Sabtu, 08 Februari 2014

ETIKA BERPOLITIK

1. Harus berjiwa kesatria
Image result for jiwa kesatria

2. Siap menang & siap kalah




3. Jangan bersikap curang



4. Jangan main money politik


5. Tidak menjelekkan-jelekan, memfitnah & menghina lawan politik


6. Jangan menghalalkan segala cara


7. Jangan melakukan ancaman, intimidasi, kekerasan fisik & physis terhadap lawan



8. Saling menghargai & toleransi


25 komentar:

  1. Etika berpolitik salah satunya adalah Berfiir Positif

    Nama : Ni Putu Natih Verra Sintia
    Asal Pengiriman : Polda Bali

    BalasHapus
  2. Biasa dalam berpolitik ataupun meraih sesuatu dgn cara sportif harus menerima keunggulan atau kemenangan lawan politi dengan lapang dada dan justru bisa bekerjasama memberikan dukungan/saran untuk kepentngan bangsa.

    Nama : Anak Agung Putri
    Asal Pengiriman : Polres Badung Polda Bali

    BalasHapus
  3. Perbedaan dalam berpolitik adalah hal yang wajar, namun jangan jadikan perbedaan awal dari sebuah permusuhan, perbedaan adalah warna dalam kehidupan ambil segi positifnya untuk melengkapi kelemahan/kekurangan kita

    Nama : Ni Luh Suardini
    Asal Pengiriman : Polda Bali

    BalasHapus
  4. Setiap pemilu calon peserta parpol harus siap menang siap kalah asal jangan main money politik yang penting sesuai hati nurani rakyat

    Nama : Nunung Sunarti
    Asal Pengiriman : Polda Bali

    BalasHapus
  5. Dalam berpolitik harus sportif, menyampaikan program parpol yang diusung untuk mendapat simpati dari masyarakat jangan dengan cara menjelek-jelekan parpol lain.

    Nama : Rina Ristyawati
    Asal Pengiriman : Polda Bali

    BalasHapus
  6. persaingan dalam berpolitik jangan sampai ada unsur kecurangan apalagi sampai menjatuhkan lawan dgn cara yg tidak baik

    Nama : Febri Susanti
    Asal Pengiriman : Polda Bali

    BalasHapus
  7. Seandainya saja semua politikus dan pemimpin bangsa ini mempraktekkan semua etika-etika yang ada diatas, tentu suhu politik bangsa ini tidak akan memanas dan bangsa ini akan menjadi bangsa yang makmur, maju dan disegani.
    Contohnya dalam hal pemilu, setiap calon legislatif harus berjiwa kesatria menerima kelebihan dari pihak lawan dan juga siap menang dan siap kalah. Dan untuk mencalonkan diri tidak perlu melakukan kecurangan dengan menipu rakyat.
    Memberikan uang /money politik agar rakyat memilih mereka akan membuat mereka melakukan makin banyak kejahatan ketika sudah menjadi legislatif nantinya.
    karena kekurang percayaan diri dengan kekurangan kemampuan akhirnya mereka menghalalkan segala cara untuk menang seperti menjelek-jelekan dan menghina lawan. Alangkah indahnya jika mereka saling menghargai dan bertoleransi. Dan mengoptimalkan kemampuan diri untuk bertanding.

    Nama : Yuni Utami
    Asal Pengiriman : Polda Jateng

    BalasHapus
  8. Yg seperti ini mesti dipahami setiap caleg atau siapapun yg bergelut dlm politik, sehingga Ber politik itu santun...

    NAMA : IPTU EVA YANTI
    ASALA PENGIRIM : POLDA JABAR

    BalasHapus
  9. NAMA : IPDA METY NURHAENY
    PENGIRIMAN : POLDA METRO JAYA

    Saya berpendapat dalam menghadapi pemilu 2014 ini kita sebagai anggota polri harus betul-betul netral dan tidak boleh memihak partai manapun serta harus bisa mengamankan jalannya pemilu ini..

    BalasHapus
  10. Ipda Ayu tri umami
    Polda metro jaya

    Pendapat saya tentang etika berpolitik sesuai job description kita sebagai anggota polri, yaitu netral dan tidak memihak parpol manapun, kita lebih ke arah pengamanan, pencegahan dan menangani tindak pidana pemilu dengan bekerja sama dgn Panwaslu di wilayah hukum masing2.

    BalasHapus
  11. Bripda Hilda Geovani
    Polda Metro Jaya

    menurut saya, persaingan dalam berpolitik adalah hal yang wajar namun harus dengan sportif.
    tugas kita sebagai anggota polri adalah melakukan pengamanan, baik pada saat kampanye, pemungutan suara ataupun saat penghitungan suara.
    agar pemilu tahun ini berjalan dengan lancar tanpa ada kerusuhan.

    BalasHapus
  12. Bripda Patricia Unin Pratiwi
    Polda Metro Jaya

    perbedaan dan peersaingan dalam berpolitik itu adalah hal yang wajar namun kita sebagai anggota polri harus melakukan pengamanan agar tidak terjadi kecurangan sehingga jalannya pemilu th. ini dapan berjalan dengan lancar.

    BalasHapus
  13. Briptu Febrianti
    Dit Pam Obvit Polda Jabar


    Selamat malam jenderal Mohon ijin jenderal mengomentari artikel Etika berpolitik, setiap parpol harus atau wajib memilki sikap pada poin 1 sampai dengan 8 karena dengan memiliki sikap - sikap tersebut di atas dapat mencerminkan bahwa seorang calon tersebut siap dalam menghadapi pemilu dan siap membawa negara yang di pimpin nya menjadi negara yang maju dengan segala potensi - potensi yang ada dalam negara tersebut dan dapat mensejahterakan negara itu sendiri. seorang calon diwajibkan untuk tidak hanya memberikan janji tapi bukti karena rakyat kita sekarang ini sangat kritis sekali, kepercayaan yang di berikan oleh rakyat harus dijaga dengan sebaik mungkin sehingga rakyat tidak akan kecewa dengan pilihannya.

    terimakasih jenderal

    BalasHapus
  14. Nama : Brigadir Rosalina.S.Sos.MM
    Pengiriman : Polda Jabar

    Selamat Malam Jenderal...,
    Mohon ijin mengomentari ttg etika berpolitik poin 8: Manusia cenderung mementingkan kepentingan diri sendiri untuk suatu kekuasaan tertentu dan motif tertentu daripada orang lain. Dalam berpolitik biasanya kita menemukan individu yang mendominasikan diri sendiri ini menjadi terlalu berlebihan sehingga timbul rasa mementingkan diri sendiri dan tidak peduli pada kepentingan orang banyak. Untuk itu sudah selayaknya kita sebagai pribadi memiliki rasa “mengasihi sesama seperti kita mengasihi diri kita sendiri” dan “perlakukan orang lain seperti kita ingin diperlakukan”.

    Terimakasih..

    BalasHapus
  15. Bripda Hatifa Febriyanti Santosa
    Mako Korp Brimop Kelapa Dua

    saya sangat bangga dengan kesadaran bangsa indonesia dengan adanya multy partai politik yang sekarang ikut berpatisipasi dalam pemilu 2014, dimana pesta demokrasi tersebut masyarakat dapat menyalurkan aspirasinya dengan bebas. pembelajaran demokrasi tersebut akan semakin meningkatkan kemakmuran bangsa indonesia jika para pelaku politik besikap lapang dada, tidak melakukan tindakan yang merusak citra demokrasi indonesia seperti money politik, tidak saling menjatuhkan partai satu dengan yang lain, sehingga masyarakat tidak dibuat bingung, dan pesta demokrasi berjalan lancar.

    BalasHapus
  16. BRIPDA NURUL AISYAH
    POLDA JABAR

    Mohon izin mengomentari point ke 2 siap menang dan kalah,Dalam menyambut pesta raykat demokrasi mungkin kita akan menemukan para Caleg yang sudah siap menjadi Calon legislatif,para caleg ini haru sudah siap menerima resiko apabila tidak dapat menjadi caleg dan bersikap lapang dada dan apabila Menang dalam pemilihan harus siap menjalankan dan menepati janji janji yang sudah di utarakan dan di janjikannya membangun negeri ini agar lebih baik dari sebelumnya.

    BalasHapus
  17. AIPDA HARTATI. YUSUF
    ASAL PENGIRIMAN POLDA JABAR

    Dalam berpolitik sah-sah saja yang penting jangan curang dan saling menjatuhkan lawan dalam berpolitik, bersaing dengan jujur dan sehat dimana tujuan kita membangun masyarakat indonesia yang adil dan beradap serta masyarakat indonesia yang damai sejatra.

    BalasHapus
  18. Ipda Dwi Astuti Ratna S (Polda Jateng)

    Kita harus mengerti bagaimana politik itu sendiri yang seharusnya dilaksanakan sesuai dengan amanah pancasila, tidak bertentangan dan bukan bagaimana pancasila dipolitikkan oleh para penguasa negara khususnya negara Indonesia.

    BalasHapus
  19. Kompol Ruwiyatun - Polda Metro

    Politik merupakan alat utk memenangkan rakyat dan mensejahterakannya. Politisi harus mampu memberikan contoh yang baik kepada masyaraka sebagai cerminan mereka.

    BalasHapus
  20. Bripda Indri Friyani
    Polda Jabar

    koment poin : Tidak mudah Menyerah
    memang itu pantas untuk seorang polwan walaupun mendapat kan penghasilan yang secukupnya, tapi kami tetap semangat menjalankan tugas, itu lah pengabdian kami terhadap negara .

    BalasHapus
  21. semua orang sdh tahu saling menghargai itu adalah perbuatan yang baik namun tidak semua orang melakukannya , jika kita sudah tahu mari kita wujudkan dan kita budayakan agar Organisasi kita bisa maju

    BalasHapus
  22. IPDA I G A AYU DWI JAYANTHI, SIK
    POLDA BALI

    Sabar dan tulus dalam menjalankan suatu kompetisi. Lapang dada dan berusaha menerima apabila kalah dalam kompetisi. Rendah hati dan konsekuen sebagai pemenang. Apa yg di dapat hanya titipan semata, maka jangan dibutakan mata hati hanya karena ambisi, kekuasaan, dan kebanggaan yg tdk akan pernah menjadi abadi. :)

    BalasHapus
  23. KOMPOL BADRIYAH SH
    POLDA JATIM

    Politik adalah suatu alat untuk mencapai harapan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, menuju cita-cita bersama, yakni menuju dan mewujudkan adil dan sejahtera serta sejahtera dalam keadilan.
    Dalam berpolitik harus berjiwa kesatria, bisa menerima perbedaan dan siap kalah maupun siap menang, legawa dalam hasil akhir.

    BalasHapus
  24. NAMA : KOMPOL RUWIYATUN
    PENGIRIMAN : POLDA METRO JAYA


    Mohon izin berpendapat Jendral, Sebagai anggota polri kita harus berpihak netral dan jangan memilih di salah satu pihak dari partai tersebut.. Kita hanya bisa berdoa agar siapapun itu yang terpilih akan bisa membawa perubahan yang lebih baik demi bangsa dan negri ini..

    BalasHapus
  25. Nama: MADE PURNAWATI. Pengiriman: POLDA BALI.

    Politikus yang tidak paham akan etika berpolitik apalagi dalam pelaksanaannya justru bertentangan dengan etika berpolitik seperti poin 1,3 s.d 8 pastilah Politikus yang tidak siap kalah dan tidak siap menang. Bila menang pastilah mereka akan memikirkan keuntungan dirinya dan partainya saja, bila kalah mereka akan menjadi kurang waras, pengacau yg membuat situasi jadi tdk kondusif

    BalasHapus