Senin, 14 April 2014

ETIKA PINJAM MEMINJAM


1.MEMINJAM HANYA DILAKUKAN DALAM KEADAAN YANG SANGAT TERPAKSA



2.JAGAN MENJADIKAN MEMINJAM SEBAGAI KEBIASAAN SEHINGA DIKENAL SEBAGAI TUKANG PINJAM   



3.Sebelum meminjam tanyakan apakah barang yg akan dipinjam tsb tdk sedang dipakai Pemiliknya


4.JAGAN MEMINJAM BARANG YANG KITA TAHU SANGAT VITAL & SNGAT DIPERLUKAN OLEH PEMILIK TERSEBUT


5.SAMPAIKAN BERAPA LAMA ANDA AKAN MEMINJAM & UNTUK KEPERLUAN APA ANDA MEMINJAM
 



6.SAMPAIKAN SESEGERA MUNGKIN BARANG AKAN DIKEMBALIKAN

 


7.APABILA ADA KEKURANGAN MENJADI TANGGUNG JAWAB PEMINJAM
 


8.SAMPAIKAN KEKURANGAN/KERUSAKAN TERSEBUT KEPADA PEMILIK DAN DENGAN SEGERA MEMPERBAIKINYA
 



9.JANGAN MEMINJAM DENGAN CARA MEMAKSA
 


10.JANGAN MEMINJAM LEBIH DARI WAKTU YANG DITENTUKAN

 


11.Kembalikan dalam keadaan utuh, bersih seperti sedia kala baik kondisi bentuk maupun
Isinya
 



12.BILA MEMUNGKINKAN LEBIH BAIK MENYEWA SAJA DARIPADA MEMINJAM

 


13.Ucapkan terima kasih ketika mengembalikan & berikan tanda mata sbg ucapan terima kasih Tsb




14.JANGAN SEKALI2 BARANG PINJAMAN DIPINJAMKAN LAGI KEPADA ORANG LAIN
 



15.KEMBALIKAN BARANG PINJAMAN SEGERA DAN JANGAN SAMPAI ANDA DITAGIH OLEH PEMILIKNYA
 



16.SEBAIKNYA JANGAN MEMINJAM BARANG2 YANG BERSIFAT PRIBADI


10 komentar:

  1. IPDA YULIANA LOMI
    POLDA BALI
    mohon ijin jenderal, saya sangat setuju dengan adanya etika dalam pinjam meminjam. ketika hal itu kita lakukan kita akan dijauhi oleh orang-orang yang ada di sekitar kita, apalagi kalau hal meminjam kita jadikan budaya dalam diri kita sendiri, ini perbuatan yang sangat tidak menyenangkan bagi orang lain. saya sangat berterima kasih atas blog yang sudah jenderal sediakan karena dengan demikian saya banyak mengetahui tentang etika-etika yang baik dan tidak baik. terima kasih

    BalasHapus
  2. trimkasih Jendral atas ilmu yg sdh dibagikan,ijin menambahkan sdkt dalam ajaran Islam, Allah, Taala telah memberikan petunjuk agar urusan pinjam – meminjam ini harus ditulis; dengan syarat-syaratnya kapan pinjaman akan dikembalikan, kalau dicicil berapa dan berapa lama, kapan penyelesaiannya.....Semoga Allah Taala memberikan kemampuan kepada kita untuk dapat mengikuti dan mentaati petunjuk dalam hal pinjam-meminjam dan bersedekah ini, insya Allah Taala, aamiin.(Aiptu Darmani - Polres KP3 surabaya Polda Jatim)

    BalasHapus
  3. AKP Retno Wilastri, SH
    Polda Metro Jaya

    Mohon ijin jendral, ijin mengomentari mengenai etika pinjam meminjam.
    Orang Indonesia dikenal dengan budaya meminjamnya. Mulai dari meminjam barang umum hingga pribadi. Namun ada kalanya kita lupa dengan etika ini, kadang barangnya rusak atau bahkan hilang. Dengan adanya etika ini diharapkan masyarakat yang ingin meminjam barang dengan orang lain, dapat meminjam barang dengan rapih.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  4. Mohon ijin jendral. Saya Brigadir Yulianti dari polda Jatim ijin berkomentar tentang etika pinjam meminjam. Kita sebagai makhluk sosial memang tidak terlepas dari budaya ini.Dan ini memang tdk bisa dipungkiri. Namun dalam pinjam meminjam memang harus ada etikanya. Siapa yg meminjam harus mengembalikan. Namun kadang ada juga yg meminjam dan sampai lupa cara mengembalikannya. Dan yang seperti itu memang harus dirubah. Agar orang lain bisa percaya dgn kita. Terimakasih

    BalasHapus
  5. MONICA NINDYA PUTRI
    BRIPDA/94010531
    MAKO KORPS BRIMOB

    Mohon ijin jenderal, mohon ijin untuk memberikan pendapat. Saya setuju dengan tautan jenderal, menurut saya meminjam itu sama saja seperti kita berjanji, jadi kita harus nenepati janji tersebut sama saja seperti kita meminjam barang seseorang maka kita wajib mengembalikannya kepada pemiliknya dalam keadaan seperti awal kita meminjam barang tersebut. mohon maaf apabila ada salah kata. Terinakasih jenderal.

    BalasHapus
  6. Mhn ijin,meminjam memang budaya yg tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan,apalagi didaerah, yang biasanya masih bersaudara,pinjam meminjam bahkan dijadikan kebiasaan,hanya saja didaerah belum membudaya apa yang disebut etika,memang sebaiknya pelajaran etika harus diajarkan kepada seluruh masyarakat mulai dari pendidikan tingkat PAUD sampai tingkat PT,agar etika apa saja membudaya sampai ketingkatberbagai lapisan masyarakat.

    BalasHapus
  7. Mohon ijin jendral. Dalam hal pinjam meminjam barang sebisa mungkin jangan dilakukan, kalo toh terpaksa harus dilakukan "sesegera mungkin dikembalikan" jangan meminjam dengan cara memaksa, jangan sekali kali barang pinjaman dipinjamkan lagi pada orang lain . Kembalikan dalam keadaan utuh dan bersih, ucapkan terimakasih untuk mengembalikan serta berikan tanda mata sebagai ucapan terimakasih.
    IPTU NGATINAH, S.E. - Polda banten

    BalasHapus
  8. Slamat malam Jendral... mhn ijin berkomentar.
    Kami sependapat dgn Jendral ttg etika pinjam meminjam yg Jendral kemukakan.
    Krn pd dasarnya seluruh tatanan kehidupan memiliki etikanya masing2 yg menjadikan hubungan antar personal dpt berlangsung dlm keharmonisan yg saling menghargai satu sama lain.
    IPTU YIZRIELI GENA PONDAN. Polda Jatim

    BalasHapus
  9. Mohon info, apakah etis jika saya meminjamkan barang milik teman saya, ke teman saya yang lainnya, tetapi sudah diijinkan oleh teman saya pemilik barang tersebut?

    BalasHapus
  10. Mohon info, apakah etis jika saya meminjamkan barang milik teman saya, ke teman saya yang lainnya, tetapi sudah diijinkan oleh teman saya pemilik barang tersebut?

    BalasHapus