1. BERPENAMPILAN
MENARIK
2. SOPAN
DALAM BERBAHASA DAN BERBICARA DI DEPAN UMUM
3. BERKEPRIBADIAN
YANG MENARIK, RAMAH DAN CERIA
4. MEMPUNYAI
PENGETAHUAN DAN WAWASAN YANG LUAS
5. KREATIF
DAN BERJIWA ENTERTAINER
6. MENYAMPAIKAN
INFORMASI YANG PERLU DIKETAHUI OLEH HADIRIN
7. JANGAN
SALAH MENYEBUT NAMA, PANGKAT DAN GELAR SESEORANG
8. UCAPKAN
SALAM PEMBUKA DAN TUTUP DENGAN SALAM PENUTUP
9. TIDAK
BERTELE-TELE, SINGKAT, PADAT DAN JELAS
10. HINDARI
BERCANDA/ MENGEJEK SESEORANG SECARA BERLEBIHAN
11. UCAPAN HARUS JELAS DAN HINDARI KATA-KATA ASING/ YANG TIDAK UMUM
12. SUARA JELAS, ATUR INTONASI SUARA, TIDAK TERLALU KERAS, TIDAK TERLALU PELAN
13. PENGUCAPAN TDK TERLALU CEPAT, TIDAK TERLALU LAMBAT
14. JANGAN KELIRU MEGURUTKAN NAMA TOKOH DALAM UCAPAN SALAM PENGHORMATAN, DIMULAI DARI YANG PALING SENIOR/ YANG TERTINGGI
15. JANGAN SAMPAI ADA NAMA TOKOH PENTING YG TIDAK DISEBUT ATAU SEBALIKNYA
16. TELITI DAN PERSIAPKAN BETUL SUSUNAN ACARA
17. HINDARI PENGGUNAAN KALIMAT YG BISA MENGUNDANG PENGERTIAN YANG KELIRU/ SALAH TAFSIR
18. APABILA SUDAH ADA TEKS NASKAH/ SUSUNAN ACARA, JANGAN DITAMBAHKAN/ DIKURANGI DENGAN KATA-KATA/ IMPROFISASI YG KURANG PAS
19. JANGAN SAMPAI ADA POINT ACARA YANG TERLEWAT DAN SEBALIKNYA YG TIDAK ADA JADI ADA
20. RALAT SEGERA BILA ADA KESALAHAN DISERTAI PERMOHONAN MAAF KPD AUDIENCE
21. BERSIKAP SOPAN DALAM MENGINGATKAN SESEORANG/ PEMBICARA, TERUTAMA MENYANGKUT KETERBATASAN WAKTU
Tidak ada komentar:
Posting Komentar