus selalu mentatati perintah dari atasan. Tapi tentunya harus dalam batas-batas kewajaran dan sesuai dengan ketentuan. Apabila perintah tersebut menyimpang, kita bisa menolak dengan baik atau memberikan beberapa argumen yang dapat menjadi dasar bagi kita untuk memperkuat penolakan kita.

    BalasHapus
  10. Bripda Indri Friyani - Polda Jabar

    koment untuk point : Tidak Mudah Tersinggung
    sebagai anggota polri harus memiliki rasa lapang dada , punya mental yg kuat dan rasa percaya diri yg tinggi. Apa lagi sebagai bawahan kita harus bisa menerima apa yg diperintahkan oleh pimpinan salah atau benar kita harus selalu siap, Tapi tentunya harus dalam batas-batas kewajaran dan sesuai dengan ketentuan.

    BalasHapus
  11. Bripda Sally Carmelia Azis/95040175/polda metro jaya/siswa pelatihan pengasuh 7000 polwan

    Etika sebagai bahawan
    10. Mudah dihubungi
    sebagai bahawan harus selalu siap sedia dan selalu mudah untuk dibuhungi oleh atasan. Caranya dengan selalu membawa handphone kemana saja dan jangan pernah mematikan handphone apabila sedang di charge, karna kita tidak tahu kapan atasan akan memerintahkan kita. Upayakan selalu siap sedia ketika atasan memberikan tugas kepada kita. Turuti apa yang atasan suruh kepada kita, tetapi bila atasan menyuruh kita tidak melakukan hal-hal yang baik, maka tolaklah perintah tersebut dengan sopan dan tidak menyinggung perasaan atasan kita.

    BalasHapus
  12. Bripka endang nuriasih/ polda metro jaya
    Komen untuk poin:
    4. tidak sulit diperintah
    Sebagai bawahan kita harus mengikuti semua yang diperintahkan oleh atasan. Tetapi kita juga harus berani menolak perintah atasan dengan sopan apabila perintah tersebut tidak sesuai dengan norma yang berlaku

    BalasHapus
  13. IPDA FARIDA ARIYANTI, Polda Metro Jaya

    Selalu siap siaga
    Sebagai bawahan harus selalu siap siaga dalam menerima perintah, baik dalam situasi apapun, mengingat sebagai insan polri yang berjiwa bayangkara memiliki motto melindungi, mengayomi, melayani, menolong dan sahabat masyarakat, harus siap sedia dimana saja dqan kapan saya apabila ada masyarakat yang memerlukan tindakan kepolisian.

    BalasHapus
  14. Mohon ijin Jendral, ijin berkomentar mengenai tulisan Jendral, menurut saya sebagai bawahan kita harus mengerti etika dan tata krama kepada atasan. Semenjak kita memutuskan menjadi anggota Polri kta telah dikontrak dan siap mengikuti segala peraturan yang ada di Polri termasuk mematuhi perintah dari pimpinan, tetapi pimpinan tidak semata-mata dapat memberikan perintah seenaknya kepada bawahannya diluar urusan kantor. Bawahan berhak menolak perintah atasannya apabila perintah tersebut tidak sesuai dengan aturan Polri dan melenceng dari urusan kantor. Apalagi menganggap bawahannya sebagai pembantu/pesuruhnya. Tetapi apabila perintah masih dalam aturan atau urusan kantor, tetapi bawahan tidak mau melaksanakannya maka si bawahan dapat dikenai sanksi sebagaimana yang telah diatur dalam kode etik Polri.

    BalasHapus
  15. Etika sebagai bawahan
    3.tidak iri dengki...
    Ketika kita melihat teman mendapatkan peringkat yang lebih baik dibandingkan kita, kita tidak boleh iri dengki terhadapnya. Karena sifat iri dengki akan menimbulkan rasa kecemburuan yang berlebihan sehingga akan bermunculan pemikiran negatif yang akan membawa kita ke persoalan yang lebih rumit lagi.tks
    Salam hormat sy:
    Ipda Desak Made Oka Polda Bali

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Bripda Kadek Nopitayanti Polda Bali
    Mohin ijin menanggapi poin ke 5 selalu siap siaga: sebagai bawahan kita harus selalu siap akan apapun perintah yang diberikan oleh atasan kita. Jangan menunda-nunda waktu dan segera selesaikan perintah atasan kita agar tugas yang diberikan dapat diselesaikan dengan baik

    BalasHapus
  18. Bripda Kadek Nopitayanti Polda Bali
    Mohin ijin menanggapi poin ke 5 selalu siap siaga: sebagai bawahan kita harus selalu siap akan apapun perintah yang diberikan oleh atasan kita. Jangan menunda-nunda waktu dan segera selesaikan perintah atasan kita agar tugas yang diberikan dapat diselesaikan dengan baik

    BalasHapus
  19. saya ipda purwanti Dalam menghadapi pemilu 2014 Polri harus siap siaga untuk mengamankan jalannya pemilu ini guna tercapainya keamanan dan kenyamanan serta berjalan dengan lancar

    BalasHapus
  20. Ipda Puji Astuti, Polda Metro Jaya
    Tidak Mudah menggerutu sebahgai seorang Insan Bhayangkara kita slalu siap dalam melaksanakan Perintah Tugas apapun tugas dilaksanakan dengan hati yg ikhlas niscaya semua akan mendapat hasil yg maksimal intinya "Tugas tidak di jadikan Beban tapi menjadi kewajiban"

    BalasHapus
  21. Ipda yuli Polda Metro Jaya
    Mudah Di Hubungi sebagai bahawan kita selalu On call untuk perintah tugas mendadak karena kita harus sadari bahwa tugas Polri tidak mengenal waktu

    BalasHapus
  22. AKP GRACE HARIANJA . SH mengingat sebagai insan polri yang berjiwa bayangkara memiliki motto melindungi, mengayomi, melayani, menolong dan sahabat masyarakat, harus siap sedia dimana saja apabila ada masyarakat yang memerlukan tindakan kepolisian . sesui prosedur dan aturan yang berlaku ,

    BalasHapus
  23. BRIPDA AMANDA POLDA METRO JAYA
    mohon ijin menurut saya sebagai bawahan kita harus mengerti etika dan tata krama kepada atasan. sebagai mana kita harus bersikap dengan baik , berperilaku yang soapan terhadap sesama rekan rekan yang di sekeliling kita

    BalasHapus
  24. BRIPDA DEWI PREHANTINI WAHYUNINGTYAS POLDA JATENG
    Mohon ijin meenanggapi poin pertama yang Tidak Mudah Mengeluh , menurut saya sebagai bawahan harus melakukan perintah dari atasan dengan ikhlas selama perintah tersebut baik dan tidak melanggar peraturan , jadi apapun perintahnya harus dijalankan dengan ikhlas dan dilakukan sebaik mungkin karena itu sudah menjadi tugas kita

    BalasHapus
  25. Salam hormat.... Ijin berkomentar

    Bagaimanaa etika seorang bawahan ituu tidak hanya diaplikasikan kepada pimpinan sajaa.. Kita adalah seorang anggota polri ato abdi negaraa.. Masyarakat dewasa ini yang semakin modern menginginkann seorang anggota polri yg semakin profesional dan sebagaimana yg terdapat di dalam Tribrata serta Catur Prasetya

    BRIPDA IRMA MARIESA ULFAH
    BID PROPAM POLDA JABAR

    BalasHapus
  26. Mohon ijin untuk turut curah gagasan. Menarik sekali untuk mengupas tentang hubungan etika kerja antara pemimpin dan bawahannya.

    Bawahan harus bersikap hormat pada atasannya, dengan kata lain penghormatan bawahan terhadap atasannya semata-mata atas pertimbangan wewenang, tanggung jawab dan wibawa.

    Garis tanggung jawab adalah dari bawah ke atas, yakni bawahan bertanggung jawab kepada atasan dan atasan mempertanggungjawabkan bawahannya.

    Atasan harus bersifat mendidik dan memberi pengarahan kepada bawahannya, sehingga mereka dapat meningkatkan kemampuan unjuk kerja dan sikap kerja, karena kemajuan anak buah merupakan tanggung jawab atasannya.

    Seorang atasan harus menjadi panutan bagi bawahannya, tingkah laku atasan harus mencerminkan nilai-nilai yang dianut oleh bawahannya.

    menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah. Seorang pemimpin pasti menjadi contoh bagi setiap orang yg dipimpinnya. Tolak ukur keteladanan seorang pemimpin diantaranya:
    1) Memberikan contoh yang baik kepada orang yang dipimpinnya
    2) Apa yang ia harapkan dan katakan pada bawahannya hendaknya sudah ia lakukan terlebih dahulu.

    Dengan demikian, profil seorang pemimpin dapat terlihat dari perilaku orang-orang yang dipimpinnya dan sebaliknya.

    Terima kasih, semoga bermanfaat.

    Salam hangat,
    Siti Hamidah, SH.
    IPDA NRP 72110024
    Polda Jawa Barat

    BalasHapus
  27. Ipda muji rahayu/polda metro jaya
    Beri komen untuk poin :
    1. Tidak pernah mengeluh
    Sebagai seorang bawahan kita tidak boleh mengeluh dan pasrah terhadap perintah atasan yang diperintahkan, apapun perintah atasan yang baik selama tidak membebankan kita dan tidak bertentangan dengan hati nurani, harus dilaksanakan dengan senang hati, tulus, dan ikhlas.

    BalasHapus
  28. Mohon ijin menyambung curah gagasan dari Adikku Siti Hamidah.

    Untuk dapat memberikan keteladanan, seorang pemimpin harus :
    1. Memiliki rasa tanggung jawab
    2. Mengesampingkan kepentingan pribadi
    3. Memiliki sikap melayani
    4. Kesetiaan memiliki nilai yg sangat tinggi
    5. Kepemimpinan = intuisi + nalar
    6. Banyak bekerja, sedikit bicara
    7. Menjadi motivator yg baik
    8. Bekerja sama dengan orang lain.

    terima kasih.

    Sukses selalu,
    Ani Sudarti
    NRP 68090080
    Polda Jawa Barat

    BalasHapus
  29. - menerima teguran dari atasan dengan senang hat untuk perbaikan diri dan jangan dijadikan beban.
    - menerima saran pendapat rekan kerja untuk saling mengisi asah, asih , asuh untuk keompakan dalam bekerja

    Nama : Ipda Supriyatimah
    Polda Jateng

    BalasHapus
  30. Bripda Dian Polda Jateng mohon izin menanggapi poin no 9 tidak pernah menyerah
    Hendaknya sebagai bawahan apabila mendapat perintah dari atasan yg mungkin sulit untuk di selesaikan sebaiknya jangan mudah untuk menyerah namun ttp mencoba apa yg telah di perintahkan dengan kemampuan kita, yg terpenting kita mau mencoba menyelesaikan perintah atasan.

    BalasHapus
  31. Ipda fitria wahyuningsih/polda metro jaya
    Beri komen pada poin :
    5. Selalu siap siaga
    Sebagai bawahan selalu siap siaga dalam menjalankan tugas yang diperintahkan oleh pimpinan dan selalu tepat waktu jika di berikan tugas oleh pimpinan dan dalam menjalankan tugas harus dengan baik dan ikhlas sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

    BalasHapus
  32. sebagai pimpinan bergerak bersama-sama dengan bawahan dapat memperoleh dan menjaga hubungan kerja yang baik agar dapat di percaya dan diterima

    BalasHapus
  33. sebagai pimpinan bergerak bersama-sama dengan bawahan dapat memperoleh dan menjaga hubungan kerja yang baik agar dapat di percaya dan diterima

    nama : Bripda Megafitria W
    Polres Klungkung Polda Bali

    BalasHapus
  34. BRIPDA NILUH KADEK RIZKI RADITYANI - POLDA JAWA TENGAH

    Salam hormat, ijin berkomentar

    Saya ingin menanggapi Etika sebagai bawahan poin 8 tentang Tidak mudah menggerutu, sebagai bawahan walaupun kita sering mendapat perintah dari atasan yang terkadang tidak sesuai dengan keinginan kita, kita harus tetap melaksanakan perintah tersebut dengan senang hati dan ikhlas tanpa menggerutu dalam hati kita, supaya tugas tersebut dapat menghasilkan hasil yang maksimal.

    BalasHapus
  35. Polda Jatim Brigadir Siti Rochma
    Sebagai bawahan kita tidak boleh mengeluh dalam setiap perintah yang diberikan oleh Pimpinan selama perintah itu positif, karena perintah itu adalah amanah yang harus kita laksanakan dan yang terpenting kita harus ikhlas dalam setiap melaks perintah agar dalam melaks perintah tersebut terasa ringan

    BalasHapus
  36. Tidak sulit diperintah
    Pada umumnya kita sebagai bawahan tidaklah sulit untuk diperintah, karena tugas kita sebagai bawahan adalah melayani atasan, semasih tugas yang diberikan atau diperintahkan bersifat positif. adakalanya kita menolak perintah atasan mengingat tugas kita adalah siap untuk di perintah dan melayani pimpinan

    Nama : Bripda Ni Luh Heni Y
    Polres Karangasem Polda Bali

    BalasHapus
  37. Ipda wartisah winaningsih/ polda metro jaya
    Beri komen pada poin :
    8. Tidak mudah menggerutu
    Sebagai bawahan apabila kita dapat tugas dari atasan kita harus menjalani tugas tersebut dengan ikhlas dan senang hati. Jangan pernah mengeluh dan menggerutu apabila mendapat tugas dari atasan, sekalipun tugas tersebut tidak sesuai dengan hati nurani kita

    BalasHapus
  38. Mhn izin jendral,,kompol mariam nrp 65110024 polda ntb izin berkomentar ,,,,,,
    Bahwa tata cara yg jendral paparkan diatas sangat tepat kami gunakan untuk diterapkan kepada calon adik2 polwan yang akan kami didik sehinggga menghasilkan calon2 brigadir polwan yang bermutu dan siapkan diterjunkan ke masyarakat dan siap melaksanakan kebijakan2 yg ditugaskan pimpinan guna mewujudkan polri yang dicintai masyarakat

    BalasHapus
  39. Etika Bawahan
    - Siap melaksanakan perintah atasan dan siap menerima teguran dengan senang hati demi kebaikan dan kemajuan ke depan
    - Siap menerima saran dan pendapat rekan sekerja untuk kebaikan dalam melaksanakan tugas sehari-hari

    Nama : Ipda Retno Rahayu
    Polda Jateng

    BalasHapus
  40. BRIGADIR DIAN PLAZA PENGIRIMAN POLDA KEP. BABEL
    Saya akan mengomentari point Mudah Dihubungi. Sebagai seorang bawahan memang seharusnya selalu mudah untuk dihubungi. Apalagi menyangkut masalah pekerjaan. Sebagai contoh pekerjaan sebagai seorang Polwan Reskrim yang berdinas di wilayah yang jumlah personil Polwannya sangat terbatas. Dia harus selaku siap untuk dihubungi kapan saja oleh Pimpinannya ketika dibutuhkan untuk melakukan penggeledahan badan seorang Wanita atau untuk memberikan pelayanan pertama terhadap perempuan atau anak yang menjadi korban suatu tindak pidana. Mengingat tindak pidana tersebut tidak hanya terjadi ketika kita sedang berdinas, namun terkadang terjadi ketika kita sedang berada dirumah atau diluar kantor. Oleh sebab itulah dimanapun kita berada, kita harus tetap membawa alat komunikasi misalnya HP agar Pimpinan selalu mudah untuk menghubungi kita.

    BalasHapus
  41. Polda Jatim Aiptu Nurul Hidayah
    Seorang bawahan harus mudah dihubungi walaupun diluar jam dinas apabila pimpinan membutuhkan bawahan senyampang perintah tersebut tidak keluar dari koridor aturan yang ada

    BalasHapus
  42. BRIPDA ASTRID PRADHITA POLDA JAWA TENGAH
    Mohon ijin Jendral mengomentari poin ketiga menurut saya menjadi seorang bawahan tidak boleh memiliki sikap iri dengki, karena hal tersebut dapat mengurangi, mengganggu, dan mempengaruhi etos dan kinerja bawahan dalam hal ini juga mempengaruhi kinerjanya dalam satuan. meskipun bukan menjadi prioritas pimpinan seorang bawahan harus tetap bekerja maksimal, dengan segenap kemampuannya demi membangun dan memajukan satuannya. hal ini didasari dengan Sumpah Jabatan dan Kode Etik Profesi. Siap terima Kasih

    BalasHapus
  43. BRIPTU NILLA NURBAKTINI, SH (SPN LIDO POLDA METRO JAYA)

    Etika sebagai bawahan, bahwa sebagai bawahan harus siap dan tanggap di situasi apapun. Serta dapat membantu atasannya dengan baik dan mampu mengerjakan semua yg diperintahkan atasannya....


    BalasHapus
  44. Tidak sulit dperintah
    selama perntah itu sesuai dengan ketentuan dan peraturan serta tanpa mengesampingkan etika
    Organisasi Polri adalah organisasi yang memiliki aturan dan tata tertib berprilaku, bekerja dan bertinda baik dalam lingkungan organisasi maupun masyarakat. Maka sesuai peraturan disiplin yang ad seorang bawahan wajib mematuhi perintah atasan selama tdak memasung inovasi dan kreatifitas anggota serta perintah - perintah yang diberikan sesuai aturan dan ketentuan serta tanpa mengesampingkan etika tata krama

    Nama : Akp Luh Relawati Sri Utami
    Polda Bali

    BalasHapus
  45. BRIPDA- LUH MADE DIAH WINADEWI RATSUKO/ 94020385 - POLDA BALI
    1. Sebagai seorang bawahan pada umumnya memanglah tugas kita untuk melayani dan melaksanakan tugas atau pun printah dari atasan dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab. tugas yang diberikan seorang atasan haruslah dikerjakan dengan tulus ikhlas, jangan pernah mengeluh karena setiap tugas yang diberikan atasan pasti mempunyai tujuan yang baik untuk kualitas dan kwantitas karir kita kedepan. jadilah seorang bawahan yang tidak pernah mengeluh apa yang kita lakukan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil yang baik.

    BalasHapus
  46. Etika Bawahan Siap Siaga
    sebagai seorang anggota Polri kesiap siagaan selalu di utamakan namun sering terjadi kelengahan anggota polri sehingga sering kecolongan seperti penembakan pos-pos sehingga peran pimpinan sangat diperlukan

    Nama : Ipda Wayan Sumiati
    Polda Bal

    BalasHapus
  47. BRIPDA LISA APRILIA POLDA JATENG
    Salam hormat, ijin berkomentar

    Ingin menanggapi Etika sebagai bawahan tentang selalu siap siaga , kita sebagai bawahan harus selalu siap dalam keadaan apapun sesuai dengan perintah yang d berikan oleh pimpinan yang menyangkut organisasi yang kita anut

    BalasHapus
  48. Bripka saktian suryani...
    Ijin menanggapi etika sebagai bawahan yg slalu siap siaga..sebagai insan bhayangkara harus slalu siap siaga dlm melaks tugas sebagaimana tertuang dalam panca siap..

    BalasHapus
  49. Etika sebagai atasan
    dalam memberikan tugas atau memerintahkan bawahan agar memperhatikan asas kasih sayang dengan memperhatikan tempat tinggal atau alamat yang bersangkutan atau kemampuan secara ekonomi.

    Nama : Akp Made Mindriwati
    Polda Bali

    BalasHapus
  50. etika sebagai bawahan siap menerima dari atasan siap menjalankan semua perintah sepanjang perintah tersebut tidak bertentangan dengan norma dan masih dalam batas batas rasional sebagai bawahan mudah dihubungi oleh atasan pada waktu kapanpun tidak memperhitungkan waktu, tenaga dan pikiran sebagai bawahan melaksanakan tugas dengan tulus ikhlas , tidak menggerutu, tidak mengeluh, tidak merajuk untuk meminta keringanan tugas, tidak pernah mudah menyerah dan bila dalam tugas tersebut ada kendala maka segera melaporkan dan mohon petunjuk.

    KOMPOL RITA YUNINGSIH -POLDA JATIM

    BalasHapus
  51. Etika sebagai bawahan
    tidak Pernah Mengeluh
    Sebagai seorang bawahan pada umumnya memanglah tugas kita untuk melayani dan melaksanakan tugas ataupun perintah atasan dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab.

    Nama : Bripda Luh Made Diah Wina Dewi R.
    Polda Bali

    BalasHapus
  52. Iya...ini untuk jawaban etika sebagai bawahan...
    Selalu siap melaksnakan tugas pimpinan dan menjaga keselamatan pimpinan ..sehingga harus bisa memilah setiap.perintah yg di berikan mana yg patut di jalankan dan tidak krn apabila ada perintah salah yg kita laksanakan maka kita telah ikut mengantarkan pimpinan kita ke arah yg salah..

    aipda kadek suryaningsih
    SPN Singaraja

    BalasHapus
  53. Ipda mami polda jatim..ijin menanggapi etika sebagai bawahan ..tidak menggerutu..bawahan seharusnya melaks tugas dgn senang hati dan iklas..tidak mengeluh dan dijadikan sebagai ibadah..

    BalasHapus
  54. BRIPDA FATRICIA UNIN PRATIWI / POLDA METRO JAYA

    Mohon izin menurut saya etika sebagai bawahan tentang kesiapsiagaan: sebagai bawahan kita harus siap menerima perintah dalam situasi dan keadaan apapun serta dimanapun kita berada tanpa kita harus menolak perintah karena sejak pendidikan pembentukan pun kita sudah dilatih untuk siap siaga dalam keadaan apapun dalam menerima perintah. seperti saat pemilu seperrti sekarang kita harus siap kehilngan waktu libur untuk tetap siap siaga dalam menjaga kelancaran dan keamanan pemilu yang sedang berlangsung di indonesia

    BalasHapus
  55. Etika Bawahan :
    - Menerima teguran dari atasan demi perbaikan diri kedepan
    - menerima saran pendapat rekan sekerja untuk saling mengisi sehingga kedepan polri semakin profesional

    Ipda Amelia M. L, SH / Polda Bali

    BalasHapus
  56. Mohon ijin Brigadir Ari Sulistyowati Polda Jatim ijin menanggapi etika sebagai bawahan "tidak pernah mengeluh" : bahwa sebagai bawahan, kita harus siap dan menerima perintah dan kebijakan yang diambil oleh atasannya. Meskipun mungkin perintah dan kebijakan yang diambil dan diberikan oleh atasan itu tidak sesuai dengan harapan kita, tetapi kita harus melaksanakannya dengan ikhlas sehingga tidak ada rasa kecewa.

    BalasHapus
  57. Polda Jatim Brigadir Maritha dian
    Sebagai bawahan kita harus dapat melaksanakan semua perintah dan melaksanakannya tanpa harus merajuk karena setiap apa yang diberikan merupakan amanah dan tanggung jawab yang harus kita laksanakan dengan lapang dada, agar tidak menjadikan beban dalam melaksanakan tugas

    BalasHapus
  58. sebagai bawahan kami akan berusaha mengaplikasikan hal-hal positif di dalam tugas sehari- hari dilapangan tempat kami bertugas yang melaksanakn arahan atasan atau pimpinan kepada kami sebagai bawahan dengan penuh rasa tanggung jawab

    Aiptu Yuniati Rahayu/Polda Bali

    BalasHapus
  59. BRIPDA Arifatul fadhila polda jateng mohon izin berkomentar jendral
    untuk etika sebagai bawahan poin 3 => tidak iri dengki

    menurut saya , kita sebagai bawahan atau pangkat terendah, sistem kerja kita sudah terstruktur terarah sesuai pimpinan dan itu merupakan tanggung jawab seorang piminan. sehingga tugas yg kita lakukan itu sudah dipertimbangan kepastianya, nah sebagai bawahan kita tidak di perkenankan untuk memliki rasa iri dengki dengan atasan yang memiliki kebijakan lain yang tidak sesuai dengan keinginan kita selama perintah atau itu tidak bertentangan dengan UUD maupun ketentuan yang berlaku yang seharusnya dan selama ini untuk kebaikan organisasi .

    BalasHapus
  60. Polda Jatim Brigadir Hilda Susanti
    Dalam melaksanakan tugas yang diberikan oleh pimpinan atau atasan baiknya dilakukan dengan lapang dada sebab kita menjalankan semua perintah dilandasi dengan tanghung jawab apabila kita mengalami kendala dalam melaks perintah tersebut sebaiknya kita mencari jalan untuk solusinya dan jangan sampai menyerah untuk melaksanakannya

    BalasHapus
  61. BRIPDA RIZKA NANDA CANTIKA AGUSTINA POLDA JATENG
    Tidak mudah tersinggung,mungkin sebagian atasan ada yg sering menegur dg kata" agak kasar ttg kinerja kita yg kurang beres misalnya,sebaiknya kita ambil sisi positifnya untuk instrospeksi dan esok bisa bekerja kebih baik lagi. Terima kasih

    BalasHapus
  62. Bripka Ni Putu Wahyu Andiniwati / Polda NTB.....sebagai bawahan harus siap melaksanakan segala tugas yang diberikan oleh Pimpinan dan sebagai atasan harus membimbing dan mengarahkan bawahan dalam pelaksanaan tugas sehingga bawahan dapat melaksanakan tugas secara optimal dan mendapatkan hasil yang maksimal.

    BalasHapus
  63. Etika bawahan tidak pernah mengeluh
    sikap seperti ini yang patut dimiliki oleh setiap personil sebagai bawahan yang memiliki dedikasi dalam kinerja yang tinggi
    perilaku dan sikap ini dapat dilakukan oleh personil yang memiliki keiklasan dan ketulusan hati, dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.
    personil seperti ini harus mendapat perhatan dari pimpinan dalam penghayatan karirnya sebagai reword.

    Akp Orpa Sari/Polda Bali

    BalasHapus
  64. BRIPDA- RAIDA DWI NURMALA/ 94060770 - POLDA JAWA TENGAH
    Ijin mengomentari Jendral ..
    Kita sebaiknya sebagai bawahan harus loyal kepada pimpinan atau atasan kita serta berdedikasi tinggi terhadap bidang tugas pekerjaan kita dengan selalu mentaati peraturan dan tidak melanggar peratuaran yang telah di tentukan dari tempat kerja kita serta senantiasa bersinergi dan bekerjasama dengan rekan kerja kita demi kemajuan organisasi tempat kita bekerja.

    BalasHapus
  65. BRIPDA RIZKA NANDA CANTIKA AGUSTINA POLDA JATENG
    Tidak mudah tersinggung,mungkin sebagian atasan ada yg sering menegur dg kata" agak kasar ttg kinerja kita yg kurang beres misalnya,sebaiknya kita ambil sisi positifnya untuk instrospeksi dan esok bisa bekerja kebih baik lagi. Terima kasih

    BalasHapus
  66. Etika Sebagai Bawahan
    Tidak Mudah Tersinggung
    sebagai bawahan diharuskan memiliki wawasan yang luas mempunyai ketajaman intelektual, ketajaman spritual, ketajaman emosional sehingga saat menerima tugas dari atasan dapat dcerna dengan baik terutama buat pimpinan penyampaian perintah agak keras dan ada kata-kata yang kurang berkenan sebagai kita bawahan tidak mudah tersnggung ini merupakan sikap kematangan emosional yang baik.

    Kompol Ni Komang Kusumasari/Polda Bali

    BalasHapus
  67. Etika Bawahan
    sebagai bawahan harus memiliki sikap yang tegas, berani, jujur, konsisten mampu mencerna dan menjabarkan perintah atasan serta bersikap dewasa dan memiliki tanggung jawab sesuai dengan tugas pokok fungsi dang perannya

    Kompol Ketut Kuni Kartika/Polda Bali

    BalasHapus
  68. Ipda. Ni Luh Gede Raka, SE
    Polda Bali

    sebagai bawahan dalam pelaksanaan tugas harus mengikuti aturan aturan dan ketentuan yang berlaku di lingkungan Polrri secara tulus ikhlas dan bertanggung jawab tanpa mengeluh.

    BalasHapus
  69. Etika Bawahan Tidak pernah mengeluh
    Tanggapan :
    1. Sebagai bawahan yang tidak pernah mengeluh adalah suatu sifat yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang apalagi sebagai anggota Polri akan menjadi anggota yang mempunyai dedikasi Integritas tinggi terhadap tugas yang di bebankan kepadanya yang tentunya menunjukan sikap tulus ikhlas sehingga kedepan anggota tersebut tanpa disadari akan mendapat suatu karier yang sukses karena telah mempunyai peran yang sangat pentng terhadap organisasi polri
    2. sifat-sifat yang dibutuhkan oleh setiap unsur polri sebagai Pelindung,pelayan,pengayom masyaraat dan sosok penolong

    Akp Putu Indra Puspani,S.Sos/ Polda Bali

    BalasHapus
  70. Polda Bali Brigadir Ni Wayan Intari
    Mohon ijin menanggapi no 1.sebagai bawahan kita harus selalu siap apabila diberikan tugas dan tanggung jawab oleh atasan,tidak pernah mengeluh dan melaksanakan tugas dengan ikhlas.

    BalasHapus
  71. Ijin kami mengomentari etika sebagai bawahan point 4 tidak sulit diperintah :
    selaku bawahan wajib melaksanakan perintah atasan terkait dengan pelaksanaan tugas fungsi dan kewenangannya sesuai perkap no 14 tahun 2011 pasal 7 ayat 3 huruf b, namun sebagai bawahan dapat menolak perintah atasan yang bertentangan dengan norma hukum, norma agama dan norma kesusilaan sesuai perkap no 14 tahun 2011 pasal 7 ayat 3 huruf c

    Kompol Ni Wayan Sutarniti,SH/Polda Bali

    BalasHapus
  72. Iptu Dyah W
    PMJ

    sebagai bawahan sebaiknya kita beretika tidak boleh mengeluh dalam melaksanakan tugas yang diberikan oleh atasan serta bertanggungjawab atas segala sesuatu yang telah kita perbuat sehingga segala pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik.

    BalasHapus
  73. Ipda Dwi Astuti Ratna S
    Polda Jateng

    hubungan etika bawahan dengan atasan, sebagai bawahan kita harus loyal, luwes, dan dapat menyesuaikan diri dengan pimpinannya dan profesional dengan pekerjaannya. tidak lepas sebagai anggota intel kita menjadi mata dan telinga pimpinan.

    BalasHapus
  74. Ipda Mety Nurhaeni,SH
    PMJ

    dalam pelaksanaan tugas kita sebagai bawahan jangan pernah mengeluh atas apa yg atasan perintahkan kepada kita, melaksanaan tugas dengan ikhlas dan bertanggung jawab.

    BalasHapus
  75. Ipda Tri Nawang Sari,SH
    Polda Jatim

    etika berbicara, suara jelas, tidak terlalu keras, dan juga tidak terlalu pelan.
    didalam pelayanan kepada masyarakat apabila ada masyarakat yang bertanya kita harus menjelaskanny dengan suara yang jelas dan mudah dimengerti oleh masyarakat, dan dalam berbicara tidak terlalu keras karena kalau kita bersuara terllu keras masyarakat mengira kita tidak iklas melayaninya. dan dalam berbicara kita juga tidak terlalu pelan karena jika suara kita pelan masyarakat menjadi tidak mengerti atau tidak mendengar penjelasan kita. dengan begitu masyarakat akan merasa senang dengan pelayanan anggota POLRI.

    BalasHapus
  76. Polda Bali Brigadir Ni Nyoman Robyani

    Sebagai bawahan kita wajib mengaktifkan/menghidupkan alat komunikasi yang kita miliki baik berupa HT,handphone,pager ,dll sehingga apabila sewaktu-waktu diperlukan kta bisa segera dihubungi oleh atasan

    BalasHapus
  77. Ipda Zuirma Yenny
    Polda Sumsel

    etika seorang atasan kepada bawahan/anggota
    disaat seorang atasan menuntut bawahan untuk santun dan hormat kepada atasan, alangkah baiknya terlebih dahulu sebagai atasan instrospeksi diri dan bertutur kata yang baik kepada bawahan agar atasan tersebut dapat dihargai dan dsegani oleh bawahannya.

    BalasHapus
  78. Tipe kepemimpinan pada umumnya kita sebagai seorang pemimpin hendaknya belajar untuk bersikap tegas dan tidak bersikap plin plan atau memihak terhadap bawahan atau anggota yang tidak bersifat meremehkan instans lain

    Bripda Md Evy A./Polda Bali

    BalasHapus
  79. Bripda Windi Oktaviani / polda metro jaya
    beri komen pada poin:
    6. Tidak mudah tersinggung
    sebagai bahawan apabila mendapatkan teguran dari atasan harus dapat menerima tidak boleh tersinggung karna teguran itu dapat membuat kita menjadi lebih baik dan bisa merubah apa yang tidak baik pada diri kita.

    BalasHapus
  80. Bripda Jaisy Daryu Octa Shalli Polda Metro Jaya

    Mohon ijin berkomentar

    Sebagai Bawahan kita harus siap dihubungi atasan karena atasan akan meminta bantuan kita kapan pun membutuhkan. Jadi sebagai bawahan kita harus sigap siap dan menjalankan perintah atasan dengan rasa tanggungjawab. Sebagai bawahan kita tidak boleh menggerutu karena bila kita menggerutu akan Mempersulit pekerjaan kita nanatinya. Bila ada perkataan atasan yang kurang berkenan dihati jangan diambil hati karena bila kita ambil hati nantinya akan menjadi pikiran dan akan mempersulit Pekerjaan kita nantinya.

    BalasHapus
  81. Ipda Rukiyati Polda Jateng

    Sebagai anggota/bawahan patuh dan taat kepada pimpinan itu sudah pasti, kita harus melaksanakan perintah walaupun perintah itu kadang tidak sesuai dengan hati nurani apalagi perintah itu dengan menggunakan kata2 yg kasar kitapun tidak boleh tersinggung apalagi marah paling anggota bisanya menggerutu dibelakang, kalau saya jadi pimpinan saya tidak akan menggunakan kata2 yg sekira akan menyinggung perasaan, saya akan pimpin anggota dengan menggunakan hati nurani dan empati, pasti anggota akan melaksanakan perintah dengan senang hati dan tidak ada lagi anggota yg menggerutu dibelakang.

    BalasHapus
  82. Iptu Lendra
    Polda DIY

    etika bawahan kepada atasan harus ada disetiap pribadi personil POLRI. ini dimaksudkan agar setiap perintah atau pekerjaan dari atasan dapat berjalan dan terlaksana dengan baik. hubungan yang baik harus selalu terjalin antara bawahan dan atasan. karena kepolisian RI merupakan suatu organisasi dimana atasan memerlukan bawahan dan sebaliknya juga.

    BalasHapus
  83. BRIPDA DWI YULIANI, NRP.95070210, POLDA METRO JAYA

    mohon ijin untuk komentar . sebagai bawahan pastinya kita harus selalu siap siaga ..
    apabila ada perintah langsung dari atasan jadi kita sudah siap walaupun dalam keadaan apapun . dan apapu perintah dari atasan kita harus menjalankan perintah tersebut dengan ikhlas dan jangan pernah menggerutu di belakang atasan. karena seburuk-buruknya atasan kita beliau adalah atasan yang harus nya di hormati dan di lindungi. terimakasih

    BalasHapus
  84. Selamat malam Jendral ijin menanggapi :
    Iri Dengki
    Iri dengki adalah suatu sifat yang perlu dihndari karena sifat iri dengki menimbulkan rasa kecemburuan yang berlebihan sehingga bermunculan pemikiran negatif yang tentunya membawa kita kepersoalan yang lebih rumit lagi.
    Untuk itu hal yang tersebut perlu di hindari dengan cara selalu berfikir positif terhadap semua orang. Karena dengan selalu berfikir positif akan membawa dampak yang positif di masyarakat.

    AKBP IGA SASIH,SH/POLDA BALI

    BalasHapus
  85. Iptu Rafiqoh, SH
    Polda DIY

    bersedia diperintah walau diluar jam dinas selagi itu masih berkaitan dgn urusan kedinasan dan bekerja dgn rasa ikhlas bahwa apa yg dikerjakan semata-mata karena rasa tanggung jawab terhadap tugas.

    BalasHapus
  86. Bripda Tias Susanti/polda metro jaya
    Komentar Point 6
    sebagai bawahan kalau di koment tidak boleh tersinggung karena koment tersebut niatnya baik,mengarahkan yang baik,positif agar sebagai bawahan respect terhadap senior atau atasan dan selalu sigap

    BalasHapus
  87. Selamat malam Jenderal, mohon ijin memberi komentar tentang Etika Bawahan tehadap Atasan.
    Menurut pendapat saya, semua poin di atas wajib diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari untuk mencapai tujuan / sasaran yang telah ditetapkan oleh Institusi Polri. Namun, sebagai negara yang memiliki budaya paternalistik, keberhasilan organisasi mencapai tujuan yang telah ditetapkan tidak hanya bergantung pada perilaku bawahan dalam bekerja namun juga kemampuan pimpinan dalam mengarahkan / menjadi panutan untuk bawahannya.
    Dalam menjalin hubungan yang baik dengan bawahan, sebaiknya atasan mampu bersikap :
    1. menjaga kesopanan dalam :
    a. bertindak
    b. bersikap
    c. berperilaku
    d. tutur kata
    2. mampu mambangun komunikasi yang efektif dengan karyawan lain
    3. menjaga perasaan bawahan dan tidak merendahkan bawahan
    4. tidak sungkan untuk memberikan penghargaan pada karyawan yang telah bekerja dengan baik, walaupun hanya dengan ucapan terima kasih
    5. memberi kepercayaan kepada bawahan, sesuai dengan porsi dan kemampuan bawahan
    6. bersikap loyal dan tidak selalu mempermasalahkan serta membesarkan masalah kecil yang dibuat oleh bawahan
    7.bersikap bijak ketika bawahan melakukan kesalahan, dengan cara :
    a. menegur dengan sopan
    b. memberikan pengarahan pada bawahan, agar tidak terjadi kesalahan serupa
    8. menjaga rahasia pribadi yang dimiliki bawaham, tidak menjadikannya sebuah alat untuk menekan bawahan
    9. bersikap netral, objektif dan tidak membedakan (pilih kasih) terhadap semua bawahanya

    interaksi antara pimpinan dan bawahan maupun antara bawahan dan pimpinan apabila terjalin dengan baik maka pelaksanaan tugas pun akan efektif dan berhasil.

    Petra T
    Iptu / 86091922
    Kanit Idik VI Sat Reskrim Polresta Surakarta
    Polda Jawa Tengah

    BalasHapus
  88. Sebagai bawahan ita harus mengikuti perintah atasan selama perintah tersebut tidak bertentangan dengan norma yang ada, dan tidak melanggar HAM

    Bripda Ni Putu Natih Verra Sintia/Polda Bali

    BalasHapus
  89. BRIPDA ISTRIANINGSIH / POLDA METRO JAYA

    Sebagai bawahan tidak perlu kita sebagai bawahan berkeluh kesah kepada atasan, terima dan laksanakan tugas yang diberikan atasan dengan ikhlas dan lapang dada. memili rasa tanggung jawab, jujur, disiplin, sikap melayani dan dapat mengesampingkan urusan pribadi

    BalasHapus
  90. Bripka Fransiska Dwi Marwati
    Polda DIY

    sebagai bawahan kita wajib hormat,taat dan patuh pada aturan dan kita wajib melaksanakan perintah atasan selama perintah tersebut sesuai dengan aturan dan tidak mentimpang dari norma dan etika, kita juga harus berani menolak perintah yang tidak sesuai dan menyimpang dari aturan

    BalasHapus
  91. sebagai bawahan tidak perlu mengeluh dalam menghadapi tantangan tugas yang di berikan oleh atasan, karena itu dapat mengukur kinerja kita sebagai bawahan sehingga menpadaptkan reword dari atasan

    AKP Ni Made Parti/Polda Bali

    BalasHapus
  92. Etika bawahan :
    -siap melaksanakan perntah atasan dan siap menerma teguran dgn senang hati demi kebaikan dan kemajuan ke depan
    - siap menerima saran dan pendapat rekan sekerja untuk kebaikan melaksanakan tugas sehari-hari

    Ipda Retno Rahayu/Polda Jateng

    BalasHapus
  93. Kompol Mariam ( Polda NTB )
    Mohon ijin jendral menanggapi hal tersebut diatas dapat kami gunakan sebagai pedoman untuk diberikan arahan kepada adik-adik yang kita bentuk sebagai anggota polri untuk mengingatkan posisi dia sebagai bawahan dan loyalitas nya terhadap pimpinan dan institusi nya. sehingga diharapkan mempunyai dedikasi dan etika yang tinggi dan dapat memberikan pengayoman perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat dengan baik. Terima kasih ...

    BalasHapus
  94. Mohon ijin berkomentar Jenderal...

    Sebagai bawahan memang harus beretika, jika 10 Etika tersebut dilaksanakan bisa dipastikan akan menjadi seorang bawahan yang luar biasa, bagaimana tidak seorang bawahan tidak pernah mengeluh dengan beban pekerjaannya, tidak mudah kecewa bila pekerjaannya pimpinan tidak berkenan, tidak iri dengki dengan orang lain, tidak sulit diperintah artinya cepat tanggap, selalu siap siaga dalam melaksanakan perintah atasan, tidak mudah tersinggung bila ditegur atasan, tidak mudah merajuk apabila merasa kecewa tidak mudah menggerutu jika diberikan tugas oleh atasan, tidak mudah menyerah bila menadapat kesulitan dalam pekerjaan, mudah di hubungi.

    Namun bawahan juga manusia biasa yang terkadang tidak sepenuhnya bisa memiliki 10 Etika tersebut karna situasi dan kondisi, tetapi yang pasti seorang bawahan harus paham posisinya ada dimana dan dapat menempatkan diri serta mempunyai sikap kepribadian yang positif.

    Salam Hormat,
    Akp Titin Januati, Spd (SPN Lido Polda Metro Jaya)

    BalasHapus
  95. AKP NOVIANTI POLDA KEP. BABEL
    Sebagai seorang anggota Polri harus memiliki rasa Loyalitas terhadap Pimpinan. Bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan secara Profesional sesuai dengan tupoksinya, namun bawahan mempunyai hak untuk menolak perintah atasan jika perintah tersebut tidak sesuai dengan tupoksi/menyimpang sesuai dengan peraturan yang berlaku pada institusi

    BalasHapus
  96. AKP NOVIANTI POLDA KEP. BABEL
    Sebagai seorang anggota Polri harus memiliki rasa Loyalitas terhadap Pimpinan. Bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan secara Profesional sesuai dengan tupoksinya, namun bawahan mempunyai hak untuk menolak perintah atasan jika perintah tersebut tidak sesuai dengan tupoksi/menyimpang sesuai dengan peraturan yang berlaku pada institusi

    BalasHapus
  97. AKP NOVIANTI POLDA KEP. BABEL
    Sebagai seorang anggota Polri harus memiliki rasa Loyalitas terhadap Pimpinan. Bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan secara Profesional sesuai dengan tupoksinya, namun bawahan mempunyai hak untuk menolak perintah atasan jika perintah tersebut tidak sesuai dengan tupoksi/menyimpang sesuai dengan peraturan yang berlaku pada institusi

    BalasHapus
  98. Kompol Eni Winarsih
    POLDA DIY
    Hubungan bawahan dengan atasan, bawahan harus cakap, cerdas dan smart dalam bertindak dalam memahami inti perintah atasan, sehingga tugas dan tanggung jawab yang diberikan oleh atasan dapat terlaksana dengan baik.
    Selain itu bawahan juga senantiasa selalu berpkir positif, tidak ada rasa ragu dan yakin dalam menjalankan perintah akan ada manfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

    BalasHapus
  99. Bripda Dwi meiLiawati
    PoLda Jabar


    Izin berkomentar


    Kita sebagai anggota Polri sebagai bawahan sudah sepatut nya patuh dan taat terhadap Pimpinan, melaksanakan perintah dengan penuh rasa tanggung jawab serta selalu siap siaga walaupun terkadang tidak sesuai dengan apaa yang di fikirkan dan kehendak hati nurani, akan tetapi kita tidak boleh mengeluh , kita jalankan saja dengan hati yang ikhlas. Sehingga tugas kita tidak akan menjadi lebih mudah di jalani..

    BalasHapus
  100. Saya BRIGADIR SRI RAHAYU dari POLDA DIY,mohon ijin untuk menanggapi poin-poin diatas.
    Memang sudah seharusnya kita sebagaii bawahan melaksanakan/mentaati setiap perintah/tugas yg diberiikan oleh atasan kepada kita, selama tidak melanggar kode etik institusi kita dan norma2 yg berlaku di negara kita. Setiap perintah yg diberikan kita wajib menjawab "Siap Laksanakan", meski berat atau tidak mampu, apabila setelah dilaksanakan berat atau tidak mampu baru kita laporkan kepada pimpinan kita.

    BalasHapus
  101. Bripda Dwi meiLiawati

    PoLda Jabar


    Izin berkomentar


    Kita sebagai anggota Polri sebagai bawahan sudah sepatut nya patuh dan taat terhadap Pimpinan, melaksanakan perintah dengan penuh rasa tanggung jawab serta selalu siap siaga walaupun terkadang tidak sesuai dengan apaa yang di fikirkan dan kehendak hati nurani, akan tetapi kita tidak boleh mengeluh , kita jalankan saja dengan hati yang ikhlas. Sehingga tugas kita akan menjadi lebih mudah di jalani..

    BalasHapus
  102. Dalam suatu organisasi kita hidup dan bergaul dg banyak orang baik teman sejawat bawahan dan atasan. Jika seorang atasan atau pimpinan kita memberi suatu reward terhadap rekan kita baik itu jabatan atau dalam bentuk yang lain selayaknya kita tidak usah merasa iri hati dengan keberhasilan orang lain walaupun mungkin kita tau mereka menggunakan cara-cara yg tidak benar. Dengan berbuat yg benar suatu saat kita juga akan dapat meraihnya karena kita yakin apa yang kita tanam pasti akan kita tuai dan kita akan meraihnya dengan kepuasan. - Ipda Tini Iswahyuni S.H

    BalasHapus
  103. ijin jendral, bawahan harus melaksanakan perintah atasan sesuai dengan aturan yang berlaku di kepolisian, bawahan tidak mudah tersinggung apabila ditegur atau diingatkan oleh atasan dan itu dijadikan motivasi untuk lebih baik lagi,salam hormat Jendral

    BalasHapus
  104. ijin jendral, bawahan harus melaksanakan perintah atasan sesuai dengan aturan yang berlaku di kepolisian, bawahan tidak mudah tersinggung apabila ditegur atau diingatkan oleh atasan dan itu dijadikan motivasi untuk lebih baik lagi,salam hormat Jendral.....
    Brigadir Desti Iryanty
    Polda Jabar

    BalasHapus
  105. Brigadir Dwi Rafika
    POLDA DIY
    Etika Sebagai bawahan:
    Sebagai bawahan kita harus siap diperintah dan apa yang telah diperintahkan adalah sebuah tanggung jawab yang diberikan kepada kita, sesulit apapun tanggung jawab yang dibebankan kita harus menyelesaikannya dengan sebaik baiknya. Meskipun dalam melaksanakan perintah atasan tersebut mungkin membutuhkan waktu diluar jam kedinasan.

    BalasHapus
  106. Brigadir Asra Jumeini Polda Kep. Babel
    Etika sebagai seorang bawahan harus memiliki sikap royalitas dan berdedikasi tinggi terhadap Pimpinan dan Kesatuan, baik dalam melaksanakan tugas kedinasan maupun perintah yang diberikan kepada kita harus dilaksanakan sebaik-baiknya sesuai dengan batas kemampuan yang kita miliki.

    BalasHapus
  107. Brigadir Ruri Utami Polda Kep. Babel
    sebagai seorang bawahan selalu siap dengan perintah yang diberikan dengan atasan namun pimpinan juga harus bisa memberikan panutan kepada bawahan dengan sikap dan perbuatannya.

    BalasHapus
  108. Brigadir Yudistira dima putri polda kep. babel
    sebagai bawahan selalu siap melaksanakan semua perintah pimpinan akan tetapi bahwasanya perintah tersebut tidak sesuai dengan jalur yang sudah ditentukan maka perintah itu tidak akan dilaksanakan dan sebagai pimpinan pun harus bisa menjadi panutan yang baik terhadap anak buahnya jangan mudah menilai bawahan itu selalu jelek atau tidak bisa bekerja dan anak buah jangan dibenci akan tetapi rangkullah anak buah seperti pimpinan merangkul anak dan istrinya dengan kasih sayang.

    BalasHapus
  109. IPDA MUMUL MULIYATI, POLDA METRO JAYA.
    Tidak mudah tersinggung: sebagai bawahan hrs terbuka atau menerima teguran dari atasan terhadap kinerja atau tingkahlaku kita dan selalu berfikir positif terhadap teguran atau kritik atau saran dari atasan yang bertujuan untuk kebaikan diri kita bukan untuk menjatuhkan, mencemooh atau mengejek diri kita shg kita jd tersinggung. jadikan kritik atau saran dari atasan sbg smangat kita untuk menjadi yg lebih baik.

    BalasHapus
  110. Bripka Ani Asfiyatur Rochmah
    POLDA DIY
    Sebagai bawahan apalagi dalam institusi Polri harus siap sedia dalam melaksanakan perintah pimpinan, kita harus selalu siap apabila ada perintah sewaktu waktu dari pimpinan, maka daripada itu alat komunikasi (HP) selalu dalam keadaan aktif agar sewaktu waktu pimpinan menghubungi tidak sulit, itu sebagai salah satu bentuk loyalitas bawahan kepada pimpinan/atasan.

    BalasHapus
  111. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  112. Bripka Endah SW
    POLDA DIY
    Dalam kedinasan sudah ada aturan tentang sikap dan perbuatan yang dilarang oleh seorang bhayangkara dan tertuang dalam kode etik profesi polri dimana kita harus menempatkan diri sebagai bawahan. Dalam hal ini kita sebagai bawahan mempunyai kewajiban yaitu wajib menjunjung tinggi perintah pimpinan dan wajib melaksanakannya namun sebagi bawahan pun kita mempunyai hak untuk menolak perintah pimpinan apabila melanggar aturan. Namun sebagai bawahan harus mempunyai sikap loyal terhadap pimpinan dan institusi polri.

    BalasHapus
  113. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  114. Poin etika berbicara tidak mengada-ada
    Dalam etika berbicara selala menyampaikan hal-hal yang positif berdasarkan fakta yang ada. Tidak memberikan info yang bertujuan supaya orang lain senang dan kita mendapat pujian. Atau sebaliknya yaitu bertujuan supaya orang lain menjadi celaka atau menjelek-jelakkan orang lain. Supaya kita bisa dipercaya dalam memberikan informasi yang selalu sesuai dengan fakta, tidak mengada - ada dan tidak memutar balik fakta.

    AKP PURWATI NRP 65110040 POLDA JATIM

    BalasHapus
  115. Brigadir Dewi Sekar Wulan Polda DIY

    Mohon ijin, kita tidak boleh iri maupun dengki apabila ada rekan kerja kita mendapatkan reword atau penghargaan dari atasan atas pretasi maupun dedikasi yang dia berikan kepada dinas tetapi kita harus lebih termotifasi lagi dalam bekerja agar mendapatkan hasil yang lebih baik tanpa memikirkan reword atau penghargaan apa yang akan kita dapatkan dari atasan tetapi didasari atas keiklasan dalam bekerja agar lebih baik lagi.

    BalasHapus
  116. Brigadir Cahya Polda DIY

    Mohon ijin, kami menanggapi etika sebagai bawahan:
    Sebagai bawahan kita harus selalu taat dan patuh terhadap pimpinan. Kita selalu siap dan menaati perintah dari Atasan kita selama perintah itu tidak melanggar aturan - atruran yang berlaku serta norma - norma yang ada.

    BalasHapus
  117. KOMPOL BADRIYAH SH, NRP. 61080707 - Polda Jatim

    Etika Sebagai Bawahan. Sesuai dengan job description herarki kepemimpinan, tentu kita sebagai bawahan wajib melaksanakan tugas-tugas pokok kepolisian, yakni sebagai pelindung, pelayan serta pengayom masyarakat sebagaimana diamanatkan oleh peraturan perundang-undangan (Undang Undang RI Nomor: 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia) dan diaplikasikan secara sederhana melalui perintah atau penugasan oleh pimpinan, baik secara lisan dan terlebih lagi secara tertulis. Karena perintah atasan adalah aplikasi dari amanat tugas-tugas pokok Polri, maka kita sebagai bawahan wajib melaksanakannya (tidak sulit diperintah), tidak menggerutu, tidak iri dengki dengan anggota yang lain, tidak mudah tersinggung, tidak merajuk, dan melaksanakannya dengan penuh kebanggaan, tanpa mengeluh, tidak mudah menyerah serta melaporkan hasil dari pelaksanaan tugas tersebut kepada pimpinan (atasan) dengan penuh rasa tanggung jawab.
    Sudah tentu dalam pelaksanaan tugas itu tidak selalu mudah dicapai. Namun demikian kita harus melaksanakan perintah tersebut dengan cermat dan bersemangat, dan meminta pendapat atau saran (mudah dihubungi) dari pimpinan dalam menghadapi kendala di lapangan. Ini sejalan dengan sumpah atau janji sebagai Anggota Polri,sebagaimana diatur dalam Pasal 22 dan lafal sumpahnya pada Pasal 23 UU RI Nomor 2 Tahun 2002, yang berbunyi; "bahwa saya akan bekerja dengan jujur, tertib, cermat dan bersemangat untuk kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,". Sehingga, pelaksanaan dari perintah atasan itu akan dapat kita laksanakan dengan hasil kerja yang optimal sebagaimana diharapkan pimpinan.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  118. Ketika seorang rekan mendapatkan reward karena tugas yang diberikan dapat diselesaikan dengan baik, ada segelintir orang yang merasa iri. Seharusnya keberhasilan tersebut bisa dijadikan sebagai pemicu semangat untuk ikut meraih sukses. Rasa iri dengki tidak akan membuat kita menjadi lebih baik, namun hanya akan memperlihatkan bahwa kita seorang yang tidak mampu.

    BRIGPOL WINDI JAYANTI M.W. / BRIGADIR BIDPROPAM POLDA BALI.

    BalasHapus
  119. IPDA Nur Wahyu T.S
    POLDA DIY

    Istilah etika diartikan sebagai suatu perbuatan standar (standard of conduct) yang memimpin individu dalam membuat keputusan.
    Etik adalah suatu studi mengenai yang benar dan yang salah dan pilihan moral yang dilakukan seseorang
    keputusan etik ialah suatu hal yang benar mengenai perilaku standar. Dan etika sebagai bawahan terutama pada institusi Polri ini ialah dengan selalu menjunjung tinggi apa yang kita sebut respect, hirarki dan loyalitas, dimana ketiga hal tersebut akan membuat kita berprilaku sebagai bawahan dengan baik. Terutama menyangkut peruintah - perintah yang diberikan pimpinan kepada kita, dan dari 10 etika diatas tersebut dapat dilihat bahwa sikap - sikap seperti itulah yang akan membuat kita menjadi bawahan yang baik, tetapi sebagai bawahan kita tetap harus melihat mana perintah pimpinan yang baik dan kurang baik, agar suatu saat kita menjadi pemimpin, perintah - perintah yang kurang baik yang diberikan kepada kita dahulu, tidak kita ulangi kembali saat kita menjadi pemimpin.

    BalasHapus
  120. Susilawati dari Polda NTB
    Sebagai seorang bawahan memang sepatutnya mematuhi perintah pimpinan,namun diantara atasan & bawahan harus saling menghormati untuk kelancaran pelaksanaan tugas di kepolisian kita ini,,,karena bawahan juga punya hati sama seperti atasan/pimpinan....

    BalasHapus
  121. Eko Wahyu SIndikat 8 Polda DIY..

    Saya akan coba memreiview tentang Etika sebagai bawahan karena merupakan hal yang harus dilakukan oleh bawahan atau sifat yang harus dimiliki oleh setiap bawahan dan merupakan tanggung jawab seorang pemimpin untuk mendevelop bawahan agar senantiasa mempunyai sifat yang beretika.
    Pertama Tidak pernah mengeluh, Etika yang satu ini merupakan sifat yang nempel di tubuh manusia karena sifat itu merupakan given dari sang maha pencipta jika kita tidak mengelola sifat ini maka kualitas akan pekerjaan tidak akan maksimal, mungkin sekarang mayoritas bawahan mempunyai sifat The rule of two yakni kita sudah punya satu menginginkan satu lagi dan untuk menghilangkan sifat ini adalah dengan cara kita bersyukur dan enjoy dengan apa yang dimiliki.
    Kedua Tidak mudah kecewa, banyak saya temukan bawahan atau rekan kerja yang mudah sekali kecewa entah oleh hal yang sepele maupun hal yang besar, ini merupakan tanggung jawab seorang pemimpin untuk melatih mental bawahan dan memotivasi bahwa dibalik semua kekecewaan itu pasti ada hikmah dan dibalik semua duka itu bahagia.
    Ketiga Mudah tersinggung, ini merupakan karakter orang yang mempunyai sifat temperamen, tetapi dalam dunia kerja apalagi sebagai bawahan hal ini harus dihilangkan karena akan mengganggu kondisi kerja, ihal ini merupakan hal yang soft dan susah sekali untuk diidentifikasi karena merupakan hal bawaan yang dimiliki seseorang, etika ini memang diperlukan kesadaraan tersendiri bagi orang personal sehingga dalam mengantisipasinya diperlukan motivasi, renungan yang memberi poin bahwa emosi itu tidak menyelesaikan masalah.

    Terima Kasih.

    BalasHapus
  122. Bripka Ida Rosliana dri Polda NTB
    Sebagai bawahan harus loyal kepada pimpinan atau atasan dalam arti ridak sulit diperintah atau disuruh oleh atasan atau pimpinannya apalagi didalam suatu organisasi harus sllu siap menerima perintah.

    BalasHapus
  123. Iptu Dwi Pujiastuti Polda DIY
    tidak sulit diperintah: adalah dengan menyadari siapa diri kita dalam organisasi polri, dengan menyadari siapa diri kita maka kita akan ikhlas melaksanakan perintah yang diberikan dari pimpinan kepada kita, tanpa menyadari siapa diri kita maka akan sulit/berat kita melaksanakan perintah tersebut.

    BalasHapus
  124. Ibda Sri Suryatni POLDA DIY
    etika sebagai bawahan tidak mudah kecewa, kita sebagai bawahan apabila menerima perintah secara lisan maupun tertulis mengalami kesulitan/ kesalahan, tidak mudah kecewa apabila dikritik oleh atasan.

    BalasHapus
  125. Bawahan juga manusia,, sebagai seorang bawahan memang harus mengerti etika seorang bawahan , namun sebagai seorang pimpinan juga harus mengerti etika seorang pimpinan, tugas dan tanggung jawabnya. Namun manusiawi seorang bawahan juga mengeluh, tidak melaksanakan perintah selama perintah itu tidak wajar, tidak semangatdan iri dengki, ya karena memang itulah manusia. Jadi marilah kita melaksanakan tugas sesuai ranah kita masing - masing selama tidak merugikan orang lain. Teori tidak melulu sama dengan kenyataan. Setuju juga dengan Iptu Dwi Pujiastuti Polda DIY bahwa kita harus menyadari siapa diri kita....
    Semangat dan selalu bersyukur...
    Kita pasti bisa teman...
    salam....
    BRIGADIR ROLI PURWANTI SINDIKAT VII POLDA DIY

    BalasHapus
  126. Iptu Dwi Astuti H, POLDA DIY
    etika sebagai bawahan,mudah dihubungi, sebagai seorang bawahan kita harus loyal kepada pimpinan, kita harus siap kapanpun sewaktu waktu atasan menghubungi kita, sarana komunikasi selalu aktif sehingga mudah di hubungi.

    BalasHapus
  127. Mohon ijin Jendaral, ijin menanggapi etika sebagai bawahan ,sejalan dengan pemikiran rekan lainnya, saya sangat setuju dengan point - point yang disebutkan diatas, hal tersebut sangat bermanfaat dalam sinergitas pelaksanaan tugas kepolisian karna terciptanya hubungan yg harmonis antara pimpinan dan bawahan, seperti hal yang disampaikan Jendral, bahwa seorang pemimpin harus mengamalkan sesuai dengan motto 'ing ngarsa sang tuladha' yang artinya memberikan contoh pada bawahan, namun layaknya pelaksanaan tersebut diselaraskan dengan nilai, norma dan budaya timur yang arif dan santun, perlu dipahami bahwa, pimpinan dan bawahan pun manusia biasa ciptaan Tuhan YME yang tidak memiliki kesempurnaan, oleh karna itu, adanya sikap toleransi dan menempatkan diri antara pimpinan dan bawahan , karna sesuai dengan motto Kapolri , Jendral Sutarman, polri adalah sebagai penolong, pelindung serta sahabat masyarakat , demikian pula kepada anggota, rekan, bahkan komandan..sehingga tercipta hubungan harmonis daalam institusi serta lingkungan Kerja guna mendukung tercapainya tujuan daripada tugas pokok kita sebagai pelindung, pengayom.pelayan masy, harkamtibmas, serta penegakan hukum..terimakasih Jendral ( Iptu Nyi Ayu Fitria , Polda Jateng.)

    BalasHapus
  128. Mohon ijin Jendaral, ijin menanggapi etika sebagai bawahan ,sejalan dengan pemikiran rekan lainnya, saya sangat setuju dengan point - point yang disebutkan diatas, hal tersebut sangat bermanfaat dalam sinergitas pelaksanaan tugas kepolisian karna terciptanya hubungan yg harmonis antara pimpinan dan bawahan, seperti hal yang disampaikan Jendral, bahwa seorang pemimpin harus mengamalkan sesuai dengan motto 'ing ngarsa sang tuladha' yang artinya memberikan contoh pada bawahan, namun layaknya pelaksanaan tersebut diselaraskan dengan nilai, norma dan budaya timur yang arif dan santun, perlu dipahami bahwa, pimpinan dan bawahan pun manusia biasa ciptaan Tuhan YME yang tidak memiliki kesempurnaan, oleh karna itu, adanya sikap toleransi dan menempatkan diri antara pimpinan dan bawahan , karna sesuai dengan motto Kapolri , Jendral Sutarman, polri adalah sebagai penolong, pelindung serta sahabat masyarakat , demikian pula kepada anggota, rekan, bahkan komandan..sehingga tercipta hubungan harmonis daalam institusi serta lingkungan Kerja guna mendukung tercapainya tujuan daripada tugas pokok kita sebagai pelindung, pengayom.pelayan masy, harkamtibmas, serta penegakan hukum..terimakasih Jendral ( Iptu Nyi Ayu Fitria , Polda Jateng.)

    BalasHapus
  129. AKP ELIS SUENDAYATI,SH POLDA JATIM

    Mohon ijin berkomentar,

    Sebagai pengasuh,kami akan mengarahkan para siswa calon Bintara Polwan sesuai rumusan Jendral diatas,sehingga mereka nantinya akan menjadi staff yang baik.Demikian juga akan kami pakai sebagai pedoman dalam menjalankan tugas di kesatuan.

    BalasHapus
  130. Ipda Dwi astuti Ratna S (Polda Jateng)

    pada dasarnya seorang bawahan harus bersikap hormat kepada atasannya.
    beberapa hal yang perlu dilakukan seorang bawahan antara lain :
    1. menghormati pimpinan sesuai dengan porsinya sebagai atasan
    2. menjaga kesopanan, baik dalam tindakan, perilaku atau perkataan terhadap atasan
    3. mengerjakan tugas yang diberikan atasan dengan sebaik mungkin dan tanpa keluhan
    4. cepat tanggap terhadap kesibukan dan kesulitan yang dialami atasan
    5. selalu mengembangkan kemampuan dan nilai diri dalam rangka membantu tugas atasan dengan tulus
    6. menyelesaikan tugas dan menyerahkannya kepada atasan sebelum atasan memintanya
    7. jaga rahasia pimpinan, baik dalam jabatan ataupun rahasia pribadi atasan
    8. hindari kebiasaan ‘menjilat’ pimpinan dengan merendahkan rekan kerja sendiri
    9. hindari kebiasaan mengintimidasi pimpinan terhadap kesalahan yang diperbuat di depan rekan kerja
    10. jika pimpinan berbuat kesalan, kita tetap wajib mengingatkan tanpa harus menggurui pimpinan
    11. jika perintah yang pimpinan berikan, tidak sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku, kita bisa mengajukan protes yang dilakukan dengan sopan, tenang dan tegas
    12. hindari untuk ikut campur dalam urusan pribadi pimpinan, seperti membuka surat pribadi milik pimpinan atau memberikan nomor ponsel pimpinan.

    BalasHapus
  131. AKP.ICUK SUKUYAH,SH POLDA JATENG

    Ijin Koment, Jendral..

    Pada dasarnya ,apa yang disampaikan oleh Jendral akan sangat ideal bagi seorang pengasuh apabila bisa memahami etika. Sebagai pengasuh akan berusaha semaksimal mungkin untuk menerapkan etika kepada anak didik,tentunya tidak akan terlepas dari petunjuk dan bimbingan Jendral.Amin.

    BalasHapus
  132. Ijin berkomentar Jendral..
    Sebagai seorang bawahan memang tidak etis untuk berkeluh kesah terhadap tugas ataupun kondisi yang harus dihadapi baik dalam koridor tugas maupun dalam kehidupan sosial. namun dalam konteks tidak berkeluh kesah ini, semoga setiap pimpinan dapat melihatnya sebagai salah satu aspek penilaian untuk berkenan menilai kontribusi anggota/bawahan kepada pimpinan selama bawahan tersebut tetap melaksanakan tugas sesuai tupoksinya.
    Selama ini masih banyak pimpinan yang kurang peka dalam memberikan penilaian kepada bawahan, kerapkali pimpinan menilai lebih dominan kepada loyalitas bawahan dibandingkan dedikasi ataupun kredibilitas anggota/bawahan. Sehingga sikap etis bawahan yang tidak pernah mengeluh tidak mendapatkan respon positif dari pimpinan.... semoga ke depan setiap pemimpin mempunyai sikap seperti Jenderal... Amin..
    kompol dini hardiany, dari dit reskrim um Polda Jabar

    BalasHapus
  133. AKBP NI KETUT MASMINI,SH,MH, JABATAN KASUBBID WABPROF BID PROPAM, ASAL PENGIRIMAN POLDA BALI
    Mohon ijin berkomentar Jenderal, pada dasarnya sangat setuju dengan tulisan Jenderal bahwa sebagai seorang Polwan dan lebih-lebih lagi menjadi seorang pendidik dituntut untuk memahami masalah etika dalam segala aspek kehidupan. Semoga semakin kedepan kami para Polwan dapat memberikan warna indah dalam menjaga citra Polri sehingga polri dicintai masyarakat, hal tersebut tidak terlepas dari bimbingan Jenderal.

    BalasHapus
  134. Mohon ijin Berkomentar Jenderal.....

    Saya sangat setuju dengan isi Etika di atas, dan semua itu seharusnya di miliki oleh setiap bawahan. Jika bawahan tidak seperti itu maka tidak akan terjadinya sinergitas dalam hubungan antara atasan dan bawahan, dan semua itu kembali kepada pribadi masing-masing bawahan itu sendiri apakah dia ingin baik atau ingin menjadi tidak baik.

    boleh saya tambahkan lagi Jenderal etika sebagai bawahan harus selalu berfikir positif terhadap atasannya, karena semua yang baik berawal dari pemikiran yang baik dan sebaliknya semua yang buruk berawal dari yang buruk pula
    Sekian Jenderal komentar saya semoga berkenan Sukses selalu dan terimakasih...

    Akp Elly Purwati (SPN Polda Metro Jaya)

    BalasHapus
  135. 1. Sebagai bawahan tetap menghormati atasan dengan mengucapkan salam terlebih dahulu;
    2. apabila diberikan tugas oleh atasan sebagai bawahan tidak boleh menolak atau menggerutu;
    3. selalu berbicara yang sopan dengan atasan, santun dan beretika.

    IPDA NI MADE SRIANTI
    POLDA BALI

    BalasHapus
  136. Mohon Ijin berkomentar Jenderal.....

    Sebagai seorang bawahan dalam melaksanakan tugas janganlan terlalu banyak mengeluh karena semakin kita banyak mengeluh maka semakin teras berat juga tugas yang dibebankan oleh pimpinan kepada kita....

    AIPDA NI MADE SURYANI
    DIT RESKRIMSUS POLDA BALI
    dimanapun kita di tugaskan dalam situasi apapun hendaklah kita selalu syukuri, dan dapat diambil hikmahnya, saat ini kita dipercaya oleh pimpinan untuk dapat mengikuti pelatihan calon Gadik, berbanggalah kita dipercaya oleh pimpinan untuk menjadi pendidik dan pengasuh Calon Generasi Penerus Polwan kedepan...
    ''semoga dan loyalitas para calon Gadik dan Pengasuh yg saat ini sedang mengikuti pelatihan di Sukabumi dan Wisma Kinasih'' dapat menjadi motivasi bagi calon adik-adik POLWAN kedepannya demi kemajuan dan kejayaan POLWAN ''.

    BalasHapus
  137. Sbg bawahan tdk harus sll melaks perintah pimpinan atau atasan manakala printah menyimpang dr aturan atau kaidah yg berlaku dan sbg bawahan pun hrs berani memberikan masukan atau saran kpd atasan dgn cr atau etika yg berlaku

    BalasHapus
  138. BAIK DAN BURUKNYA BAWAHAN ADALAH CERMINAN DARI BENTUK KEPEMIMPINAN YANG DIBERIKAN....IPTU SRI PUJI RAHAYUNINGSIH..POLRESTRO JAKSEL.POLDA METRO JAYA..

    BalasHapus
  139. Mohon Ijin Berkomentar...

    AKP. Ruyiah Ulfah
    NRP 68050160
    POLDA METRO JAYA

    Hubungan antara pimpinan atau atasan dengan anak buah atau bawahannya dan sebaliknya merupakan perspektif yang berfokus pada sejumlah asumsi dan relationships mereka dalam bekerja. Maka perlu dirumuskan bagaimana seorang atasan memahami anak buahnya dan hubungan seperti apa yang diinginkan anak buah terhadap atasannya. Untuk itu perlu dilakukan pendekatan sikap mental dan perilaku yang mempersepsikan interaksi interpersonal antara atasan dengan anak buah serta anak buah dengan atasan sebagai values atau nilai dari kehidupan suatu instansi, perilaku secara konseptual berhubungan dengan sikap mental secara menyeluruh, arti secara sederhana adalah Konsepsi perilaku yang muncul dari jiwa seseorang sebagai reaksi atas dasar situasi yang mempengaruhinya. Terutama Sikap ( Attitude ) merupakan karakteristik individual yang berhubungan dengan tata cara seseorang bereaksi terhadap objek atau situasi tertentu. Reaksi ini sangat bergantung pada pengalaman pribadi masing – masing individu, yang pada akhirnya menghasilkan perilaku atas pendapat tertentu. Dengan demikian ciri khas dari sikap mental adalah spontan . Sikap berhubungan dengan proses pembentukan kualitas manusia yang juga berhubungan dengan cara manusia menjalankan roda kehidupannya .

    BalasHapus
  140. Etika sebagai bawahan

    Etika sebagai bawahan saya rasa cukup penting karena sebagai dasar pembelajaran bagi seseorang bagaimana menjadi seorang pemimpin, selain yang ada di blog saya ingin mencoba menambahkan bebeapa hal mengenai etika sebagai bawahan , diantaranya :

    1. Selalu menghargai dan menghormati atasan
    2. Mengunakan tata bahasa yang baik saat berbicara dengan atasan
    3. Tidak melawan atasan saat berbeda pendapat
    4. Memberikan masukan apabil di minta oleh atasan
    5. Selalu bersemangat
    6. Berusaha tidak mengecewakan atasan
    7. Berusaha menyelesaikan tugas yang berikan atasan dengan baik
    8. Loyal terhadap atasan

    Demikian beberapa yang saya coba tambahkan mengenai etika terhadap atasan

    Gita ajeng pradita
    Briptu / 91010064
    Polda jawa barat

    BalasHapus
  141. Etika sebagai bawahan harus benAr- benar diperhatikan sebagai bawahan apapun perintah atasan hrs dilaksanakan kr itu merupakan bentuk loyalitas kita terhadap atasan sehingga apa yang kt harapkan bersama utk mencapai suatu tujuan bisa diwujudkan,Iptu Dewi Ariani Polda Bali

    BalasHapus
  142. Iptu Dewi Ariani Polda Bali ijin mengomentari etika sebagai bawahan hrs benar benar di perhatikan sebagai bawahan apapun perintah atasan harus dilaksanakan kr itu merupakan bentuk loyalitas kt terhadap atasan sehingga apa yg kt harapkan bersama utk mencapai suatu tujuan bs diwujudkan.

    BalasHapus
  143. Ijin jendral
    Mohon ijin komentar ttg "Etika sebagai bawahan"
    Sebagai seorang bawahan kita memang harus dan wajib mentaati segala apa yg di perintahkan oleh atasan tetapi dgn kemampuan kita, tidak berlebihan dan harus sesuai norma, etikaaa dan aturan. Trimakasih
    Briptu anggi noer dwi
    Polda jabar

    BalasHapus
  144. Nama : Ni Putu Winda WiandariPangkat : BriptuPOLDA BALIMohon ijin, menurut saya etika sbg bawahan yg ada pada artikel tersebut sudah baik, namun alangkah baiknya lagi seorang bawahan harus memiliki sikap berusaha meningkatkan kemampuannya untuk mencapai hasil yg terbaik serta sebagai bawahan harus bertingkah laku yg baik dan menghindari hal - hal yg dapat mencemarkan nama baik atasan dan institusi. Serta memiliki sikap saling menghargai antara atasan dan bawahan guna menciptakan suasana kerja yg baik.

    BalasHapus
  145. Nama: G.A. Febygia T.DPangkat : Briptu POLDA BALIMohon ijin,Menurut saya,saya sangat setuju dengan etika yg tersebut diatas,namun alangkah baiknya apabila etika tersebut juga dimiliki tdak hanya oleh bawahan,tetapi atasan pun perlu memiliki etika tersebut,sehingga antara atasan maupun bawahan terdapat sinergitas yang baik saat melaksanakan tugas.astungkara

    BalasHapus
  146. Brigadir hertanti nursin
    Polda Banten
    Mhon ijin mengomentari pada umumnya bawahan terhadap pimpinan sudah menjadi keseharisan bawahan mematuhi ataupun mengikuti perintah dari pimpinan karena dengan kita mematuhi perintah tersebut merupakan bentuk loyalitas terhadap pimpinan

    BalasHapus
  147. Brigadir Supriyati
    Polda Banten

    Etika bawahan tidak sulit diperintahkan. .....menurut sya sbg bawahan kita memang harus menuruti perintah atasan tp alangkah baiknya kita jg memilah dan memilih lg perintah tersebut. ....jika diluar koridor kedinasan dan melanggar aturan kita wajib untuk menolak....alangkah baiknya kita sampaikan dgn bahasa yg baik sopan santun....supaya tidk menimbulkan sakit hati

    BalasHapus
  148. Iptu vivi siregar
    Ijin memberikan komentar jendral. Saya sangat setuju sekali jendral mengenai artikel mengenai sikap dan tindakn sebagai anak buah atau bawahan selama perintah yang diberikan oleh pimpinan tidak bertentangan dengan hukum yang ada dan pimpinan memiliki rasa tanggung jawab penuh terhadap anggotanya.namun apabila ke2 hal tersebut dilanggar, sebagai anggota kita dapat tidak mengikuti perintah.terimakasih

    BalasHapus
  149. Mohon ijin berkomentar,
    setelah saya membaca artikel bapak, saya merasa sangat berat menjadi bawahan, mau mengeluh saja susah...ehmmm....tp dengan membaca artikel ini, saya jadi jengah untuk maju .......untuk menjadi yg diatas. Tapi alangkah bijaksananya apabila seorang atasan jg memehami apa yg bawahan rasakan, karena kl tdk ada bawahan maka tdk akan ada atasan, kl smua jd boos siapa yg jd pekerja sbgmana lagunya roma irama.
    iptu md sri utami dewi

    BalasHapus
  150. Akp Ni Luh Suryawati, Polda Bali

    Mohon ijin mengementari, No. 35 Jangan meninggalkan pekerjaan / selesaikan pekerjaan sampai tuntas. Memang benar kita sebagai bawahan hrs siap siaga dlm sgl pekerjaan sesuai dgn job discription kita masing-masing. Kita sbg bawahan kita hrs siap diperintah oleh pimpinan, baik pimpinan langsung maupun tdk langsung, sebatas perintah tersebut sesuai dg aturan atau norma yg berlaku. Kerjakan lah perintah tsb dgn tulus iklas sampai betul-betul selesai/tuntas, baru kita sbg bawahan meninggalkan kantor. Krn apapun pekerjaan kita kerjakan dgn iklas itu merupakan ibadah

    BalasHapus
  151. IPDA DEWI SEMANDING P./ POLDA JAWA TIMUR

    Sebagai seorang bawahan kita tidak boleh iri dengki dengan sesama rekan kerja karena pimpinan memberi jabatan / rejeki itu sudah sesuai dengan porsi dan kemampuan masing-masing. hal ini dapat di jadikan motivasi bagi kita untuk berlomba-lomba mnjadi yang terbaik. kita harus percaya bahwa pangkat, jabatan, dan rejeki itu adalah anugrah dan rahasia Allah SWT.

    BalasHapus
  152. Brigadir I Gst A A Mas Astriawathi, SH Polda Bali

    mohon ijin mengomentari etika sebagai bawahan No.35. Menurut kami, sebagai bawahan kita harus melaksanakan perintah atasan dengan ikhlas. Karena sebagai bawahan kita harus mempunyai loyalitas kepada pimpinan. Dengan keikhlasan semua tugas akan bisa dirasakan dan dilaksanakan lebih ringan tanpa merasa terbebani. Dengan keikhlasan hati, yakin dan percaya akan ada hikmah dan nilai positif atas apa yang telah dilaksanakan. Sebagai salah satu contoh, mendapatkan perintah untuk mengikuti pelatihan Gadik, walaupun perintah mendadak dan bersinggungan dengan kepentingan pribadi, perintah harus tetap dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan keikhlasan. Karena dengan keikhlasan, semua kegiatan akan bisa diikuti dengan baik, manfaat positif yang diperoleh dari ilmu pengetahuan dan pengalaman tugas pun akan bertambah.

    BalasHapus
  153. AKP Erlina Yenni
    Polda Banten
    Sebagai bawahan kita harus mampu mengikuti irama pimpinan, dengan didukung implementasi etika bawahan kepada pimpinan tentunya sebaliknya etka pimpinan kepada bawahan serta senantiasa diselimuti keikhlasan hati tugas pengabdian kepada bangsa,negara dan masyarakat selaku pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat juga sebagai mitra sahabat masyarakat insyaallah dapat kita laksanakan dengan senyum dan keceriaan, penuh motivasi, inovasi dan kreatifitas serta semangat. Selamat bertugas wahai abdi negara sejati, semoga kita semua menjadi insan Polri yang bertaqwa dan harapan masyarakat ....Aamiin YRA.

    BalasHapus
  154. BRIPTU NINA WARDIANINGSIH - POLDA JABAR

    Etika Sebagai Bawahan : Tidak Mudah Menggerutu

    Sebagai Bawahan dalam melaksanakan tugas sehari-hari pasti tidak lepas dari sebuah perintah dari atasan kepada bawahan, saat seorang atasan memberikan perintah dalam betugas ada kalanya bawahan merasa keberatan dengan perintah tersebut dengan pertimbangan waktu pelaksanaan, contohnya saat adanya perintah untuk berdinas di hari libur nasional, pasti ada perasaan dari bawahan tersebut ingin menggerutu terhadap perintah atasannya itu, namun sebagai seorang Polisi Republik Indonesia hendaknya kita berlapang dada dan harus mempunyai fikiran bahwa seorang polisi bukanlah milik keluarga atau orang terdekat saja melainkan milik masyarakat, dengan adanya fikiran tersebut hendaklah sebagai bawahan tidak perlu menggerutu atas perintah tersebut, salah satu cara agar saat menerima perintah tidak menggerutu adalah dengan IKHLAS menjalankan tugas apapun, InsyaAllah semua akan berjalan baik dan bernilai ibadah.*:) senang*O:-) malaikat

    BalasHapus
  155. Ipda Yulita Rakhmawati dari Polda Jatim
    Mohon ijin berkomentar Bapak.
    Etika sebagai bawahan : tidak mudah mengeluh
    Sebagai insan bhayangkara harus selalu siap dengan segala situasi dan tugas yang kita emban seberat apapun kita harus ikhlas meleksanakannya, tetap semangat dan tidak mudah mengeluh.

    BalasHapus
  156. Beberapa Point tentang etika bawahan
    1. Menghormati atasan
    2. Dapat memposisikan diri sebagai bawahan
    3. Tidak melawan atasan pada saat berbeda pendapat tetapi dapat menyampaikan ataupun memberikan saran pendapat tentang satu permasalahan
    4. Dapat menyelesaikan suatu pekerjaan yang diberikan oleh atasan
    5. Bertanggung jawab atas segala sesuatu tentang pekerjaan yang diberikan atasan dan tidak menyimpang

    AIPTU Budi Trijastuti
    POLDA JATIM

    BalasHapus
  157. AIPTU SUWARTI
    POLDA JATIM

    Mohon ijin Jenderal...
    Etika kita sebagai bahawan tentunya patuh dan taat kepada pimpinan yang diantaranya sebagai bawahan kita harus melaksanakan perintah dengan baik dan benar sepanjang itu kita menerima perintah yang sesuai dengan kedinasan kita... Akan tetapi kita tidak semuanya perintah itu kita laksanakan apabila perintah dari atasan itu kita nilai sudah menyimpang dari norma2 yang sudah ada dan kita hukumnya wajib menolak akan tetapi kita juga menyampaikannya dengan bahasa yang tidak menyinggung pimpinan/atasan yang telah memberi perintah tersebut, karena perlu di ingan lagi kita ini sebagai bawahan harus menjaga etika kepada pimpinan atau atasan kita....

    BalasHapus
  158. Bripda Upik Eka R
    Polda Banten
    salam hormat, ijin memberikan komentar
    sebagai bawahan kita harus menuruti perintah atasan selama perintah tersebut tidak melanggar norma - norma kita sebagai bawahan wajib mengikuti perintah tersebut dan apabila perintah atasan melanggar norma - norma kita menolak dengan halus agar pimpinan tidak tersinggung.

    BalasHapus
  159. Bripka Hartini
    Polda DIY
    Etika sebagai bawahan:
    Sbg anggota Polri wajib mempunyai rasa hormat dan taat kepada pimpinan dan dengan kedudukan kita sbg seorang bawahan kita harus siap dengan semua tugas dan perintah dari attasan kita, selama tugas itu sesuai dengan Tupoksi dan tidak menyimpang dari norma2 atau prinsip serta aturan yang ada sehingga kita dapat melaksanakan tugas tersebut dengan penuh tanggung jawab dan hasil sesuai yang diharapkan.

    BalasHapus
  160. Aipda Titih Hidayatin
    POLDA JATIM

    Etika sebagai bawahan » Jgn menyalahkan orang lain

    Dalam setiap melaks tugas tidak menutup kemungkinan akan terjadi kesalahan atau hsl nya tdk sesuai dg apa yg di harapkan pimpinan. walaupun tugas tsb dilaks oleh team qt tak seharusx melimpahkan kesalahan tersebut kpd org laen. tp qt shrsnya koreksi diri atas kesalahan yg terjd dan hrs berusaha tuk memperbaiki serta hrs bs membuktikan kpd pimpinan bhw qt bs melaks tugas selanjutx dg benar dan lhb baek tentunya. karena pengalaman adlh guru yg terbaik...dan perbaikan d mulai dr diri sendiri....

    BalasHapus
  161. Briptu.Nila Christinauli
    Polda JABAR

    Izin berkomentar jendral.
    Kita sebagai bawahan memang seharusnya memiliki etika yg sperti d tuliskan d atas.jangan sampai kita sebagai bawahan tidak memiliki etika kepada pimpinan,tetapi kita sebagai bawahan pun harus bisa menolak,apabila pimpinan memerintahkan sesuatu yg memang d luar jalur koridor tupoksi kita sebagai anggota kepolisian.memang mungkin itu kita sudah melanggar etika yg ada,tetapi kitapun sebagai bawahan harus memiliki prinsip yg tegas di dalam menjalankan semua pekerjaan.trma kasih

    BalasHapus
  162. 16. Etika jangan mendahului pimpinan dalam mengambil keputusan
    Dikaitkan dengan program pengasuhan serdik.. seorang pengasuh harus selalu melakukan koordinasi dan melaporkan tentang segala kejadian yg ada d wilayah dormitorinya... karena bagaimanapun juga sbgai bawahan harus memegang teguh etika kpd atasanya dan atasan bertanggungjawab penuh atas apa yg terjadi trhdp bawahannya...wlpn itu dlm keadaan mendesak sekalipun....

    BalasHapus
  163. BRIPDA ATIEK SOFIANITA
    POLDA METRO JAYA...

    slmt pgi jendrall...mhon ijin memberi komentar/pendapat saya...
    sya sangat stuju sbgi bahawan hrs bsa menolak atasan yang tdk terlalu frontal seperti point 26..dmn seorg bawahan hrs memiliki ketrampilan/keahlian berbicara dengan sopan dan memilih bahasa yang tepat untuk memberikan statement kpd atasan...dan hal itu tdk mudah untuk dilakukan,,seseorg hrs banyak bljr dari pengalamn stiap berbicara dengn atasannya dan sll mnjaga sikap..

    trimakasihh....

    BalasHapus
  164. BRIGADIR WINA NURWARIDA
    POLDA JAWA TIMUR

    Etika sebagai bawahan yg dalam hal ini tidak boleh mengerutu apapun yg di perintahkan oleh pimpinan merupakan kebijaksanaan ataupun perintah dari atasan yg lebih tinggi. Apapun yg diperintahkan oleh pimpinan apabila kita laksanakan dengan rasa ikhlas akan mendatangan rasa tenang dan ringan dalam setiap pekerjaan yg kita dapat dan itu sebaliknya. Apabila kita selalu mengerutu pekerjaan yg kita dapat akan terasa berat. Ikhlas membuat gaji yg kita terima halal

    BalasHapus
  165. sumartiwi, S.Sos/Kakorsis SPN Batua
    ijin komentar Sendral...
    Sepakat dengan tulisan Jendral. Kesimpulannya seorang bawahan harus :
    1. Tajam, tapi tidak memotong
    2. Pintar, tapi tidak menggurui
    3. Cepat, tapi tidak mendahulu
    terimakasih....

    BalasHapus
  166. Kalo ini mah mendingan saya jadi atasan saja.

    http://bukuwisataalamindonesia.blogspot.com/

    BalasHapus
  167. Saya adalah salah satu direksi d tempat saya kerja, bahkan saya bisa d bilang orang nomoe 2 d perusahaan ini, semua kegiatan yg ada d perusahaan ini kontrol dan tanggung jawab saya, tp gaji dan fasilitas sama saja dengan direksi yg lain nya dan tidak semua direksi share informasi ke saya, semua kesalahan apapun kesalahan semua berimbas ke saya, apa yg harus saya lakukan?

    BalasHapus