Senin, 20 Januari 2014

ETIKA MAKAN


ETIKA MAKAN

1. Pada prinsipnya makan dengan menggunakan tangan kanan   


2. Duduk lurus tapi santai
Image result for makan duduk lurus

3.     Dimulai doa sebelum makan

4.     Disarankan 10 menit sebelumnya minum dan makan buah
Image result for minum dan makan buah

5.     Lebih utama makan menggunakan tangan, kecuali yang berkuah
Image result for makan dengan tangan

6.     Bila menggunakan sendok/garpu agar tidak berbunyi

7.     Tidak menggunakan tempat dari emas dan perak

8. Makan dengan pisau, dengan cara pisau dipegang tangan kanan & Garpu ditangan kiri. tapi menyuapkan makanan tetap dengan tangan kanan


9.     Makanan halal


10.     Tidak meniup-niup atau mencium makanan/minuman


11. Mengambil makanan dengan segera bila ada yang jatuh dan membersihkannya, jangan sampai mengotori lantai, kemudian simpan di tempat yang disediakan/ tempat sampah

12. Tidak mencela makanan

13. Tidak bicara sambil makan


14. Jika terpaksa harus bicara sebaiknya menutup mulut jika masih makan

15. Sebaiknya makan bersama-sama tidak sendirian

16. Cuci tangan dikobokan dibawah meja sebelum dan sesudahnya lalu kobokan tersebut ditutup dengan kain, tisu atau piring kecil


17. Pake kain dipaha atau didada, bila dalam acara resmi disiapkan kain. 


18. Tidak korek gigi didepan orang yang masih makan, sebaiknya dilakukan diwastafel /dikamar mandi dengan ditutup tangan
Image result for korek gigi


19. Tidak bersin didepan orang yang masih makan jika terpaksa diusahakan menutup mulut dengan tisu, sapu tangan dan membalikkan badan ke belakang.

20. Pantangan, tidak sekali-sekali membuang ingus pada saat orang makan atau dimeja makan. Sebaiknya dilakukan ditoilet dan tidak terdengar orang lain

21. Tidak bersendawa

22. Tidak buang angin

23. Tidak angkat kaki


24. Mengambil makanan secukupnya agar tidak tersisa
Image result for mengambil makanan

25. Tidak makan berlebihan, usahakan berhenti sebelum kenyang
Image result for makan berlebihan

26. Tidak membawa membungkus makanan dari undangan

27.     Makanlah makanan yang paling dekat dan terjangkau dari tempat duduk, jangan mengambil makanan yang jauh
Image result for mengambil makanan

28. Jangan meminum kuah/ sup langsung dari mangkuknya, sebaiknya menggunakan sendok
Image result for minum kuah sup dari mangkuk

22 komentar:

  1. BRIPDA ROSA MAKANUAY PENGIRIMAN KORPBRIMOB KELAPA DUA.
    ijin jenderal mengkomentari tentang etika makan, dimana saat makan harus menggunakan etika makan yang baik seperti tidak berbunyi saat mengunyah, bersendawa dan mengurangi bunyi alat makan.

    BalasHapus
  2. BRIPDA FITRI ANDAYANI
    DARI KORPS BRIMOB KELAPA DUA

    Ijin jederal memberikan komentar mengenai etika kepada orang yang lebih tua,sebagai bangsa indonesia yang terkenal dengan budaya ketimurannya yang menjunjung tinggi nilai kesopanan yang tinggi,salah satunya adalah menghargai orang yang lebih tua dari kita.Salah satunya dengan memberikan salam dan berjabat tangan. Dua hal ini menjadi contoh etika kita sebagai bangsa indonesia.Tujuan dari berjabat tangan diantaranya sebagai wujud silahturahmi dan memberikan kasih sayang dan perhatian kita kepada sesama.Selain itu sebagai wujud penghormatan kepada orang yang lebih tua .

    sekian ,terimakasih

    BalasHapus
  3. BRIPDA HASNIH PENGIRIMAN KORPBRIMOB KELAPA DUA.
    Mohon ijin jendral, menurut saya, saya setuju dengan etika makan yang salah satunya yaitu meniup makanan karena, disamping tidak sopan memang tidak baik untuk kesehatan.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. AKP RINA HASANAH PENGIRIMAN POLDA METRO JAYA
    Ijin Jendral, ijin memberikan komentar tentang etika makan, menurut saya mengetahui tentang etika makan sangat penting dan bermanfaat sekali terutama dalam perubahan sikap dalam kehidupan sehari-hari.

    sekian, terima kasih

    BalasHapus
  6. BRIPTU KARTIKA EKAWATI,SH
    POLDA D.I.YOGYAKARTA

    Mohon ijin Jendral, ijin memberikan komentar tentang Etika Makan, menurut saya Etika Makan ini sangat bagus, sopan, dan sebagai seorang wanita kita harus mempunyai Etika Makan yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

    Sekian, terimakasih

    BalasHapus
  7. KOMPOL HELLEN ELFRIDA PENGIRIMAN POLDA BALI
    Mohon izin jendral, izin memberikan komentar tentang etika makan dimana pengetahuan etika makan sangat berguna sekali dalam aplikasi kehidupan sehari-hari.

    sekian, terima kasih

    BalasHapus
  8. Mohon izin Jenderal, saya Bripka Fitri Ekasari Sub'i dari Polda Lampung, saya sangat setuju dengan etika makan dalam artikel diatas, dan mutlak harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

    BalasHapus
  9. IPDA ELVIANAH, SH DARI POLDA LAMPUNG


    Ijin Jendral, ijin memberikan komentar tentang etika makan, menurut saya mengetahui tentang etika makan sangat penting dan bermanfaat sekali terutama dalam perubahan sikap dalam kehidupan sehari-hari.

    BalasHapus
  10. BRIPTU ADITA F.
    POLDA JABAR

    Selamat malam jenderal, ijin mengomentari etika makan.
    menurut saya dalam etika makan harus mengutamakan etika kesopanan tidak baik apabila kita mengambil makanan diatas piring dengan isi terlalu penuh, akan terlihat tidak rapih atau acak-acakan dan tidak enak dipandang mata.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  11. AKP RESMINI TRESNA DEWI.
    Polda Banten.

    Mhn ijin Jenderal mengomentari ETIKA MAKAN, setelah sy mambaca beberapa buku tentang Etika мǝkǝn akhirnya Sǝγ̥ǝ menyimpulkan etika мǝkǝn dibuat untuk hal Ӵǝng pantas dilakukan pada saat мǝkǝn disesuaikan dengan budaya masing2, sehingga banyak ragamnya ..... Menurut sy ƙîtǝ melaksanakan etika Ӵǝng мǝήǝ saja asalkan dgn sopan ϑǝn pantas serta tidªќ melakukan hal Ӵǝng menimbulkan teman мǝkǝn ƙîtǝ kehilangan selera. Terima kasih.

    BalasHapus
  12. BRIPDA AN'NISA TRISYA PUTRI
    POLDA BANTEN

    Mohon ijin jenderal mengomentari tentang etika makan yang telah jenderal paparkan diatas. Etika makan sangat penting diketahui.. karena etika makan digunakan setiap kita makan. Saya setuju dengan Etika makan yang jendral paparkan.. memang etika makan kita kadang berbeda beda sesuai dgn kebudayaan daerahnya masing masing.. namun setiap etika makan di tiap daerah pasti ttp mengandung unsur kesopanan. Terima kasih.

    BalasHapus
  13. AKP VONNY MEINNY LOTULUNG
    POLDA JATIM

    APABILA KITA SEDANG MAKAN YANG HARUS DIPERHATIKAN ADALAH TATA TERTIB SAAT MAKAN . SAYA SANGAT SETUJU DENGAN POINT2 YG BAPAK TULISKAN . KARNA PADA PRINSIPNYA ETIKA MAKAN SANGAT D PERLUKAN BAIK DALAM KELUARGA MAUPUN DALAM PERGAULAN ..

    TERIMA KASIH

    BalasHapus
  14. AKP VONNY MEINNY LOTULUNG
    POLDA JATIM

    APABILA KITA SEDANG MAKAN YANG HARUS DIPERHATIKAN ADALAH TATA TERTIB SAAT MAKAN . SAYA SANGAT SETUJU DENGAN POINT2 YG BAPAK TULISKAN . KARNA PADA PRINSIPNYA ETIKA MAKAN SANGAT D PERLUKAN BAIK DALAM KELUARGA MAUPUN DALAM PERGAULAN ..

    TERIMA KASIH

    BalasHapus
  15. Bripda Dessy Kartika
    Polda Metro Jaya

    Mohon ijin mengomentari jendral. Beretika makan harus kita miliki terlebih bagi anggotapolri yang sebagaimana telah ada d tatakrama polri bahwa telah d terapkan bagaimana kita harus beretika sedang makan.

    Terima Kasih

    BalasHapus
  16. BRIPDA Fitri Arika Safira
    Polda Metro Jaya

    Mohon izin mengomentari jendral. Menurut saya kita harus memiliki etika dalam tata cara makan sehari-hari, apalagi sebagai seorang wanita, kita harus tau bagaimana cara makan yang baik dan benar.

    Terima kasih.

    BalasHapus
  17. BRIPDA ANNISA ANINDYA PUTRI
    POLDA METRO JAYA
    Mohon izin jendral, saya sangat setuju dengan etika makan yg jendral jelaskan di dlm blog ini. Karna kita sbg anggota wajib memiliki etika dalam tata cara makan terlebih lg u
    utk dijadikan contoh bagi seluruh lapisan masyarakat.
    terimakasih.

    BalasHapus
  18. Bripda iga sukma wijayanti
    polda metro jaya

    Mohon izin jendrral menurut saya sebagai polisi wanita etika dalam tata cata makan harus memiliki etika, karena kita harus memberikann contoh kepada masyarakat .sehingga dalam tata cara makan harus tau etika makan yang benar.

    BalasHapus
  19. IPDA TITIN SUPARTINI
    POLDA METRO JAYA

    Etika merupakan salah satu sikap yang harus dimiliki setiap individu karena etika adalah perilaku manusia kepada sesama....... etika merupakan jga cermin kepribadian seseorang karena dengan etika orang bisa melihat perilaku dan kepribadian kita.

    BalasHapus
  20. BRIPKA HENI.H
    POLDA METRO JAYA

    pada saat makan duduk harus tegap, sendok dan piring tidak bolehnberbunyi dan mulut tidak boleh bersuara.

    BalasHapus
  21. Kok yang komen banyak dari intansi polisi ya :/ ? , apa cuma saya yang warga biasa

    BalasHapus